Bayam Merah – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI BAYAM MERAH

BATANG
Herba tegak ini mempunyai tinggi sekitar 80-120cm, batang lemah dan berair.
DAUN
Daunnya berbentuk jantung terbalik yang disetiap ruasnya erdapat 2 daun berhadapan (ada yang berwarna merah dengan urat daun kekuningan dan ada pula warna hijau berurat kemerahan), Lebar daun 5-7 x 3-4cm dan bertangkai.
BUNGA
Bunganya kecil-kecil bermahkota seperti selaput, membentuk mayang diketiak daun dan puncak batang.
BUAH dan BIJI
Buahnya bulat panjang kecil dan berbiji satu.

gambar tanaman bayam merah

Photo : Tanaman Bayam Merah

DESKRIPSI BAYAM MERAH
Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias, sekarang tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang, tanaman bayam berasal dari Amerika tropik dan mudah tubuh dan tersebar di daerah tropis dan subtropics di seluruh dunia.

gambar bayam merah

Photo : Bayam Merah

Bayam yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran dikenal dengan bayam cabutan (bayam sekul) terdapat 3 varietas bayam yang termasuk kedalam Amaranthustricolor, yaitu :
1. Bayam hijau biasa, bayam merah (blitum rubum) yang berwarna hijau keputih – putihan.
2. Daun dan batang bayam merah mengandung cairan warna merah. Selain A. Tricolor terdapat bayam jenis lain.
3. Bayam kakap (A. Hybridus) bayam duri (A. Spinosus) dan bayam kotok / bayam tanah (A Blitum).

Jenis bayam yang sering dibudidayakan adalah A. Tricocor dan A. Hybridus sedangkan jenis bayam lainnya tumbuh liar, Dibandingkan bayam hijau, bayam merah kurang populer, meskipun kaya akan gizi.
Khasiat dari bayam secara umum adalah dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri. Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata, lalu saring. Untuk pengobatan, minum air saringannya sekaligus.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BAYAM MERAH

Dalam bayam merah terdapat vitamin A, B1, B2, C, dan niasin, juga mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, lemak, karbohidart, dan fosfor. Mengandung banyak serat dan di dalam daunnya terdapat karotein, klorofil, dan saponin. Pada batangnya ditemukan alkaloid, flavonoid, dan polifenol.
Nilai Gizi Bayam Merah per 100 gr.
Energi = 51 kkal
Protein = 4,6 gr
Lemak = 0,5 gr
Karbohidrat = 10 gr
Kalsium = 368 mg
Fosfor = 111 mg
Zat Besi = 2 mg
Vitamin A = 5800 IU
Vitamin B1 h = 0,08 mg
Vitamin C = 80 mg

C. KHASIAT DAN MANFAAT BAYAM MERAH

Khasiat tanaman bayam secara umum adalah dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri. Bayam termasuk sayuran berserat yang dapat digunakan untuk melancarkan proses buang air besar. Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol, darah tinggi dan menurunnya berat badan. Infus daun bayam merah 30% per oral dapat meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin dan hematokrit kelinci yang dibuat anemia secara nyata.

Bayam digunakan untuk membantu melancarkan proses buang air besar karena kandungan seratnya cukup banyak. Makanan berserat seperti bayam, baik bagi penderita kanker usus besar, kencing manis, koleterol tinggi dan untuk menurunkan berat badan. Kegunaan bayam merah antara lain :

download lagu dangdut
  • Bayam Merah dapat meningkatkan kerja ginjal dan bersihkan darah sehabis bersalin.
    Jika Anda ingin meningkatkan kerja ginjal, membersihkan darah sehabis bersalin maka konsumsilah bayam merah sebagai sayur, dimasak dalam bentuk sayur bening.
  • Khasiat Bayam Merah untuk Anemia.
    Cuci 2 genggam daun bayam merah, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm air jeruk nipis lalu saring. Kemudian tambahkan 1 sdm madu dan sebutir telur ayam kampung, aduk hingga rata. Minumlah ramuan ini 1 kali sehari selama seminggu. Selanjutnya pengobatan dapat dilakukan 2 x seminggu hingga penyakit sembuh.
  • Manfaat Bayam Merah untuk Mengobati Disentri.
    Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh dan aduk rata lalu saring. Minumlah air saringan tersebut sekaligus.
  • Bayam Merah untuk Mempekuat Akar Rambut.
    Cuci bersih seikat bayam segar, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan garam seujung sendok teh sambil diaduk rata, selanjutnya peras dan saring. Lalu minumlah sekaligus, lakukanlah hal demikian 2 – 3 kali seminggu.

Kontra Indikasi : Bagi penderita kadar asam urat darah yang cukup tinggi dan rematik Gout dilarang mengkonsumsi bayam terlalu banyak, karena sayur ini mengandung purin yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, purin akan dimetabolisir menjadi asam urat. Jika Anda memasak sayur bayam, sebaiknya dikonsumsi sebelum didiamkan selama 4-5 jam. Bayam yang sudah dimasak dan lama didiamkan akan beroksidasi dengan udara, sehingga bayam menjadi beracun bagi tubuh.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BAYAM MERAH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi BAYAM MERAH

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Amaranthaceae (suku bayam-bayaman)
Genus (Marga): Alternanthera
Species (Jenis): Alternanthera amoena Voss

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BAYAM MERAH yang meliputi Ciri-ciri BAYAM MERAH, Klasifikasi BAYAM MERAH, kandungan zat atau nutrisi BAYAM MERAH serta khasiat dan manfaat BAYAM MERAH sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

1000 manfaat bayam merah | manfaat bayam merah | bayam merah | bunga bayam merah | ciri ciri bayam merah | ciri ciri tanaman bayam | morfologi bayam merah | klasifikasi bayam merah | ciri ciri bayam | ################### |
Bayam Merah – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 09 Des 2014. Bayam Merah – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI BAYAM MERAH BATANG Herba tegak ini mempunyai tinggi sekitar 80-120cm, batang lemah dan berair. DAUN Daunnya berbentuk jantung terbalik yang disetiap ruasnya erdapat 2 daun berhadapan (ada yang berwarna merah dengan urat daun kekuningan dan ada pula warna hijau berurat kemerahan), Lebar daun 5-7 x 3-4cm dan bertangkai. BUNGA Bunganya kecil-kecil bermahkota […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...