Anthurium – Ciri Tanaman, Serta Manfaat dan Klasifikasinya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN ANTHURIUM

Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema, philodendron,keladi hias, dan alokasia. Dalam keluarga araceae, anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak. Diperkirakan ada sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium.
gambar tanaman anthurium bunga merah

Secara umum anthurium dibedakan menjadi dua yaitu jenis anthurium daun dan jenis anthurium bunga. Anthurium daun memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa. Sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga baik hasil hibrid maupun spesies. Biasanya jenis anthurium bunga dijadikan untuk bunga potong.
Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri tanaman anthurium :

  • Memiliki bentuk daun yang berurat dengan tulang daun yang besar, Berwarna hijau tua
  • Daun dari tanaman anthurium memiliki ciri khas lebar
  • Tanaman ini biasanya mekar hanya di rumah kaca di akhir musim gugur dan musim dingin. Tanaman anthurium beracun karena kristal kalsium oksalat, getah mengiritasi kulit dan mata.
  • Anthurium sendiri pada dasarnya tumbuh pada batang pohon lainnya, terutama pohon yang sudah membusuk dan bersifat epifit. Namun demikian, anthurium juga dapat tumbuh pada media tanah biasa, dan dipelihara sebagai tanaman hias.

gambar tanaman hias anthurium

DESKRIPSI TANAMAN ANTHURIUM
Anthurium adalah genus dari sekitar spesies tumbuhan berbunga, genus terbesar dari keluarga arum, Araceae. nama nama umum termasuk anthurium, tailflower, bunga flamingo, dan laceleaf.
Daya tarik utama dari anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi. Daun umumnya berwarna hijau tua dengan urat dan tulang daun besar dan menonjol. Tidak heran bila tanaman ini memiliki kesan mewah dan eksklusif. Dimasa lalu, anthurium banyak menjadi hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Konon, dipuja sebagai tanaman para raja.

manfaat tanaman anthurium
Dari beberapa sumber yang diperoleh, di Indonesia ada kurang lebih 7 jenis spesies dari tanaman anthurium itu sendiri. Berikut ini adalah ke tujuh spesies dari tanaman anthurium yang ada di Indonesia :

download lagu dangdut
  • Anthurium Crystalinum atau yang sering kita kenal dengan nama tanaman kuping gajah
  • Anthurium Pedatoradiatum yang juga sering dikenal dengan nama tanaman wali songo
  • Anthurium Rafidooa
  • Anthurium Hibridum
  • Anthurium makrolobum
  • Anthurium Andreanum
  • Antrhurium Scherzerianum

B. MANFAAT TANAMAN ANTHURIUM

  • Sebagai tanaman hias
    Dengan bentuk daunnya yang lebar dan juga unik, anthurium memiliki daya tarik tersendiri sebagai tanaman hias, terutama untuk diletakkan pada pekarangan rumah dan juga bagian dalam rumah.
  • Untuk relaksasi
    Daunnya yang lebar-lebar, hijau dan juga nikmat untuk dipandang sudah pasti menjadi daya terik sendiri bagi tanaman anthurium, karena itu, salah satu manfaat yang bisa anda peroleh dari tanaman anthurium ini adalah sebagai media relaksasi.
  • Dapat mengobati bengkak pada tenggorokan dan juga mulut
    Salah satu spesies dari anthurium, yaitu anthurium andreanum memiliiki manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Anthurium andreanum ini memiliki manfaat yang baik untuk mengobati bengkak pada tenggorokan dan juga bengkak pada mulut anda. ntuk dapat mengobati bengkak pada bagian tenggorokan dan juga mulut anda, maka anda dapat memanfaatkan daun dari anthurium andreanum tersebut. Daunnya dapat anda rebus, lalu air rebusan dari daun anthurium andreanum tersebut bisa anda minum secara teratur untuk membantu meredakan bengkak yang anda alami pada tenggorokan dan juga mulut anda.
  • Dapat mengobati diabetes dan Ginjal
    Beberapa orang mempercayai bahwa bagian-bagian dari tanaman anthurium memang berkhasiat sebagai obat. Salah satunya adalah akar dari tanaman anthurium itu sendiri. Akar dari anthurium memilki manfaat yang sangat baik utnuk mengobati diabetes. Akar dari anthurium dpat mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu anda penderita diabetes.

C. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN ANTHURIUM

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI ANTHURIUM

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian):
Classis (Kelas):
Sub Kelas :
Ordo (Bangsa): Alismatales
Familia (Suku): Araceae
Genus (Marga): Anthurium
Species (Jenis): Anthurium andraeanum

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat ANTHURIUM yang meliputi Ciri-ciri ANTHURIUM, Klasifikasi ANTHURIUM, kandungan zat atau nutrisi ANTHURIUM serta khasiat dan manfaat ANTHURIUM sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri anthurium daun | ciri ciri tanaman anthurium | ciri ciri tanaman kuping gajah | ciri-ciri tanaman kuping gajah | ciri anthurium | ciri ciri anthurium | ciri tanaman anthurium | ciri dan manfaat tanaman arthium | ciri ciri kuping gajah | ciri tanaman kuping gajah |
Anthurium – Ciri Tanaman, Serta Manfaat dan Klasifikasinya Ahli Pengobatan 06 Apr 2017. Anthurium – Ciri Tanaman, Serta Manfaat dan Klasifikasinya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN ANTHURIUM Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema, philodendron,keladi hias, dan alokasia. Dalam keluarga araceae, anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak. Diperkirakan ada sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium. Secara umum anthurium dibedakan menjadi dua yaitu jenis anthurium daun dan jenis anthurium bunga. Anthurium […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...