Anting-Anting- Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN ANTING-ANTING

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik tanaman anting :

gambar anting-anting

Gambar 1 : Tanaman Anting-Anting

Daun
Ciri daun anting-anting adalah bulat dan lonjong memiliki bentuk lanset dan letaknya berseling dengan ujung pada pangkal yang lancip serta pada tepi daun anting-anting ini bergerigi. Panjangnya dari daun anting-anting ini 2,5 hingga 8 cm dan memiliki lebar 1,5 hingga 3,5 cm.

Bunga
Ciri Bunga anting-anting memiliki kelamin tunggal dan berumah satu yang keluar dari ketiak daun, bunganya kecil-kecil yang terkumpul dalam suatu rangkaian yang memiliki bentuk malai

Batang
Ciri Tanaman anting-anting Memiliki batang dengan tinggi sekitar 30 sampai 60 cm, memiliki garis memanjang yang kasar

Buah
Ciri Buah anting-anting berbentuk bulat, warna hitam.

Biji
Tanaman Anting-anting memiliki biji berbentuk bulat panjang berwarna coklat

Tanaman obat anting-anting

Gambar 2 : Tanaman Obat Anting-Anting

Untuk dapat meyakinkan apakah pohon tersebut adalah pohon anting – anting atau tidak kita dapat mengeceknya dengen tes sederhana, yaitu cuukup dengan mencabut pohon tersebut hingga ke akar lalu biarkanlah beberapa saat, maka secara otomatis akan berdatangan kucing – kucing untuk memakan akar tanaman tersebut. Karena memang bagian akarnyalah yang bermanfaat bagi berbagai macam penyembuhan. Bahkan untuk kucing sekalipun dapat berguna untuk melancarkan pencernaannya.

ciri ciri tanaman anting-anting

Gambar Tanaman Anting-Anting dan Kucing

Anting-anting banyak ditemukan di pinggir jalan, lapangan rumput, dan lereng gunung. Anting-anting adalah tanaman herba semusim

Cara budidaya Tanaman Anting:
Perbanyakan tanaman dengan menggunakan biji. Tanaman ini sangat mudah dipelihara dan seperti tanaman lain juga membutuhkan air dengan penyiraman merata atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar. Tanaman ini menghendaki tempat yang cukup sinar matahari dan sedikit agak terlindung.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN ANTING-ANTING

Komposisi dari tanaman anting-anting adalah banyak mengandung zat yang memberikan rasa sejuk. Salah satu zat yang dikandung adalah astringen yang dapat digunakan untuk menghentikan perdarahan (hemostatik).

Asam karbonat yang terkandung pada tumbuhan anting-anting memberikan efek antidiabetik, antioksidan, anti aging, glucoronidase inhibitor. Kemudian kandungan tanin memiliki dampak xamthin oxidase inhibitor, dan antioksidan. zat kaempferol berfungsi sebagai lipoxygenase inhibitor

download lagu dangdut

C. KHASIAT DAN MANFAAT ANTING-ANTING

Berikut adalah manfaat anting-anting untuk pengobatan :

Anting-anting dapat mengobati berak darah, mimisan dan batuk.
Cara Meramu Obat: Anda siapkan 30-60 gram anting-anting kering, Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Lalu dinginkan dan diminum 2 kali sehari sekali minum 1/2 gelas.

Anting-Anting untuk mengobati Disentri
Cara Meramu Obat: caranya sama dengan cara mengobati berak darah, mimisan dan batuk. Hanya saja minum ramuan ini secara teratur 5-10 hari.

Anting-Anting untuk mengobati Diare dan Muntah Darah
Cara Meramu Obat: Siapkan 30-60 gram anting-anting kering kemudian di rebus dengan 2 gelas air hingga tersisia 1 gelas saja. Lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas

Anting-Anting untuk mengobati Pendarahan dan Luka Bakar
Cara Meramu Obat: Untuk mengatasi pendarahan dan luka bakar cukup lumatkan anting-anting segar secukupnya lalu campur dengan gula pasir secukupnya, Kemudian tempelkan pada bagian yang luka.

D. KLASIFIKASI ILMIAH ANTING-ANTING

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Anting-Anting

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Euphorbiales
Familia (Suku): Euphorbiaceae
Genus (Marga): Acalypha
Species (Jenis): Acalypha australis Linn

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN ANTING-ANTING
Nama Latin Anting-Anting : Acalypha australis
Nama-Nama Lokal Anting-Anting : Cekamas, Lelatang, Kucing-kucingan,Rumput kekosongan, Rumput bolong-bolong
Nama Cina: Tie xian

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Anting-Anting yang meliputi Ciri-ciri Anting-Anting, Klasifikasi Anting-Anting, kandungan zat atau nutrisi Anting-Anting serta khasiat dan manfaat Anting-Anting sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

tanaman anting anting | daun anting anting | ciri-ciri tanaman anting-anting | pohon anting anting | bunga anting anting | rumput anting anting | tumbuhan anting anting | daun anting antingan | manfaat akar anting anting | ciri ciri daun perah |
Anting-Anting- Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 29 Nov 2014. Anting-Anting- Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN ANTING-ANTING Berikut ini adalah ciri-ciri fisik tanaman anting : Daun Ciri daun anting-anting adalah bulat dan lonjong memiliki bentuk lanset dan letaknya berseling dengan ujung pada pangkal yang lancip serta pada tepi daun anting-anting ini bergerigi. Panjangnya dari daun anting-anting ini 2,5 hingga 8 cm dan memiliki lebar 1,5 hingga 3,5 […]

4.9 Ahli Pengobatan
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...