Bawang Merah – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman bawang merah, tentunya semua sudah mengenal tanaman yang satu ini, akan tetapi sudah tahukah anda khasiat dan manfaatnya, berikut ini adalah pembahasan lengkap seputar tanaman bawang merah, meliputi ciri-ciri tanaman, kandungan zat, manfaat dan klasifikasinya
gambar tanaman bawang merah

A. CIRI-CIRI TANAMAN BAWANG MERAH

Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil dan di bagian tengah menggembung, bentuknya seperti pipa yang berlubang di dalamnya. Tangkai tandan bunga ini sangat panjang, lebih tinggi dari daunnya sendiri dan mencapai 30–50 cm. Bunga bawang merah termasuk bunga sempurna yang tiap bunga terdapat benang sari dan kepala putik. Bakal buah sebenarnya terbentuk dari 3 daun buah yang disebut carpel, yang membentuk tiga buah ruang dan dalam tiap ruang tersebut terdapat 2 calon biji.Buah berbentuk bulat dengan ujung tumpul. Bentuk biji agak pipih. Biji bawang merah dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara generatif.
gambar petani bawang merah

DESKRIPSI TANAMAN BAWANG MERAH
Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum (L) Back) merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur.

Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BAWANG MERAH

Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BAWANG MERAH

Selain enak dimakan sebagai bawang goreng (bawang merah goreng) ternyata juga banyak manfaat kesehatan yang diperoleh, berikut ini adalah manfaat dari khasiat bawang merah
gambar bawang merah kupas

download lagu dangdut
  • Bawang merah untuk Diabetes
    Salah satu zat yang terkandung di dalam bawang merah ini adalah Tolbutomid yang ternyata bisa membantu untuk mengontrol gula darah di dalam hati. dan mengatur pelepasan insulin juga mencegah adanya gangguan yang mempengaruhi produksi insulin di dalam tubuh.
  • Mengontrol Kadar Kolesterol
    Bawang Merah juga mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
  • Mencegah Kanker
    Pada bawang merah mengandung banyak senyawa belerang juga sulfur. Senyawa inilah yang dapat melindungi tubuh dari berbagai risiko kanker seperti kanker payudara, kanker lambung, kanker prostat, kanker usus dan kanker paru-paru.
  • Atasi Radang Tenggorokan
    Cobalah untuk mengkonsumsi bawang merah mentah. Nutrisi yang terkandung dalam bawang merah dipercaya sangat baik untuk mengatasi radang tenggorokan.
  • Menurunkan Berat Badan
    Konsumsi bawang merah mentah selama menjalankan program diet setidaknya 3 sampai 4 siung setiap hari. Kromium yang terkandung dalam bawang akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.
  • Menyembuhkan Sembelit
    Dengan mengkonsumsi bawang merah setiap hari maka akan membantu proses pembuangan racun dalam tubuh. Maka dari itu jika Anda penderita sembelit makanlah bawang merah mentah. selain sangat baik bagi pencernaan serta mengatasi sembelit. Bawang merah efektif pula dalam menyembuhkan cacingan dan mengobati sakit perut.
  • Mengatasi sengatan serangga
    Untuk mengobati sengatan serangga, gosok daerah yang terkena dengan bawang merah yang dihaluskan untuk meredakan rasa sakit. Bawang merah mengatasi gigitan nyamuk, sengatan lebah atau tawon, dan kalajengking.
  • Bawang Merah untuk kekebalan tubuh
    Campur jus bawang merah dengan madu dan konsumsi satu sendok teh campuran ini tiga kali sehari. Ini efektif mengatasi bronkitis, influenza, pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Termasuk membantu mencairkan dahak.
  • Menghilangkan racun
    Goreng empat potong irisan bawang merah. Makan selama 14 hari untuk membantu hati dalam menghilangkan racun dari tubuh.
  • Bawang merah untuk kesehatan gigi atau Mulut
    Mengunyah bawang merah selama 3 menit setiap hari di pagi hari akan menghancurkan bakteri pada gigi Anda.
  • Baik untuk rambut dan obat memar
    Gosok jus bawang merah setiap hari pada kulit kepala Anda untuk membantu pertumbuhan rambut dan mengatasi ketombe. Anda juga dapat menggunakan bawang merah untuk memar. Jika punya problem bisul, minumlah jus bawang merah dicampur wortel.
  • Memperlambat pikun
    Selain membantu fungsi kerja otak dan efektif bagi penderita alzheimer, bawang merah juga dapat mengurangi resiko osteoporosis hingga 20 persen, sekaligus membantu ahgar kulit tetap cantik.
  • Baik bagi penglihatan
    Jus bawang merah meningkatkan daya penglihatan. Bawang merah kaya akan sulfur, sistein, dan lesitin yang melindungi mata Anda dari pembentukan katarak.
  • Sebagai Bahan Aroma Therapy
    Bawang merah merupakan sebagai pengganti dari amoniak yang memiliki aroma, bau yang menusuk kedalam hidung, dan merangsang darah, fungsi pernapasan, dan juga fungsi saraf. Maka hal yang seperti ini dapat membantu dalam pertolongan pertama pada seseorang yang tidak sadarkan diri atau pingsan.
  • Mengobati sakit telinga
    Beberapa Tetes Jus bawang merah ini Benar-benar Telah terbukti dan sangat bermanfaat bagi individu yang menderita sakit telinga akut, Dan suara dering pada telinga dapat di sembuhkan dengan mererapkan Jus bawang merah melalui kapas.
  • Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk mengobati jerawat pada wajah
    Jus yang terbuat dari bawang merah, Madu dan minyak zaitun ternyata dapat membantu dalam pengobatan dan peratan jerawat.
  • Manfaat bawang merah untuk alis
    Bawang merah mengandung sulfur (belerang) yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut (termasuk alis) dan menebalkannya. Ambillah cairan bawang dan gunakan cotton bud untuk mengoleskan cairannya ke alis mata. Diamkan 15 menit dan bilas sampai bersih.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BAWANG MERAH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI BAWANG MERAH
klasifikasi bawang merah

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Liliidae
Ordo (Bangsa): Liliales
Familia (Suku): Liliaceae (suku bawang-bawangan)
Genus (Marga): Allium
Species (Jenis): Allium cepa var. aggregatum L.

NAMA-NAMA LAIN BAWANG MERAH
Indonesia: Bawang merah, bawang beureum, brambang
Inggris: Shallots, golden shallots
Melayu: Bawang merah
Vietnam: Hanh cu, hanh ta
Thailand: Horm daeng, horm dang
Pilipina: Sibuyas
Cina: Huo cong
Jepang: Esharetto

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BAWANG MERAH yang meliputi Ciri-ciri BAWANG MERAH, Klasifikasi BAWANG MERAH, kandungan zat atau nutrisi BAWANG MERAH serta khasiat dan manfaat BAWANG MERAH sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri bawang merah | ciri ciri tanaman bawang merah | ciri-ciri bawang merah | ciri bawang merah | nama latin bawang merah | ciri-ciri bawang merah yang bagus | karakteristik tanaman bawang merah | daun bawang merah bisa dimakan | karakteristik bawang merah | gambar tanaman bawang merah |
Bawang Merah – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 05 Agu 2016. Bawang Merah – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman bawang merah, tentunya semua sudah mengenal tanaman yang satu ini, akan tetapi sudah tahukah anda khasiat dan manfaatnya, berikut ini adalah pembahasan lengkap seputar tanaman bawang merah, meliputi ciri-ciri tanaman, kandungan zat, manfaat dan klasifikasinya A. CIRI-CIRI TANAMAN BAWANG MERAH Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...