Agave – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman ini mirip dengan tanaman lidah buaya, tampilannya unik, banyak pecinta tanaman yang menjadikannya tanaman koleksi, Jika batang yang belum berbunga dipotong, cairan manis yang disebut agua miel akan keluar dan terkumpul di jantung tanaman.

Tanaman ini umumnya berbentuk duri, Pertumbuhannya lambat, mati setelah berbunga, namun mudah diperbanyak dengan cara stek, selengkapnya mengenai tanaman ini yang meliputi ciri tanaman agave, khasiat dan manfaatnya, kandungan zat dan klasifikasi tanaman agave dapat anda simak dibawah ini
gambar tanaman agave americana

A. CIRI-CIRI TANAMAN AGAVE

BATANG
Tidak berbatang
DAUN
Daun tersusun roset, bentuk oval dengan ujung melancip, tebal, dan sedikit kaku. Disebut begitu karena daun yang semula agak pipih berujung lancip berubah menjadi menggembung seperti kubus. Tepi daun diselimuti duri-duri mungil, ujung daun dilengkapi duri panjang berwarna merah
Warna daun mulai dari hijau tua, hijau muda, hingga kuning. Biasanya dipercantik dengan garis kuning atau putih, di tepi daunnya.

DESKRIPSI TANAMAN AGAVE
Tanaman agave (Agave americana) merupakan tanaman penghasil serat alam, tanaman ini juga sering disebut dengan century plant karena tanaman ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk berbunga. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kesuburan tanah dan iklim daerah serta karakteristik tanaman itu sendiri. Nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan bunga disimpan dalam daunnya yang berdaging.

Agave americana dikenal juga dengan lidah buaya Amerika, walaupun bukan termasuk golongan lidah buaya (aloe).
Agave americana pertama kali dikenal di Eropa pada pertengahan abad ke-16. Saat ini, tanaman tersebut telah dikenal dan dibudidayakan secara meluas. Jenis-jenis tanaman ini mempunyai garis putih atau kuning di tepi maupun tengah daun, dari pangkal hingga ujung daun. Tanaman ini biasa ditanam di pot, menyukai matahari, namun tidak tahan terhadap butiran salju.

Varietas agave americana yang dibudidayakan meliputi Marginata yang bergaris kuning sepanjang tepi daun, Medopicta dengan pita putih di tengah daunnya, Striata yang bergaris kuning-putih sepanjang daunnya, dan Variegata yang bergaris putih di tepi daunnya.
Jenis Agave yang banyak dimanfaatkan untuk serat alam adalah Sisal (Agave sisaline Perrine). Penanaman Sisal terus berkembang di Indonesia sejak tahun 1913, seiring dengan kebutuhan bahan baku tali dan industri lainnya. Seperti jenis tanaman kaktus lainnya, sisal tumbuh baik pada lahan dan iklim yang kering.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN AGAVE

Daun tanaman agave diketahui mengandung hormone steroid.

download lagu dangdut

C. KHASIAT DAN MANFAAT AGAVE

Serat agave banyak digunakan untuk bahan baku tali, kandungannya bisa dibuat minuman, bahkan menurut penelitian, Agave merupakan bahan ideal untuk membuat ethanol sebagai bahan bakar pengganti bensin yang ramah lingkungan.

Selain sebagai penghasil serat alam, Agave juga dikenal sebagai penghasil Tequila, minuman beralkohol yang sangat terkenal. Tequila dihasilkan dari tanaman Agave tequilana setelah melalui proses destilasi dan fermentasi. Pada bidang bahan bakar energi, Agave juga menjadi sumber bahan bakar ramah lingkungan karena bisa menciptakan emisi CO2 yang jauh lebih sedikit ketimbang bahan bakar konvensional lainnya.

Getah tanaman Agave americana bermanfaat sebagai diuretika dan obat cuci perut. Jus daun Agave americana bisa dioleskan untuk mengobati luka memar. Minuman jus tersebut juga dapat berguna untuk mengobati hepatitis, konstipasi, asam lambung, disentri, dan keluhan lain akibat gangguan system pencernaan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN AGAVE

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI AGAVE

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Liliidae
Ordo (Bangsa): Liliales
Familia (Suku): Agavaceae
Genus (Marga): Agave
Species (Jenis): Agave americana L.

NAMA-NAMA LAIN AGAVE
Indonesia: Agave amerika
Inggris: Agave, american aloe, century plant, maguey

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat AGAVE yang meliputi Ciri-ciri AGAVE, Klasifikasi AGAVE, kandungan zat atau nutrisi AGAVE serta khasiat dan manfaat AGAVE sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

tanaman agave | manfaat agave | bunga agave | pohon agave | macam macam agave | agave adalah | jenis tanaman agave | khasiat biji saga | manfaat tanaman agave | klasifikasi agave |
Agave – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 10 Jun 2016. Agave – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman ini mirip dengan tanaman lidah buaya, tampilannya unik, banyak pecinta tanaman yang menjadikannya tanaman koleksi, Jika batang yang belum berbunga dipotong, cairan manis yang disebut agua miel akan keluar dan terkumpul di jantung tanaman. Tanaman ini umumnya berbentuk duri, Pertumbuhannya lambat, mati setelah berbunga, namun mudah diperbanyak dengan cara stek, selengkapnya mengenai tanaman […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...