Baru Cina

Loading...

Lagi-lagi tanaman dengan sufiks Cina, dulu kami pernah mengulas mengenai tanaman petai cina, ketepeng cina, dan pacar cina, sekarang kita akan bahas tentang tanaman baru cina.
Artemisia_vulgaris

Tanaman ‘baru cina’ adalah sejenis tanaman herba yang daun, tangkai, serta akarnya dapat digunakan sebagai obat, tumbuh di area yang bertanah lembab, kaya akan humus dan hara. Tanaman ini masih famili dengan kenikir. Tanaman ini tumbuh liar di hutan, di ladang dan bisa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat dan juga dimanfaatkan sebagai bahan masakan.

Tanaman ini bisa dinikmati sebagai bahan lalapan. Caranya ialah dengan mengambil pucuk muda, rasanya lemak-lemak pahit dan pedas.

Tanaman ‘barucina’ merupakan tanaman herbal yang tumbuh di Asia, Amerika Utara, dan Eropa Utara.
Daun dan bunga dari tumbuhan ini merupakan makanan sejumlah spesies Lepidoptera (kupu-kupu). tanaman ini memiliki aroma tajam, tetapi aromanya sedikit berbeda dengan aroma pada kenikir.
Kandungannya yang hampir serupa dengan daun kenikir membuatnya memiliki kemampuan yang mirip dengan kenikir, cara perbanyakannya dapat dilakukan dengan stek atau biji.

Baru-baru ini popularitasnya meningkat seiring munculnya berbagai informasi terkait manfaatnya untuk sistem reproduksi dan kesehatan genital pada wanita.
Di Cina dan Jepang biasa digunakan dalam pengobatan masalah Hati, Limpa dan Ginjal.

A. CIRI-CIRI TANAMAN BARU CINA

BATANG
Batang berkayu, bulat, bercabang, putih susu. Seringkali ada warna ungu kemerahan.
Merupakan herba setengah berkayu, percabangan banyak, beralur dan berambut.

DAUN
Daun tunggal, berbentuk bulat-telur dengan tepi berbagi menjari ujung meruncing, panjang 8-12 cm, lebar 6-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan daun atas berwarna hijau, permukaan bawah keputih-putihan, kedua permukaan daun berambut halus.

BUNGA
Merupakan bunga majemuk, kecil-kecil (lebar 5 mm), berwarna kuning muda berbentuk bonggol tersusun dalam rangkaian berbentuk malai yang tumbuh menunduk, keluar dari ketiak daun dan ujung tangkai.
Ujung tangkai benang sari berwarna kuning, kepala putik bercabang dua, berwarna ungu kecoklatan. Biasa berbunga dari bulan Juli sampai September.

BUAH, BIJI, AKAR
Buah kecil-kecil, berbentuk jarum, berwarna coklat, Akar tunggang berwarna kuning kecoklatan.

gambar-pohon-baru-cina

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BARU CINA

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman BARU CINA antara lain : Tanaman ini mengandung senyawa minyak menguap, amirin dan fernenol yang berkhasiat sebagai obat.

Dalam daun barucina terkandung sejumlah senyawa penting selain vitamin B, vitamin E, magnesium, zat besi mangan, fosfor, dan kalsium. Beberapa senyawa itu antara lain rindentin, quercetin, flavonoid, saponin, terpenoid, tokoferol, atsiri, alfa amirin, fernerol, cineole, karyophellene, dan beberapa senyawa penting lain.

Akar dan batang mengandung inulin (mengandung artemose), cabang oxytocin, yomogi alcohol, dan ridentin.

Sifat kimiawi : rasa pahit, pedas, hangat.
Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian : Injeksi ekstrak daun baru cina pada perobaan binatang menigkatkan efek sedative (penenang), Ekstrak air daun baru cina pada percobaan tabung memperlihatkan adanya rangsangan otot uterus (kandungan).

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN BARU CINA

khasiat-manfaat-tanaman-barucina

  • Sebagai anti kanker
    Menurut sebuah riset yang diadakan di University of Washington dan diterbitkan dalam jurnal resmi Universitas pada tahun 2012, dikatakan bahwa daun barucina memiliki kemampuan apoptosis sehingga memicu sel kanker mematikan dan menghancurkan diri mereka sendiri. Bahkan diyakini efektifitas terapi daun barucina terhadap kanker bisa mencapai 98% di stadium rendah.
  • Sebagai anti malaria
    Di beberapa negara kawasan Indocina, tanaman barucina dikenal sebagai obat anti malaria. Aroma kuatnya ditambah dengan rasa getir yang dihasilkan dari tanaman ini mengandung flavonoid khusus yang baik untuk mengatasi virus malaria dan membangun sistem imunitas untuk mendorong imunitas.
  • Mengatasi peradangan
    Terdapat sifat anti inflamasi dalam daun barucina yang membuatnya sangat cocok mengatasi peradangan. Itu sebabnya kompres daun barucina dikenal baik untuk membantu mengatasi luka terbuka, sariawan, pembengkakan, iritasi kulit sampai keluhan peradangan pada kelenjar seperti gondok dan pembengkakan pada kelenjar ASI.
    Mengkonsumsi air rebusan daun barucina juga bagus untuk mengatasi radang tenggorokan, radang pada pencernaan dan peradangan lainnya.
  • Menyehatkan reproduksi wanita
    Tanaman Barucina membantu mengendalikan fungsi produksi hormonal pada otak dan membantu kondisi dimana kandungan mengandung banyak toksin yang merusak keseimbangan produksi hormonal.
    Selain itu, dalam salah satu penelitian IPB yang tercantum dalam laman resminya dikatakan bahwa daun barucina mengandung rindentin yang membantu menguatkan struktur jaringan pada dinding rahim, memperbaiki kondisi sel endometrium pada rahim sehingga menunjang proses perlekatan telur.
  • Membantu menyehatkan kondisi genital
    Kandungan anti inflamasi, anti peradangan dan anti bakteri dalam daun barucina diketahui membantu mengatasi keluhan infeksi pada rahim dan serviks. Mengatasi keluhan jamur, bakteri, virus dan mengatasi keputihan. Mengembalikan kondisi alkali dalam serviks dan mengembalikan kondisi liang rahim pada kondisi normal. Termasuk mencegah serta berperan mengatasi terbentuknya kista, miom dan berbagai sel abnormal lain dengan fungsi karsinogennya.
  • Mengatasi ayan
    Khasiat yang satu ini masih diperlukan riset yang lebih mendalam untuk menguatkan fakta, namun daun barucina sendiri sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat anti ayan.
    Beberapa ahli herbal meyakini kemampuannya untuk mengatur fungsi kinerja otak dan kemampuan untuk membantu menyeimbangkan produksi hormonal akan berperan membantu mengendalikan ketegangan saraf yang kerap memicu kumatnya pasien ayan.

Cara Meracik Tanaman barucina sebagai obat

loading...
  • Untuk mengobati Kutil (veruka)
    sediakan Daun segar baru cina secukupnya dicuci bersih lalu digiling halus. Daun yang sudah lumat lalu ditempelkan pada kutil. Lakukan 3-4 kali sehari, selama ± 30 hari.
  • Mengobati Lemah syahwat
    Ambil Biji baru cina sebanyak 15-45 g digiling halus. Tambahkan air hangat secukupnya, lalu diminum sekaligus.
  • Mengobati Ayan
    Ambil Akar baru cina sebanyak 1 genggam, jahe dan gula enau masing-masing sebesar ibu jari, dicuci lalu dipotong-potong secukupnya. Masukan 4 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1 gelas.
  • Sakit tenggorok, batuk berdahak
    Herba baru cina segar secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk sampai lumat. Peras dan saring, sampai air perasannya terkumpul ½ cangkir. Minum sekaligus. Sehari 2 kali, lakukan setiap hari sampai sembuh.
  • Mengobati Disentri
    Herba segar baru cina sebanyak 20 g dan jahe segar seukuran ibu jari dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Minum pagi, siang, dan malam hari, masing-masing 13 gelas.
  • Nyeri ulu hati, gangguan pencernaan, gangguan haid
    dediakan daun baru cina segar sebanyak 15 g diseduh dengan 3 gelas air mendidih. Minum seperti teh.
  • Mengatasi Nyeri haid
    Daun baru cina sebanyak 20 g dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih selama 20 menit. Setelah dingion disaring lalu dibagi untuk 2 kali minum. Pagi dan sore.
  • Mengobati Bisul
    Daun segar secukupnya dicuci lalu ditumbuk halus. Turapkan pada bisul.
  • Mengobati Wasir
    Daun segar secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Panaskan sebentar di atas api kecil. Hangat-hangat digunakan untuk menurap wasir.
  • Mencegah penyakit kewanitaan
    Pucuk batang baru cina berikut bunganya sebanyak 30 g diseduh dengan air mendidih. Minum sebagai the. Bila ingin diminum dingin, tambahkan sedikit gula dan susu.
  • Terlalu banyak memakai opiat
    Minum jus herba baru cina sebanyak ¾ cangkir.
  • Mengobati Rematik
    Daun baru cina segar secukupnya digiling halus. Bahan tersebut lalu ditim. Hangat-hangat digunakan untuk menurap bagian yang sakit.

Cara membuat teh daun baru cina : daun baru cina yang sudah diiris tipis lalu diambil sebanyak 1 sendok teh. Bahan tersebut lalu diseduh dengan 1 cangkir air panas. Biarkan sampai dingin. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Sehari minum 3 sampai 4 kali, masing-masing 2 sendok teh. Khasiat : sebagai tonik, stimulant,. Diaforetik, dan emenagog.

Efek Samping
Sekitar 30% pasien yang menggunakan rebusan herba ini mempunyai keluhan mulut kering, rasa tidak enak di lambung, mual, muntah, mencret dan pusing. Keluhan ini tidak timbul bila menggunakan minyak daunnya.

Catatan : Jangan menggunakan daun baru cina pada anak-anak atau yang sedang hamil dan menyusui sampai penelitian lebih lanjut tersedia.
Perlu diketahui akan gejala overdosis seperti muncul nyeri dan kejang. Jika gejala ini terjadi, penggunaan herbal baru cina harus dihentikan.
Belum ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja tanaman herbal ini. Untuk lebih jelasnya bisa anda diskusikan dengan ahli herbal atau dokter anda.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BARU CINA

klasifikasi-tanaman-baru-cina

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI BARU CINA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Asterales
Familia (Suku): Asteraceae ⁄ Compositae – Aster family
Genus (Marga): Artemisia L. – sagebrush
Species (Jenis): Artemisia vulgaris L. – common wormwood

Sinonim :

  • Artemisia Chinensis
  • Artemisia selengensis Turcz. ex Besser
  • Artemisia tilesii Ledeb. var. aleutica (Hultén) S.L. Welsh
  • Artemisia unalaskensis Rydb.
  • Artemisia unalaskensis Rydb. var. aleutica Hultén
  • Artemisia igniaria
  • Artemisia indica
  • Artemisia integrifolia
  • Artemisia moxa
  • Artemisia lavandulaefolia
  • Artemisia vulgaris L. var. coarctata Forselles ex Besser
  • Artemisia vulgaris L. var. glabra Ledeb.
  • Artemisia vulgaris L. var. kamtschatica Besser
  • Artemisia vulgaris L. var. latiloba Ledeb.
  • Artemisia vulgaris L. var. selengensis (Turcz. ex Besser) Maxim.
  • Artemisia vulgaris L. var. vulgaris

NAMA-NAMA LAIN BARU CINA
Bahasa Daerah : Baru cina (Nama umum), Baru cina (Melayu), Daun Sundamala (Melayu), Daun manis (Melayu), Beungkar kucing (Sunda), Suket gajahan (Jawa Tengah), Rumput gajah (Jawa Tengah), Kolo (Halmahera), Goro-goro cina (Ternate.
Nama Internasional : mugwort, common wormwood
Nama lain: felon herb, chrysanthemum weed, wild wormwood, old Uncle Henry, sailor’s tobacco, naughty man, old man atau St. John’s plant.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BARU CINA yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Tinggalkan komentar