Belimbing Wuluh, Ciri-Ciri Tanaman, Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN BELIMBING WULUH

Bentuk Buah belimbing wuluh kecil lonjong dan berwarna hijau, kalau sudah matang/tua berwarna agak kekuningan, belimbing wuluh biasa juga disebut dengan belimbing sayur.

buah belimbing wuluh

Gambar Buah Belimbing Wuluh

Tumbuhan ini sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Belimbing wuluh biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya. Buahnya yang memiliki rasa asam sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

belimbing wuluh tanaman obat

Gambar Tanaman Belimbing Wuluh

Kandungan dari buah belimbing wuluh mengandung banyak air, dan buahnya biasanya tumbuh bergerombol

B. KANDUNGAN ZAT/NUTRISI BELIMBUNG WULUH

Kandungan belimbing wuluh diantaranya adalah tanin, kalsium oksalat, asam format, saponin dan perosidase. Selain itu juga diketahui mengandung protein, serat, fosfor, zat besi, tiamin, niacin, vitamin C dan masih banyak lainnya.
Dalam 100 g belimbing wuluh mengandung
Energi : 32 kal
Karbohidrat : 7 g
Protein : 0.4 g
Vitamin C : 52 mg
Kalsium : 10 mg
Fosfor : 10 mg
Zat Besi : 1.0 mg

C. KHASIAT DAN MANFAAT BELIMBING WULUH

Bunga: Bunga dari tanaman belimbing wuluh dapat digunakan untuk menyembuhkan Batuk, Sariawan (stomatitis)
Daun : Daun dari tanaman belimbing wuluh dapat digunakan untuk menyembuhkan Perut sakit, Gondongan(paratitis), Rematik.
Buah : Buah dari tanaman belimbing wuluh dapat digunakan untuk menyembuhkan Batuk rejan, Busi berdarah, sariawan, sakit gigi berlubang, jerawat, panu, tekanan darah tinggi, kelumpuhan, memperbaiki fungsi pencernaan, radang rectum.
Berikut dibawah ini adalah beberapa resep obat menggunakan khasiat belimbing wuluh:

download lagu dangdut
  • Mengobati hipertensi
    Caranya dengan memotong 3 buah belimbing wuluh menjadi 3 bagian pada setiap buahnya. Kemudian rebus potongan potongan tersebut ke dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air saja. Saring dan minum ramua tersebut setelah dibiarkan dingin sesudah sarapan di pagi hari.
  • Mengobati penyakit gondongan
    Caranya, ambil 10 ranting yang masih muda dari pohon belimbing wuluh. Kemudaian cuci hingga bersih dan tumbuk bersama 4 butir bawang merah sampai menyatu dan halus. Gunakan hasil tumbukan tersbut sebagai obat dengan mengoleskannya di bagian yang sakit.
  • Mengatasi diabetes
    Caranya dengan rebus 6 buah belimbing wuluh yang sudah dibersihkan dan dihaluskan dalam segelas air. Tunggu sampai air yang direbus tinggal setengah lalu di saring. Minum rebusan air tersebut 2 kali sehari.
  • Belimbing wuluh untuk batuk
    Caranya dengan merebus buah belimbing wuluh beserta daun dan bunganya kedalam air selama setengah jam, kemudian minum air tersebut. Berbeda dengan obat batuk yang ditujukan kepada pasien anak. Caranya membuat obat batuk untuk anak ialah dengan merebus segenggam daun belimbing wuluh beserta gula secukupnya kedalam segelas air. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari.
  • Mengatasi pegal linu
    Caranya ialah, sediakan segenggam daun muda belimbing wuluh, 15 biji lada, dan 10 biji cengkih. Kemudian giling semua bahan tadi sampai halus dan tambahkan sedikit cuka. Balurkan hasil gilingan tadi ke daerah tubuh yang pegal.
  • Belimbing Wuluh sebagai obat jerawat
    Caranya tumbuk 6 buah belimbing wuluh beserta ½ sdt bubuk belerang hingga halus. Lalu campur dengan 2 sdm air jeruk nipis. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang berjerawat secara rutin 2 – 3 kali sehari.
  • Mengobati panu
    Caranya dengan menumbuk hingga halus 10 buah belimbing wuluh beserta kapur sirih sebesar ibu jari tangan. Setelah tercampur rata, usapkan ramuan tersebut ke bagian kulit yang terkena panu 2 kali dalam sehari secara rutin.
  • Sebagai obat sariawan
    Sediakan 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala yang masih muda, dan ¾ sendok teh adas dan polasari. Tumbuk semua bahan sampai halus. Ambil airnya dengan cara meremasnya dan campur dengan 3 sdm minyak kelapa. Saring dan oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH BELIMBING WULUH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi belimbing wuluh

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Geraniales
Familia (Suku): Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
Genus (Marga): Averrhoa
Species (Jenis): Averrhoa bilimbi L

NAMA-NAMA LAIN BELIMBING WULUH
Nama Latin (Binomial): Averrhoa bilimbi L
Nama Lokal Lainnya: Aceh: Limeng ungkot, bohlimeng. Gayo: selemeng, Batak: asom, belimbing, balimbingan. Nias: malimbi, Minangkabau: balimbieng, Melayu: belimbing asam, Lampung: balimbing, Sunda: calincing, balingbing, Jawa: blimbing wuluh, Madura: bhalingbhing bulu, Bali: blingbing buloh, Bima: limbi, Flores: balimbeng, Sawu: libi, Sangir: belerang, Banjarmasin: Belimbing tunjuk, Makassar : Bainang, Bahasa Bugis Soppeng: Caleneng.
Inggris: Bilimbi, cucumber tree
Pilipina: Kamias

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Belimbing Wuluh yang meliputi ciri-ciri Belimbing Wuluh, klasifikasi Belimbing Wuluh, kandungan zat atau nutrisi Belimbing Wuluh serta khasiat dan manfaat Belimbing Wuluh

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri belimbing wuluh | pohon belimbing wuluh | ciri pohon belimbing | deskripsi belimbing wuluh | ciri belimbing wuluh | ciri ciri tanaman belimbing wuluh | klasifikasi belimbing wuluh | bentuk belimbing wuluh | ciri-ciri belimbing wuluh | ciri ciri pohon belimbing wuluh |
Belimbing Wuluh, Ciri-Ciri Tanaman, Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 02 Des 2014. Belimbing Wuluh, Ciri-Ciri Tanaman, Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN BELIMBING WULUH Bentuk Buah belimbing wuluh kecil lonjong dan berwarna hijau, kalau sudah matang/tua berwarna agak kekuningan, belimbing wuluh biasa juga disebut dengan belimbing sayur. Tumbuhan ini sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Belimbing wuluh […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...