Alang-Alang – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN ALANG-ALANG / ILALANG

Alang-Alang biasa disebut juga dengan nama Ilalang, termasuk jenis tanaman rumput-rumputan yang menahun dan sering menjadi gulma di lahan pertanian.

Alang-alang dapat berbiak dengan cepat, dengan benih-benihnya yang tersebar cepat bersama angin, atau melalui rimpangnya yang lekas menembus tanah yang gembur. Berlawanan dengan anggapan umum, alang-alang tidak suka tumbuh di tanah yang gersang atau berbatu-batu.

gambar tanaman alang alang ilalang

Gambar Tanaman Alang-Alang Dengan Malai Bunga Serupa Ekor Berbulu Satin

Alang-Alang pada umumnya tumbuh liar di hutan, ladang, lapangan berumput, dan pada tepi jalan pada daerah kering yang mendapat sinar matahari.

Tanaman alang-alang biasanya tumbuh tegak dengan ketinggian sekitar 0.5 – 1.5m, berbatang padat, beruas, bulat dan berambut jarang.

manfaat ilalang

Gambar Alang-Alang Dengan Ujung Daun Keunguan

Ciri Bunga alang-alang
Bunga tanaman alang-alang mempunyai susunan bulir yang majemuk serta agak memguncup, panjang daun bisa tumbuh dari 6 – 28 cm. Di dalam setiap cabangnya terdiri dari 2 bulir, Panjang bulir sekitar 3 mm, Pada pangkal bulir terdapat rambut halus yang panjang dan padat berwarna putih, agak menguncup, dan mudah diterbangkan oleh angin.

Ciri Daun alang-alang
Daun tanaman alang-alang memiliki bentuk memanjang seperti pita dan berjenis tunggal, pangkalnya saling menutup. Daun alang-alang memiliki warana hijau ada juga yang kemerah-merahan jika umurnya sudah tua, ujung daun runcing dan tajam serta berdiri tegak dan kasar, harus hati-hati jika kita mendekat dan bersentuhan dengan tanaman ini karena daunnya bisa melukai kulit kita dan timbul rasa gatal.

Ciri Tangkai alang-alang
Tangkai bunga alang-alang biasanya mempunyai diameter tangkai 1 – 3 mm, pada bagian kepala putik memiliki bentuk menyerupai bulu ayam, Pada satu tangkai terdapat dua bulir bersusun, yang terletak diatas adalah bunga sempurna, sedang yang dibawah adalah bunga mandul.

Akar kaku berbuku-buku dan menjalar. Akarnya terasa manis kadang juga pahit, Tunas muda bisa dimakan dan sangat bermanfaat untuk anak-anak.

B. KOMPOSISI / KANDUNGAN ZAT ALANG-ALANG / ILALANG

Tanaman Alang-Alang memiliki kandungan manitol, glukosa, sakarosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrene, cylindol A, graminone B, imperanene, stigmasterol, campesterol, beta-sitosterol, fernenol, arborinone, arborinol, isoarborinol, simiarenol, anemonin dan tanin.

C. KHASIAT DAN MANFAAT ALANG-ALANG / ILALANG

Rasa akar alang-alang manis, bersifat sejuk, masuk meridian paru-paru, lambung dan kandung kemih.
Alang-alang memiliki sifat tonik, pereda demam (anti piretik), peluruh kencing (Diuretik), menyejukkan darah untuk menghentikan perdarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus.
Tunas muda berkhasiat untuk peluruh kencing (Diuretik).
beberapa manfaat alang-alang sebagai tanaman obat, antara lain dapat mengobati : Pembengkakan akibat radang ginjal akut, Pembengkakan karena terbentur, Mengobati infeksi pada saluran pencernaan, Pendarahan pada wanita, Susah buang air kecil atau kencing terus menerus, Demam yg disertai haus, Urat saraf melemah, Radang pada paru-paru, Keputihan pada wanita, Gangguan pencernaan, Jantung koroner, Batuk, flu, diare, Asma, Gonorea ( kencing nanah ), Tekanan darah tinggi, Pendarahan akibat panasnya darah, misal mimisan, batuk darah, muntah darah dll

BEBERAPA RESEP RAMUAN OBAT MENGGUNAKAN ALANG-ALANG
Alang-Alang obat penyakit kencing berdarah
Cara Meramu: Ambil akar alang-alang segar sebanyak kira-kira 100 gram, Kemudian cuci dan bersihkan akar alang-alang tersebut hingga bersih, Rebus dengan 2 gelas air bersih, tunggu hingga mendidih sampai air rebusan tersisa setengahnya.
Angkat dan dinginkan, saring air rebusan akar alang-alang untuk memisahkan ampasnya.
Aturan Pakai : Minumlah secara rutin 2 kali sehari

download lagu dangdut

Alang-Alang untuk meluruhkan air seni
Cara Meramu: Ambil 40 sembalan rimpang alang-alang yang sudah kering kemudian potong kecil-kecil, Rebus rimpang yang sudah dipotong-potong tadi dengan air bersih sebanyak 2 gelas, Tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air rebusan tersisa menjadi 1 gelas, Terakhir angkat, dinginkan dan saring ampasnya
Aturan Pakai : Minumlah secara rutin 2 kali sehari

Alang-Alang Sebagai obat penyakit ginjal akut
Caranya: Ambil akar alang-alang yang segar kurang lebih sebanyak 60 – 120 gram, Potong-potong akar alang-alang menjadi ukuran kecil, kemudian cuci dan bersihkan, Rebus akar dengan air bersih sebanyak 3 gelas, Tunggu dan biarkan rebusan mendidih sampai air tersisa menjadi 1 gelas, Terakhir angkat, dinginkan dan saringlah air rebusan tadi untuk memisahkan ampas .
Aturan Pakai : Minumlah secara rutin 2 kali sehari.

Manfaat Ilalang Selain Untuk Pengobatan

Selain Rimpang dan akar alang-alang kerap digunakan sebagai bahan obat tradisional, tanaman alang-alang digunakan untuk melindungi lahan-lahan terbuka yang mudah tererosi. Kecepatan tumbuh, jalinan rimpang alang-alang di bawah tanah, serta tutupan daunnya yang rapat, memberikan manfaat perlindungan yang dibutuhkan itu.

Di Bali dan Indonesia timur umumnya, daun alang-alang yang dikeringkan dan dikebat dalam berkas-berkas digunakan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainnya. Daun alang-alang juga kerap digunakan sebagai mulsa untuk melindungi tanah di lahan pertanian. Serat halus dari malai bunganya kadang-kadang digunakan sebagai pengganti kapuk, untuk mengisi alas tidur atau bantal.

D. KLASIFIKASI ILMIAH ALANG-ALANG / ILALANG

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Alang-Alang

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo (Bangsa): Poales
Familia (Suku): Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus (Marga): Imperata
Species (Jenis): Imperata cylindrica (L.) Beauv.

NAMA-NAMA LAIN DARI TANAMAN ALANG-ALANG
Nama Latin Ilalang : Imperata cylindrica (L.) Beauv.
Bahasa Inggris: Cogon grass, satintail.
Bahasa Prancis: Paillotte.
Bahasa Malaysia: lalang, alang-alang.
Nama Lokal Indonesia
Bahasa Jawa: Alang-alang kambengan.
Basa Sunda: Eurih. Bahasa Bugis: Deya.
Bahasa Minangkabau: Alalang, Hilalang, Ilalang.
Bahasa Aceh: Naleueng lakoe.
Bahasa Gayo: Jih.
Bahasa Batak: Rih, Ri.
Bahasa Nias: Oo.
Bahasa Lampung: Lioh.
Bahasa Dayak: Halalang, Tingen, Padang, Tingan, Puang, Buhang, Belalang, Bolalang.
Bahasa Madura: Kebut, Lalang.
Bahasa Bali: Ambengan, Lalang.
Bahasa Flores: Kii, Rii.
Bahasa Gorontalo: Padengo, Padanga. Bahasa Seram: Erer, Muis, Wen.
Bahasa Ambon: Weli, Welia, Wed.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Alang-Alang/Ilalang yang meliputi Ciri-ciri Alang-Alang, Klasifikasi Alang-Alang, kandungan zat atau nutrisi Alang-Alang serta khasiat dan manfaat Alang-Alang sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri alang alang | rumput ilalang | ciri ciri rumput ilalang | jenis akar alang alang | tanaman alang alang | ciri alang alang | tumbuhan alang alang | ciri ciri tumbuhan alang alang | bentuk akar alang alang | tanaman ilalang |
Alang-Alang – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 27 Nov 2014. Alang-Alang – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN ALANG-ALANG / ILALANG Alang-Alang biasa disebut juga dengan nama Ilalang, termasuk jenis tanaman rumput-rumputan yang menahun dan sering menjadi gulma di lahan pertanian. Alang-alang dapat berbiak dengan cepat, dengan benih-benihnya yang tersebar cepat bersama angin, atau melalui rimpangnya yang lekas menembus tanah yang gembur. Berlawanan dengan anggapan umum, alang-alang tidak suka […]

4.9 Ahli Pengobatan
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...