Bidara

Loading...

Pohon bidara merupakan tanaman yang biasa tumbuh di daerah kering dan dapat menghasilkan buah, dalam alquran juga tertulis  nama tanaman ini, pohon ini banyak terdapat di timur tengah yang memiliki iklim panas.

Tanaman bidara atau pohon bidara mempunyai nama ilmiah Ziziphus mauritiana, umumnya orang di indonesia biasa menyebutnya dengan nama widara.
fruit and seed chinese date indian jujube-ziziphus mauritiana

 

Pohon Bidara sudah banyak ditanam di Indonesia karena masyarakat telah sadar akan khasiat daun bidara dan buahnya disamping itu manfaat bidara ternyata juga di yakini ampuh sebagai penangkal sihir atau penyembuhan penyakit akibat gangguan sihir.

A. CIRI-CIRI TANAMAN BIDARA

Ziziphus mauritiana tree pohon bidara

BATANG
Tanaman perdu yang berkayu kuat6 dengan tinggi bisa mencapai 15 m. Cabang-cabang menyebar dan menjuntai, dengan ranting-ranting tumbuh semrawut dan berambut pendek.

DAUN
Daun-daun tunggal terletak berseling. Helai daun bulat telur tau lonjong, 2–9 cm x 1.5–5 cm, mengkilap di sisi atas.

BUNGA
Perbungaan berbentuk payung tumbuh di ketiak daun, berambut di luarnya dan gundul di sisi dalam, panjang sekitar 1–2 cm, berisi 7–20 kuntum. Bunga-bunga berukuran kecil sedikit harum.

BUAH dan BIJI
Buahnya batu berdaging, berbentuk oval, daging buahnya berwarna putih dengan rasa yang cukup asam. namun demikian ada sensasi rasa manis dari buah ini pada saat buah pohon bidara sudah benar-benar matang. buah berisi 1–2 inti biji yang coklat bentuk jorong

Bidara memiliki beberapa jenis atau spesies bidara, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bidara Arab (Christ’s Thom jujube)
    disebut bidara Arab karena asalnya dari negara Arab. Nama lainnya ialah Christ’s Thom jujube. Pohon tumbuh dengan baik di daerah tropis dan Asia barat. Pohon ini juga tumbuh di negara Israel khususnya di lembah-lembah hingga ketinggian lokasi 500m. Buah bidara arab bisa dikonsumsi jadi sumber gizi serta vitamin yang baik bagi tubuh.
    Sementara itu bunganya menjadi sumber madu, dimana lebah akan hinggap dan menghisap nektar karena aroma bunga yang harum.
  • Bidara Laut (Ziziphus Mauritiana)
    Tumbuh dan berkembang dengan baik di kawasan pantai atau pinggiran laut. Karakter buah bidara laut adalah rasanya yang asam dan warna buah kuning. Sedangkan untuk ciri pohon dan batang dilingkupi dengan duri.
    Duri bidara laut ini lebih besar dibandingkan duri bidara Arab.
  • Bidara Upas (merremia mammosa)
    Pohon bidara upas merupakan jenis pohon yang tidak berduri, tidak seperti bidara lain yang memiliki duri pada batang pohon. Salah satunya keistimewaan bidara upas adalah bunganya yang berwarna putih. ketinggian tanaman bisa mencapai 5 meter dengan batang kecil.Daun bidara upas mempunyai manfaat khusus, salah satunya yaitu sebagai bahan untuk pengobatan diabetes, pengobatan kencing batu, dan pengobatan sifilis.
  • Bidara Cina (Zizyphus jujube)
    Buah bidara cina memiliki banyak nama lain, antara lain : kurma cina, kurma merah, kurma korea, dan kurma india. Tanaman yang termasuk pada keluarga Rhamnaceae ini selain untuk tanaman budidaya juga jadi pohon perindang.Buahnya berwarna cokelat sampai keunguan dan keriput. Karena hal inilah maka buah ini mendapat julukan sebagai kurma kecil. Bijinya keras mirip biji tanaman zaitun.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BIDARA

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman BIDARA antara lain : Akarnya mengandung peptide alkaloid F, G, H, frangulanine, adouetine X dan benzylisoquino.
Biji mengandung cyclic AMP, acylated flavon C glicosides, jujubosid A, jujubosid B.

Dari Sumber Data Nutrisi USDA, berikut ini adalah Nilai gizi buah bidara (per 100 g) ; Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa; :

  • Energi 24,76 kJ (5,92 kkal)
  • Karbohidrat 17 g
  • Gula 5.4-10.5 g
  • Serat makanan 0,60 g
  • Lemak 0,07 g
  • Protein 0,8 g
  • Air 81.6-83.0 g
  • Tiamin (Vit B1) 0,02-0,024 mg
  • Riboflavin (Vit B2) 0,02-0,038 mg
  • Niasin (Vit B3) 0,7-0,873 mg
  • Kalsium 25,6 mg
  • Zat Besi 0,76-1,8 mg
  • Fosfor 26,8 mg

C. KHASIAT DAN MANFAAT BIDARA

khasiat manfaat buah bidara cina

loading...
  • Sebagai Obat Flu
    Kandungan antibakteri daun bidara mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan virus,  Influenza merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, sehingga daun bidara dapat digunakan untuk mengatasinya, Selain flu biasa, daun bidara juga dapat menyembuhkan flu burung dan flu babi yang disebabkan oleh virus.
  • Obat Diabetes Mellitus
    Daun bidara mengandung indeks glikemik sangat rendah. sehingga tanaman bidara mampu menyembuhkan diabetes mellitus tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional.
  • Membantu Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi
    Kandungan kalsium dan fosfor buah bidara baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Mengatasi Masalah Kewanitaan
    Kandungan antiseptik pada daun bidara muda dan segar dapat mengatasi masalah keputihan dan menstruasi. Cara kerjanya dengan menstabilkan hormon sehingga menstruasi kembali normal dan menekan bakteri yang menyebabkan keputihan.
  • Baik untuk ibu hamil
    Folat yang terkandung dalam daun bidara sangat bagus untuk wanita hamil. Manfaatnya adalah memperkuat kandungan dan kesehatan janin.
  • Membantu Penyembuhan Luka Dengan Cepat
    Daun bidara mengandung zat antiinflamasi, oleh karena itu Daun bidara bisa menghilangkan rasa sakit, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan dengan cepat.
  • Meningkatkan Daya Tahan sistem kekebalan Tubuh
    Daun bidara mengandung zat antioksidan aktif, zat ini mampu menghilangkan radikal bebas dan kontaminasi bakteri eksternal. Selain itu, dapat mengurangi degradasi oksidatif. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.
  • Sebagai Obat Anti Jerawat dan mengatasi kulit kering, kusam dan keriput
    Tanaman bidara mengandung zat antibakteri mampu mengatasi masalah kulit :
    Cara menggunakannya yaitu dipakai di oles atau sebagai masker wajah, caranya siapkan beberapa daun daun bidara Arab (sidr). Kemudian, hancurkan sampai lunak hingga terlihat berlendir. Lalu, oleskan di wajah secara merata. Biarkan masker selama 20-30 menit.

Cara membuat ramuan obat dengan daun bidara :

  • Meramu obat untuk kencing nanah : Ambil 21 lembar daun ditumbuk halus, rebus dengan 1 gelas susu murni 10 menit (70 derajat) Minum setiap pagi dan sore hari selama 3 hari
  • Untuk obat asma, alergi, susah tidur dan lemah syaraf : Ambil 25 biji bidara di pecah kulitnya dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum air tersebut sebelum tidur

Selain buahnya, daun bidara yang masih muda bisa dijadikan sayuran dengan manfaat untuk kesehatan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BIDARA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).
ziziphus mauritiana Indian plum

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI BIDARA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Rhamnales
Familia (Suku): Rhamnaceae – Buckthorn family
Genus (Marga): Ziziphus Mill. – jujube
Species (Jenis): Ziziphus mauritiana Lam. – Indian jujube

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN BIDARA
Nama Daerah : widara, dara (sunda, jawa),serta kalangga (Sumba), bĕkul (Bali), bukol (Md.); ; ko (Sawu); kok (Rote); kom, kon (Timor), bĕdara (Alor), bidara (Mak., Bug.), rangga (Bima).

Nama-Nama di negara lain : bidara, jujub, epal siam (Malaysia.); manzanitas (Filipina) zee-pen (Burma); putrea (Kamboja); than (Laos); phutsaa, ma tan (Thailand); tao, tao nhuc (Vietnam).
Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Jujube, Indian Jujube, Indian plum, atau Chinese Apple, serta Jujubier dalam bahasa Prancis.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BIDARA yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Kata Kunci Pencarian :

kandungan yang terdapat dalam daun bidara |

Tinggalkan komentar