Bidara Upas- Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI BIDARA UPAS

Bidara upas Merupakan tanaman merayap atau membelit yang panjangnya 3-6 m, batangnya kecil bila dipegang agak licin dan warnanya agak gelap.

khasiat dan manfaat bidara upas

Gambar Tanaman Bidara Upas

Daun tunggal, bertangkai panjang, berbentuk jantung, tepi rata, ujung meruncing, panjang 5-12 cm, lebar 4-15 cm, warnanya hijau tua. Perbungaan berbentuk payung menggarpu berkumpul 1-4 bunga, bentuknya seperti lonceng berwarna putih, panjang 7-8 cm, dengan 4 helai kelopak.

umbi bidara upas

Gambar Umbi Bidara Upas

Bidara Upas adalah tumbuhan ubi-ubian yang memanjat yang kemungkinan berasal dari Filipina, Umbi berkumpul didalam tanah, mirip ubi jalar. Bila tanahnya kering dan tidak tergenang air serta gembur, beratnya dapat mencapai 5 kg atau lebih. Warna kulit umbinya kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat. Perbanyakan dengan stek batang atau menanam umbinya.
Karena kebiasaannya yang memanjat, ia perlu diberi pohon inang untuk tempat merambat.

B. KANDUNGAN ZAT BIDARA UPAS

Tumbuhan ini dilengkapi dengan banyak kandungan kimia, diantaranya damar, amilium (pati), zat pahit, zatoxydasse, dan resin.

C. KHASIAT DAN MAFAAT BIDARA UPAS

Umbi adalah Bagian dari tumbuhan bidara upas yang dijadikan obat, dan baru dimanfaatkan pada awal abad ke-20 . Sayangnya, tumbuhan ini tidak dapat dijadikan makanan/sumber karbohidrat.
Umbi tumbuhan ini bersifat sejuk, analgesik, dan bisa mentralkan racun. Bidara upas dapat menyembuhkan afeksi tenggorokan dan organ pernafasan.
Secara turun temurun, di Madura rebusan umbi bidara upas digunakan untuk menyembuhkan penyakit tuberkolosis. Setelah diadakan percobaan, bidara upas dapat menyembuhkan penyakit tuberkolosis dan tidak menyebabkan kematian kepada hewan yang diujicobakan, yakni mencit.

Getah dari tumbuhan ini juga mengandung resin, yang kemungkinan itulah dapat menyembuhkan penyakit organ pernafasan. Parutan umbi tumbuhan ini dapat digunakan untuk memperbanyak ASI. Bidara upas diketahui mengandung polifenol, triterpenoid, terpenoid, dan flavonoid.Sementara itu, getah segar tumbuhan ini mengandung zat oksidase.

Serat batang tumbuhan ini dapat juga digunakan untuk bahan pakaian, karena mengkilat seperti kain satin dan memberikan rasa sejuk kepada pemakai.

Selain itu pula, bidara upas adalah tumbuhan yang diketahui efek farmaklogisnya oleh PT Eisai Indonesia bahwa dapat mencegah penggandaan virus HIV, walau demikian, tumbuhan ini tidak dapat menghilangkan virusnya.

RESEP OBAT MENGGUNAKAN BIDARA UPAS
Berikut adalah beberapa resep ramuan obat tradisional yang menggunakan bidara upas :

download lagu dangdut
  • Batuk, Radang tenggorakan, Suara parau : Umbi bidara upas segar 8 g; Rimpang kencur 6 g; Daun sirih 3 helai; Buah kapulaga 3 g; Air secukupnya, Dipipis, Beningan untuk berkumur kemudian diminum 2 kali sehari; pagi dan sore
  • Difteri : Umbi segar bidara upas 8 g; Air matang sampai 1/4 cangkir, Umbi bidara upas diparut; kemudian diperas dengan kain saringan, Beningan digunakan untuk berkumur kemudian diminum; 2 kali sehari; tiap kali untuk orang dewasa; 2-3 sendok makan; untuk anak-anak 1 sendok makan; bila perlu dapat diencerkan dengan air matang
  • Radang usus buntu: Ambil 1/4 jari umbi bidara upas, cuci sampai bersih, kemudian parut dan jangan lupa tambahkan satu sendok gula pasir, lalu aduk hingga rata dan saring untuk di ambil air nya. Minum ramuan ini 2 kali sehari, ramuan ini dapat dicampur dengan sambiloto dan rumput mutiara.

D. KLASIFIKASI ILMIAH BIDARA UPAS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi bidara upas

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Solanales
Familia (Suku): Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
Genus (Marga): Merremia
Species (Jenis): Merremia mammosa Chois.

NAMA-NAMA LAIN BIDARA UPAS
Nama Latin (Binomial): Merremia mammosa Chois.
Nama Lokal Lainnya: Bidara upas, blanar, widara upas, haihale

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Bidara Upas yang meliputi ciri-ciri Bidara Upas, klasifikasi Bidara Upas, kandungan zat atau nutrisi Bidara Upas serta khasiat dan manfaat Bidara Upas sebagai tanaman obat

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri daun bidara | BIDARA UPAS | umbi bidara upas | nama lain daun bidara | umbi bidara | Daun bidara upas | ciri ciri pohon upas | widoro upas | ciri-ciri daun bidara | Pohon bidara upas |
Bidara Upas- Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 27 Nov 2014. Bidara Upas- Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI BIDARA UPAS Bidara upas Merupakan tanaman merayap atau membelit yang panjangnya 3-6 m, batangnya kecil bila dipegang agak licin dan warnanya agak gelap. Daun tunggal, bertangkai panjang, berbentuk jantung, tepi rata, ujung meruncing, panjang 5-12 cm, lebar 4-15 cm, warnanya hijau tua. Perbungaan berbentuk payung menggarpu berkumpul 1-4 bunga, bentuknya seperti lonceng […]

4.9 Ahli Pengobatan
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...