Ajeran – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI AJERAN

BATANG
Batang dan tangkai berkayu, lunak, mengandung air, Batangnya berbentuk 4 sudut (quadrangular), berambut atau sebagian berambut.
DAUN
Majemuk menyirip, memiliki anak daun 3-5 lembar dengan pinggiran daun bergigi, Tangkai daun terlihat agak bersayap.
BUNGA
Kelopak bunga berwarna putih dengan benangsari kuning.
BUAH dan BIJI
Biji Memanjang ramping berwarna hitam.

gambar bunga ajeran

Photo : Bunga Ajeran

gambar tanaman ajeran

Photo: Tanaman Ajeran

DESKRIPSI TANAMAN AJERAN
Ajeran (Jintan) Tumbuh di daerah ketinggian 100 meter di atas permukaan laut, Aroma daun jintan memiliki bau khas dan bermanfaat untuk pengobatan , perkembang biakan tanaman jintan dilakukan bisa dilakukan melalui biji maupun cara stek. Medium penanaman bisa dilakukan dalam pot atau langsung ditanam di tanah pekarangan. Kondisi tanah yang memiliki kandungan air yang cukup dan tidak terlalu banyak mendapatkan sinar matahari adalah lokasi terbaik untuk pertumbuhan tanaman jintan.
Tanaman Ajeran mempunyai tinggi kurang lebih 1-2 m.

Tanaman memiliki dua varietas yang cukup dikenal masyarat yaitu jintan hitam dan Jintan putih, Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan adalah biji baik sebagai bahan rempah dapur ataupun obat. Beberapa penyakit yang bisa diobati jintan sebagai tanaman obat antara lain sakit kepala, asma dan batuk, sariawan, borok, perut kembung, dan demam.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN AJERAN

Dalam tanaman jintan terkandung unsur kimia Phytosterin-B, Unsur ini memiliki rasa pahit, agak dingin.Unsur kimia ini berfungsi untuk menurunkan panas (antipiretik), anti radang(anti inflamasi), melancarkan peredaran darah dalam tubuh, serta menghentikan pendarahan.

Senyawa antioksidan utama: kuersetin 3-0-rabinobioside; kuersetin 3-O-rutinoside; asam klorogenat; 3,4-di-0-caffeoylquinic acid; 3,5-di-0-caffeoylquinic acid; 4,5-di-0-caffeoylquinic acid. Senyawa lain, heptanyl 2-0-beta-xylofuranosyl-(l→6)-beta-glucopyranoside, jacein, dan centaurein. Penelitian juga menyebutkan kandungan senyawa fenol yaitu quercetin 3-Orabinobiosid.
Akarnya mengandung senyawa quercetin 3,3′-dimethyl ether, yaitu 7-0-a-d-rhamnopyranosyl-(l→6)-ß-d-glucopyranoside dan 7-O-ß-d-glucopyranoside.
Ajeran juga mengandung senyawa dua poliasetilenik yang teridentifikasi pada fraksi butanol. Senyawa itu berperan dalam pencegahan awal terjadinya diabetes.

C. KHASIAT DAN MANFAAT AJERAN

  • Ajeran untuk Pencuci mata
    Ambil sekitar segenggam daun anjeran segar atau lebih kurang 5 gram ukuran sedang. Cuci dan bersihkan sebelum direbus dalam air sebanyak satu gelas. Setelah mendidih, dinginkan. Setelah benar-benar dingin, Anda dapat memanfaatkan rebusan daun ajeran tersebut untuk mencuci mata. Sebaiknya gunakan alat khusus (gelas pencuci mata) yang dapat dibeli di apotek agar lebih bersih dan efisien.
  • Manfaat Ajeran sebagai Minuman penyegar
    Seperti halnya teh, daun anjeran dapat digunakan sebagai minuman penyegar. Caranya, ambil daun ajeran segar lebih kurang 10 gram. Setelah dicuci dan dibersihkan, rebus dengan dua gelas air. Setelah masak, dinginkan. Sebagai campuran, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis atau sedikit cengkeh agar terasa lebih segar di tenggorokan.
  • Demam, Influenza dan Sakit Tenggorokan
    Rebus 15 – 20 g herba ajeran dengan 4 gelas air sampai rebusan tersisa 1,5 gelas lalu bagi menjadi dua bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur masing – masing 1 bagian.
  • Infeksi Hepatitis
    Rebus 120 daun ajeran dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur masing – masing 1 bagian.
  • Ajeran atasi Mencret
    Cuci bersih 15 – 120 g daun ajeran lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu buat menjadi 2 bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur masing – masing 1 bagian.
  • Radang Usus Buntu
    Cuci Bersih 15 -120 g daun ajeran dan 30 – 90 g akar kemuning. Rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Hasil rebusan ini digunakan untuk 2 kali minum. Akan tetapi, untuk penyakit yang berat ; minum 1,5 gelas sekaligus dengan frekuensi 2 kali sehari.

Note : Tambahkan sedikit gula atau madu karena rasa ajeran pahit. Sebaiknya hindari penggunaan berlebih karena dapat menyebabkan iritasi pada ginjal. Tak ada salahnya sebelum memanfaatkan ramuan ini, pastikan ginjal Anda tidak bermasalah.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN AJERAN

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi AJERAN

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom:
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Asterales
Familia (Suku): Asteraceae
Genus (Marga): Bidens
Species (Jenis): Bidens pilosa L.

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN AJERAN
Nama Latin Ajeran : Bidens Pilosa L.
Sinonim : Bidens sundaica Blume (1826), Bidens leucorrhiza (Lour.) DC. (1836), Bidens pilosa L. var. minor (Blume) Sherff (1925).
Nama lokal: Acerang, hareuga (Sunda); ambong-ambong, jaringan, ketul (Jawa); lanci thuwa (Madura)
Nama asing: Xian feng cao (Cina); black jack (Afrika); black jack, hairy beggarticks, water marigold, Spanish needle, cobbler’s pegs (Amerika); pisau-pisau, dadayem (Filipina); sornet, piquant noir, bident hérissé, herbe aiguille, herbe villebague (Perancis); puen moksai (Thailand); kancing baju (Malaysia)

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat AJERAN yang meliputi Ciri-ciri AJERAN, Klasifikasi AJERAN, kandungan zat atau nutrisi AJERAN serta khasiat dan manfaat AJERAN sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri daun jinten | tanaman ajeran | daun ajeran | ajeran | daun hareuga | ciri ciri jintan | ciri ciri jinten | manfaat daun hareuga | ciri fisik jintan | bunga ajeran |
Ajeran – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 10 Des 2014. Ajeran – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI AJERAN BATANG Batang dan tangkai berkayu, lunak, mengandung air, Batangnya berbentuk 4 sudut (quadrangular), berambut atau sebagian berambut. DAUN Majemuk menyirip, memiliki anak daun 3-5 lembar dengan pinggiran daun bergigi, Tangkai daun terlihat agak bersayap. BUNGA Kelopak bunga berwarna putih dengan benangsari kuning. BUAH dan BIJI Biji Memanjang ramping berwarna hitam. DESKRIPSI […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...