Anggur – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN ANGGUR

BUAH dan BIJI
Buah bulat kecil seukuran telur puyuh, warna buah tergantung dari jenis anggur, ada yang merah, ungu dan hijau, dalam buah anggur terdapat biji dengan ukuran yang kecil

gambar anggur merah

Photo: Anggur Merah

gambar anggur hitam

Photo : Anggur Ungu (Hitam)

gambar anggur hijau

Photo : Anggur Hijau

BATANG
Batang kuat dan merambat
DAUN
Daun membagi menjadi tiga belah yang tersusun dalam satu rangkaian

gambar daun anggur

Photo : Daun Anggur

BUNGA

gambar bunga anggur

Photo : Bunga Anggur

gambar anggur muda

Photo : Buah Anggur Muda

DESKRIPSI TANAMAN ANGGUR
Buah anggur adalah buah yang dihasilkan oleh tanaman merambat yang biasanya tumbuh di dataran rendah. Tidak seperti tanaman lain, tanaman ini justru membutuhkan musim kemarau yang cukup panjang dan curah hujan yang diperlukan hanya 800 mm per tahun sehingga penyiraman yang berlebihan akan mengganggu proses pembuahannya.

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

JENIS-JENIS ANGGUR (Varietas Anggur)
Buah anggur memiliki bermacam-macam jenis, antara lain:

  • Vitis vinifera, anggur untuk bahan minuman anggur Eropa
  • Vitis labrusca, anggur Amerika Utara untuk membuat jus anggur, kadangkala untuk minuman anggur
  • Vitis riparia, anggur liar Amerika Utara, kadangkala untuk pembuatan minuman anggur
  • Vitis rotundifolia, muscadine, digunakan untuk jelly dan kadangkala minuman anggur
  • Vitis aestivalis, varietas Norton yang digunakan untuk pembuatan minuman anggur
  • Vitis lincecumii (juga disebut Vitis aestivalis atau Vitis lincecumii), Vitis berlandieri (juga disebut Vitis
  • cinerea var. helleri), Vitis cinerea, Vitis rupestris digunakan untuk membuat minuman anggur hibrida dan “rootstock” tahan-hama.

BUDIDAYA TANAMAN ANGGUR
Anggur merupakan salah satu tanaman yang hidup pada daerah dataran rendah. Tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman anggur justru membutuhkan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan agar dapat tumbuh dengan baik dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Curah hujan yang diperlukan oleh tanaman ini hanya 800 mm per tahun. Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan dapat mengganggu proses pembuahannya. Suhu untuk tumbuh maksimal adalah 31oC dan suhu minumum adalah 23oC dengan kelembapan udara berkisar antara 75-80%.

Hanya beberapa jenis tanah yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman anggur dengan baik. Secara umum, tanah tersebut harus mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang cukup agar tanaman tidak mengalami transpirasi berlebihan. Selain itu, tanah yang digunakan harus subur dan bertekstur gembur agar terdapat asupan nutrisi dan pasokan udara yang baik. Tanah tersebut juga harus memiliki derajat keasaman (pH) yang netral, yaitu 7.

B. KANDUNGAN ZAT BUAH ANGGUR

Dalam biji anggur terdapat mineral mikro yaitu seng dan mangan. Dua mineral ini banyak terdapat pada anggur merah. Febri menambahkan, seng dan mangan sangat penting untuk menjaga libido seks dan kesuburan pria juga dapat membantu mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.
Manfaat lain dari biji anggur adalah kemampuannya untuk mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang sering kali menjadi penyebab stroke dan serangan jantung.

Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin.
Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker.

Daun anggur yang berwarna merah berkhasiat astrigen (zat yang mempunyai kemampuan mengerutkan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi) dan anti radang.

Kandungan Nutrisi dalam 100 g Anggur
Energi 288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat 18.1 g
Gula 15.48 g
Serat pangan 0.9 g
Lemak 0.16 g
Protein 0.72 g
Thiamine (Vitamin B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vitamin B2) 0.07 mg (5%)
Niacin (Vitamin B3) 0.188 mg (1%)
Asam Pantothenat (Vitamin B5) 0.05 mg (1%)
Piridoksin (Vitamin B6) 0.086 mg (7%)
Asam Folat (Vitamin B9) 2 μg (1%)
Kobalamin (Vitamin B12) 0 μg (0%)
Vitamin C 10.8 mg (18%)
Vitamin K 22 μg (21%)
Kalsium 10 mg (1%)
Zat Besi 0.36 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0.071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3.02 mg (0%)
Seng 0.07 mg (1%)
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.Sumber: Data Nutrisi USDA

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH ANGGUR

Daun anggur yang diseduh air panas dapat digunakan untuk obat diare, juga bisa digunakan untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, dan sakit tenggorok. Abu dari ranting anggur yang dibakar bisa membersihkan gigi yang hitam. Rantingnya juga berkhasiat peluruh kencing (diuretic) sama seperti daunnya.

download lagu dangdut

Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol.
Berdasarkan penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang.
Disamping itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E.
Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.

  • Manfaat buah anggur untuk jantung
    Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Meningkatnya kadar oksida nitrat dalam tubuh, dapat mencegah pembekuan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung.Selain itu, kandungan antioksidan anggur juga bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang dapat menghambat pembuluh darah. Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat, yang bila jumlahnya berlebih di dalam darah akan diendapkan pada dinding pembuluh darah membentuk bekuan yang dapat menyumbat pembulun darah.
  • Manfaat buah anggur untuk gangguan ginjal
    Kandungan yang terdapat dalam buah anggur ini mampu membantu mengurangi asam pada ginjal sehingga resiko gangguan pada ginjal bisa berkurang.
  • Khasiat buah anggur bisa mengobati migren
    Dengan meminum jus anggur maka akan terasa khasiatnya dalam mengobati penyakit sakit kepala sebelah atau yang sering di sebut migren.
  • Khasiat buah anggur untuk pencernaan
    Buah anggur juga bisa mengobati gangguan pencernaan, maka apabila anda mengalaminya di sarankan untuk mengkonsumsi buah anggur.
  • Khasiat buah anggur untuk kanker payudara
    Menurut penelitian, jus buah anggur yang berwarna ungu bisa mengurangi massa tumor yang terdapat pada payudara secara signifikan sehingga jus anggur baik untuk mengobati kanker payudara.
  • Khasiat buah anggur untuk penyakit alzheimer
    Buah anggur ternyata mengandung resveratol yaitu sebuah polifenol yang mampu mengurangi amyloidal beta peptides pada penderita alzheimer.
  • Khasiat buah anggur bisa mengobati sembelit
    Kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur berperan sebagai pencahar, sehingga konsumsi buah anggur dipercaya dapat mengobati susah buang air besar atau yang lebih dikenal dengan sembelit.
  • Khasiat buah anggur untuk penyakit asma
    Buah anggur memiliki kekuatan assimiratory yang membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini tentu baik untuk penderita asma karena bisa menurunkan masalah sesak napas.
  • Khasiat buah anggur sebagai anti bakteri
    Buah anggur mampu melindungi tubuh dari infeksi karena kandungan antibakteri dan anti virus yang kuat.
  • Khasiat buah anggur untuk mengatasi kelelahan
    Apabila diimbangi dengan istirahat yang cukup jus anggur ini bisa mengatasi kelelahan karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya.
  • Anggur Melindungi mata dari penyakit katarak
    Flavonoid dalam buah anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antara lain penyebab katarak.
  • Buah Anggur Mengontrol tingkat kolesterol darah
    Pterostilbene adalah senyawa dalam buah anggur yang bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol darah, Selain itu, Saponin yg ada dalam kulit anggur berperan dalam penyerapan kolesterol darah.

Adapun Manfaat Buah Anggur Untuk Kecantikan

  • Buah Anggur Atasi Kulit Kusam
    Tambahkan satu sendok amakan tepung terigu ke dalam cangkir anggur yang telah di haluskan dan gunakan masker pada kulit anda dan sesudah 15-20 menit di cuci dan anda lanjutkan dengan memakai toner dan pelembab untuk meremajakan kulit kusam.
  • Buah Angur untuk Mencerahkan Kulit
    Blender 1/2 kiwi beserta dua sendok makan jus anggur dan satu sendok makan madu,anda gunakan masker pada kulit agar mendapatkan kulit wajah anda nampak lebih cerah dan juga sehat,kandungan vitamin c yang terkandung di buah kiwi di bantu dengan antioksidan pada buah anggur merupakan kombinasi yang ampuh untuk melawan radikal bebas,dan juga sangat baik untuk merawat nutrisi kulit.
  • buah Anggur untuk Mengencangkan Kulit
    Untuk mengencangkan kulit dengan buah anggur anda bisa blender buah anggur 5-6 butir anggur dengan satu sendok makan madu sampai halus,lalu terapkan masker samapi 15 menit,lalu cuci sampai bersih dan tambahkan pelembab untuk mendapatkan kulit yang halus,dengan masker kombinasi ini mampu untuk mengobati jerawat dan mengencangkan kulit dan juga untuk pengelupusan sel kulit mati.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN ANGGUR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi ANGGUR

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Rhamnales
Familia (Suku): Vitaceae
Genus (Marga): Vitis
Species (Jenis): Vitis vinifera L.

NAMA-NAMA LAIN ANGGUR
Nama Latin Anggur: Vitis vinifera L.
Indonesia: Anggur
Inggris: Grape
Vietnam: nho
Thailand: Angun
Pilipina: Ubas

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat ANGGUR yang meliputi Ciri-ciri ANGGUR, Klasifikasi ANGGUR, kandungan zat atau nutrisi ANGGUR serta khasiat dan manfaat ANGGUR sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri buah anggur | ciri ciri anggur | ciri ciri tanaman anggur | ciri ciri pohon anggur | anggur | deskripsi buah anggur | pohon anggur | ciri buah anggur | ciri tanaman anggur | ciri pohon anggur |
Anggur – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 30 Nov 2014. Anggur – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN ANGGUR BUAH dan BIJI Buah bulat kecil seukuran telur puyuh, warna buah tergantung dari jenis anggur, ada yang merah, ungu dan hijau, dalam buah anggur terdapat biji dengan ukuran yang kecil BATANG Batang kuat dan merambat DAUN Daun membagi menjadi tiga belah yang tersusun dalam satu rangkaian BUNGA DESKRIPSI TANAMAN ANGGUR […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...