Adas – Ciri-Ciri Tanaman Adas Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN ADAS

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik tanaman adas:
BATANG : dalam satu rumpun tanaman adas biasanya mempunyai 3 – 5 buah batang, Batang adas mempunyai warna hijau agak kebiruan, batang mempunyai alur dan beruas serta berlubang, batang mempunyai bau wangi bila memar.

Gambar Pohon Tanaman Adas

Gambar Pohon Tanaman Adas

DAUN : tanaman adas mempunyai letak daun yang berseling dan majemuk, daunnya menyirip ganda dua dengan posisi sirip-sirip yang letaknya menyempit berbentuk jarum, mempunyai bentuk runcing pada ujung dan pangkalnya. Panjang daun kira-kira 30 cm sampai dengan 50 cm, lebar daun 5 cm sampai dengan 7 cm berwarna hijau muda.

Gambar Daun  Adas

Gambar Daun Adas

BUNGA : tanaman adas mempunyai bunga yang berbentuk payung majemuk dengan diameter 5 cm sampai dengan 15 cm. Panjang gagang bunga adas kira-kira 2 mm sampai 5 mm, kelopak bunga berbentuk tabung dengan warna hijau, mahkota bunga berwarna kuning dan tumbuh keluar dari ujung batang.

Gambar  Bunga Adas

Gambar Bunga Adas

BUAH : Buah adas berbentuk biji kering dan lonjong, berusuk dengan panjang antara 6 – 10 mm serta lebar 3- 4 mm.
Buah berwarna hijau untuk yang muda dan coklat tua untuk buah yang sudah tua ( sebenarnya warna buah adas relative, ini di pengaruhi juga dari asal tanaman adas tersebut berasal )

gambar-buah-adas

Gambar Buah Adas

Untuk buah yang sudah matang, akan mengeluarkan aroma yg khas, bila anda mencicipi buah adas , akan merasakan rasa seperti kamfer.
Bentuk biji lonjong serta beraroma kuat dan manis

Tanaman adas menghasilkan minyak adas yang dihasilkan dari proses sulingan serbuk-serbuk buah adas yang sudah matang dan kering. Minyak adas terdiri dari 2 jenis yaitu minyak adas manis dan pahit.

Karena manfaat adas sebagai tanaman herbal mempunyai sifat menyembuhkan maka tanaman ini banyak dijadikan sebagai bahan baku dalam industri pembuatan obat-obatan.
Minyak adas yang dikandung bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon.

Umumnya adas dipakai berbarengan dengan kulit batang pulosari. Daunnya dapat dimakan sbg sayuran. Perbanyakan dng biji atau memisahkan anak tanaman.

Di Indonesia tanaman adas telah banyak dibudidayakan sebagai tanaman bumbu maupun sebagai tanaman obat. Tanaman ini dapat ditanam di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.800 m di atas permukaan laut, namun akan tumbuh lebih baik pada dataran tinggi.

Tanaman Adas berasal dari Eropa Selatan dan Asia, dan karena khasiat dan manfaatnya begitu besar maka kemudian banyak ditanam di Indonesia, India, Argentina, Eropa, dan Jepang.

B. KOMPOSISI / KANDUNGAN KIMIA TANAMAN ADAS

Komposisi atau kandungan kimia dari zat yang dikandung adas adalah 50-60% anetol, minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1-6%, 20% fenkon, felandren, metilchavikol, pinen, limonen, dipenten, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Karena ada kandungan anetol maka menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif.
Akar adas mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin). Minyak yang dihasilkan dari adas adalah minyak adas (fennel oil).

Sifat kimiawi dan efek farmakologi:

  • Kamfeina/tonik (buah: merangsang timbulnya kejang.
  • Limonena (buah): menghambat jamur candida albican penyebab keputihan, merangsang peristaltik, menambah daya tahan tubuh, obat flu, anti kholinesterasi.
  • 1,8 sineol (seluruh tanaman): mengatasi ejakulasi dini merangsang ereksi, anestesi, merangsang keringat, penguat hepar, perangsang saraf pusat.
  • Arginin (buah) untuk suntik: mencegah mandul, memperkuat daya hidup sperma.
  • B-sitosterol (buah): merangsang keluarnya hormon androgen, menghambat keluar hormon estrogen, melemahkan potensi sperma, bahan baku steroid.
  • Dianethole (buah): merangsang keluarnya ormon estrogen.
  • Rutin (buah): merangsang semangat, menunda penuaan, menghambat keluarnya enzim aldose-deduktase, fosfdiesterase, lipoksi genase.
  • Stigmasterol (buah): merangsang hormon estrogen, merangsang terjadinya ovulasi, bahan baku hormon steroid, antihepatotoksit.

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN ADAS

Manfaat Buah Adas Untuk Menangani :

  • Buah adas dapat mengobati sakit perut (mulas), perut kembung, perasaan penuh pada lambung, perasaan mual, perasaan ingin muntah dan sakit diare.
  • Dapat mengobati sakit kuning serta meningkatkan nafsu makan.
  • Dapat mengobati batuk disertai dahak dan mengatasi penyakit sesak nafas (asma),
  • Dapat mengatasi gangguan haid seperti nyeri pada waktu haid atau proses haid yang tidak lancar.
  • Dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu yang melahirkan.
  • Dapat mengatasi masalah susah tidur (insomenia)
  • Dapat mengobati buah zakar turun (orchidoptosis)
  • Buah adas bisa menngatasi usus turun sampai lipat paha (Hernia inguinalis)
  • Meredakan pembengkakan pada saluran sperma (epididimis)
  • Pada penderita batu empedu, adas dapat mengurangi perasaan nyeri yang diakibatkan adanya batu pada empedu serta bekerja membantu proses penghancuran batu tsb.
  • Mengatasi penyakit Rematik ( Gout)

Manfaat Daun Adas antara lain :

  • Daun adas bisa mengobati batuk
  • Mengatasi gangguan perut yang terasa kembung disertai kholik.
  • Meningkatkan daya penglihatan.

Aturan Pemakaian Adas secara umum:
Pemanfaatan Adas untuk Pemakaian dalam: Buah adas sebanyak 3-9 gram direbus, minum atau buah adas digiling halus seduh dengan air mendidih minum selagi hangat atau daun dimakan sebagai sayuran atau direbus lalu airnya diminum.
Pemanfaatan Adas Pemakaian luar: Buah kering digiling halus lalu digunakan untuk pemakaian lokal pada sariawan, sakit gigi, sakit telinga, dan luka atau minyak adas dapat digunakan untuk menggosok tubuh anak yang masuk angin.

Contoh Meramu Obat Dengan Menggunakan Adas
Batuk : Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 g diseduh dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu, Aduk sampai merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.
Sesak napas : Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes diseduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari, sampai sembuh.
Batu Empedu : Siapkan serbuk adas sebanyak 5 gram, kemudian diseduh dengan 1 cangkir air panas, minum 3 kali sehari

Uji Praklinis oleh: Pudjiastuti, Lucie W dan Wien Winarno (1998).
Menyatakan: bahwa pemberian infus adas dosis 0,3 mg, dan 30 mg/10 g BB pada mencit dapat menyebabkan perpanjangan waktu tidur yang ditimbulkan oleh fenobarbital.Adas punya efek sebagai obat tidur.
Catatan: Hindari penggunaan adas dalam dosis besar, Pemakaian adas menyebabkan sering kentut dan bersendawa.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN ADAS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Adas

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Ordo (Bangsa): Apiales
Familia (Suku): Apiaceae
Genus (Marga): Foeniculum
Species (Jenis): Foeniculum vulgare

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN ADAS
Nama Latin/Binomial Adas : F. Officinale All.,Anethum Feoniculum L
China: Hsiao hui.
Thailand: phong karee, mellet karee.
Malaysia: Jintan Manis.
Inggris: Fennel, commaon fennel, sweet fennel, fenkel, spigel.
Nama Lokal Adas
Bahasa Minangkabau: Adeh, manih.
Bahasa Sunda: Hades.
Bahasa Jawa: adas, adas londa, adas landi.
Bahasa Madura: Adhas.
Bali: adas.
Sumba: wala wunga.
Aceh: Das pedas.
Melayu: adas, adas pedas.
Manado: paapang, paampas.
Alfuru: Popoas.
Gorontalo: denggu-denggu.
Buol: Papaato.
Baree: porotomo.
Sangir Talaud: kumpasi.
Makassar: Adasa, rempasu.
Bugis: adase.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Adas yang meliputi Ciri-ciri Adas, Klasifikasi Adas, kandungan zat atau nutrisi Adas serta khasiat dan manfaat Adas sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

adas | daun adas | adas pulosari | Tanaman adas | gambar adas | pohon adas | buah adas | nama lain adas pulosari | biji adas | gambar daun adas |
Adas – Ciri-Ciri Tanaman Adas Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 29 Nov 2014. Adas – Ciri-Ciri Tanaman Adas Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN ADAS Berikut ini adalah ciri-ciri fisik tanaman adas: BATANG : dalam satu rumpun tanaman adas biasanya mempunyai 3 – 5 buah batang, Batang adas mempunyai warna hijau agak kebiruan, batang mempunyai alur dan beruas serta berlubang, batang mempunyai bau wangi bila memar. DAUN : tanaman adas mempunyai letak daun yang berseling […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...