Ackee

Loading...

Buah ackee mempunyai nama ilmiah Blighia Sapida, tanaman ini berasal dari afrika dan kepulauan karibia. Buah ackee akan merekah saat matang dengan daging buah kekuningan dan memperlihatkan bijinya yang berwarna hitam , Biji buah inilah yang mengandung racun hypoglycin yang dapat menyebabkan mual dan muntah akut. Pohon Ackee dapat berbuah 2 kali dalam setahun
pics of ackee apple benefits

Buah ackee bisa saja menjadi beracun apabila masih mentah atau belum matang, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi Ackee dalam keadaan mentah dan belum matang. Ackee dalam keadaan belum matang mengandung racun Hypoglicin A dan B. Racun ini dapat menurunkan gula darah secara drastis dan menyebabkan Hypoglycemia.

Walaupun terkadang bisa meracuni, orang-orang yang hidup di Jamaica menjadikan Ackee sebagai makanan pokok, bahkan, Ackee juga ditetapkan sebagai buah nasional orang-orang Jamaica.
Hidangan ackee yang paling populer adalah ackee rebus disajikan dengan ikan cod yang sudah diasinkan. Menu ini juga disebut-sebut sebagai hidangan nasional Jamaika.

Pengalaman berabad-abad telah menjadikan orang-orang Jamaika ahli dalam mengolah buah ackee agar racunnya tidak sampai membahayakan jika dikonsumsi. Sama seperti umbi gadung dari Indonesia, jika diolah dengan benar,maka racun hypoglycin dalam ackee bisa dihindari.

Sebelum dimasak, ackee harus dibersihkan dan dicuci sampai bersih terlebih dahulu.Ackee kemudian direbus selama kurang lebih lima menit. Setelah airnya dibuang, ackee bisa diolah sesuai selera.
ackee fruit

A. CIRI-CIRI TANAMAN ACKEE

BATANG
Tinggi pohon sekitar 10 meter.
DAUN
Berdaun majemuk, anak daun 4-6 lembar, daunnnya lebar bertepi rata dengan urat yang jelas
BUNGA
Bunganya kecil tidak begitu kentara, berwarna hijau terdapat di ujung ranting dan ketiak daun dengan mahkota kecil berbilangan lima.
BUAH dan BIJI
Buahnya mencolok dalam satu tangkai berisi 6-7 buah, Kulit buah berwarna merah ketika matang,dan akan membelah terbuka, menampakkan 3 biji hitam mengilap, dan dikelilingi oleh daging buah bewarna kekuningan, berminyak, dan tebal.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN ACKEE

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman ACKEE antara lain : Buah Ackee mengandung asam lemak, vitamin A, mineral zinc, dan protein.
Daun, kulit buah, arrilus dan bijinya mengandung gamma GT, hypoglycin A dan B, senyawa-senyawa ini sebagian bisa menyebabkan hypoglikemik (merosotkan kadar glukosa dalam darah)

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN ACKEE

Biji yang sudah dikeringkan, buah, dahan, dan daunnya biasa digunakan sebagai metode pengobatan alternatif.
Sebagai obat diabetes melitus atau kencing manis : Ambil 1 butir daging buahnya, rebus dalam 3 gelas air, tambahkan sedikit garam dapur, rebus hingga tersisa 1 gelas, lalu minum setiap petang 1kali sehari.

loading...

Cara Mengkonsumsi Ackee
Anda dapat mengkonsumsi buah dari tanaman ini ketika sudah matang di pohon. Buah yang sudah matang akan berwarna merah dan otomatis membuka kulitnya secara natural.
Arilli merupakan nama dari bagian yang dapat anda makan dari buah ini, bagian ini dapat Anda makan setelah dibersihkan, dicuci, dan direbus. Bagian tersebut merupakan daging yang memiliki warna kuning, dengan fungsi menutupi biji berwarna hitam yang beracun.

Daun dan dahan dari Ackee juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuat teh herbal. Pembuatan teh dari bahan Ackee juga dipercaya dapat memberikan efek positif bagi Anda yang mengalami gangguan Asma.
ackee tree Blighia sapida

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN ACKEE

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI ACKEE

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Sapindales
Familia (Suku): Sapindaceae – Soapberry family
Genus (Marga): Blighia K.D. Koenig – blighia
Species (Jenis): Blighia sapida K.D. Koenig – akee

PERHATIAN :

  • Keracunan ackee muncul setelah 2-6 jam konsumsi buah pertama. Keracunan buah beracun ini menampilkan gejala mual muntah yang muncul mendadak, dan disertai dengan rasa sakit pada ulu hati.
  • Selalu hindari konsumsi buah ackee yang tidak matang.
  • Hindari pengkonsumsian produk Ackee kepada anak, ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman ACKEE yang telah kami rangkum terkait kandungan zat, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya.

Tinggalkan komentar