Belimbing Manis – Ciri-Ciri, Manfaat dan Khasiatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN BELIMBING MANIS

Belimbing manis merupakan tanaman yang berbuah sepanjang tahun, jadi tidak menunggu adanya musim.
Pohon ini bercabang banyak dan berbatang keras dengan tinggi 5-12 meter, berasal dari jawa dan kalimantan, banyak ditanam orang di pekarangan atau halaman rumah sebagai tanaman buah dan sebagai peneduh halaman yang sempit.

tanaman obat belimbing manis

Gambar Tanaman Belimbing Manis

Perbanyakan tanaman ini bisa dilakukan dengan biji dan cangkok.
Daunnya bersirip ganjil dan berwarna kekuningan sampai hijau muda, bunganya kecil dalam untaian yang berwarna putih kemerahan.

khasiat dan manfaat buah belimbing manis

Gambar Buah Belimbing Manis

Buahnya seperti buni, bulat memanjang sekitar 4-13 cm, dengan 5 rusuk yang tajam dengan kulit buah yang tipis, warna buahnya hijau bila masih muda dan kuning jika sudah masak serta banyak mengandung air, Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang, Berbiji kecil dan berwarna coklat.

Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis. Tanaman ini sangat menyukai tanaman yang asam dan air yang cukup banyak, terlebih lagi bila hidup ditempat yang teduh.

B. KANDUNGAN NUTRISI BUAH BELIMBING MANIS

Kandungan Gizi dalam 100 g Buah Belimbing :
Kalori 36 kal
Protein 0,4 g
Lemak 0,4 g
Karbohidrat 8,8 g
Serat 4 g
Kalsium 12 mg Fosfor 1,1 mg
Zat Besi 170 mg
Vitamin A 0,03 IU
Vitamin B1 35 mg
Vitamin C 90 mg
Air 86 g

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH BELIMBING MANIS

Belimbing manis merupakan buah yang kaya vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan kalium. Yang patut diperhitungkan juga adalah seratnya, terutama serat pektin yang berguna bagi kesehatan pembuluh darah.
Buah ini memiliki banyak sari (air), sehingga memungkinkan untuk dibuat wine buah.
Selain dikonsumsi sebagai buah meja, belimbing ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai peluruh air kencing, mengatasi kolesterol, hingga hipertensi.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah belimbing manis untuk kesehatan tujbuh manusia seperti dilansir IntisariOnline:

Mengatasi Hipertensi
Entah mengapa buah ini sering dianjurkan untuk diasup oleh para penderita hipertensi. Besar kemungkinan karena buah ini kaya kalium yang membuat pengasupnya sering buang air kecil (diuretik) sehingga tekanan darah pun terkendali. Selain itu, serat yang terkandung, terutama pektin, mampu menyerap lemak sehingga ikut membantu menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Berkat kandungan pektin yang merupakan serat kasar, kolesterol dan asam empedu akan diikat oleh serat ini agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah. Alhasil, kadar kolesterol dalam tubuh pun turun.

download lagu dangdut

Melancarkan Buang Air Kecil
Buah yang banyak airnya dan mengandung kalium ini berkhasiat memperlancar masalah buang air kecil, serta tidak memberi kesempatan terbentuknya batu ginjal sekaligus menyehatkan ginjal.

Menurunkan Berat Badan
Buah yang banyak mengandung air ini kadar kalorinya sangat rendah sehingga cocok diasup oleh mereka yang sedang berniat menurunkan berat badan (karena harus mengurangi asupan kalori). Serat yang terkandung pada belimbing pun berperan besar dalam melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit.

Mengatasi Gangguan Hati
Khasiat antiradang yang terdapat pada belimbing disebut-sebut baik untuk membantu gangguan liver.

Buah ini juga cocok sebagai pelepas dahaga karena mengandung banyak air dan sifatnya yang menyegarkan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH BELIMBING MANIS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi belimbing manis

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Geraniales
Familia (Suku): Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
Genus (Marga): Averrhoa
Species (Jenis): Averrhoa carambola L

NAMA-NAMA LAIN BLIMBING MANIS
Nama Latin (Binomial): Averrhoa carambola
Nama Lokal Lainnya: Indonesia ( Belimbing manis, blimbing (Jawa), balingbing (Sunda)),(Inggris: Star Fruit),(
Thailand: Mafuang),(Pilipina: Balimbing),(Cina: Yang tao),(Jepang: Gorenshi)

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Belimbing Manis yang meliputi ciri-ciri Belimbing Manis, klasifikasi Belimbing Manis, kandungan zat atau nutrisi Belimbing Manis serta khasiat dan manfaat Belimbing Manis sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri belimbing | ciri ciri pohon belimbing | Ciri ciri buah belimbing | ciri ciri tanaman belimbing | ciri belimbing | ciri ciri tumbuhan belimbing | pohon belimbing | ciri-ciri buah belimbing | ciri buah belimbing | ciri ciri daun belimbing |
Belimbing Manis – Ciri-Ciri, Manfaat dan Khasiatnya Ahli Pengobatan 05 Des 2014. Belimbing Manis – Ciri-Ciri, Manfaat dan Khasiatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN BELIMBING MANIS Belimbing manis merupakan tanaman yang berbuah sepanjang tahun, jadi tidak menunggu adanya musim. Pohon ini bercabang banyak dan berbatang keras dengan tinggi 5-12 meter, berasal dari jawa dan kalimantan, banyak ditanam orang di pekarangan atau halaman rumah sebagai tanaman buah dan sebagai peneduh halaman yang sempit. Perbanyakan tanaman ini […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...