Binahong – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman binahong adalah tanaman obat yang terkenal untuk menyembuhkan penyakit asam urat, tanaman ini tumbuh menjalar dan berumur panjang, tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat, konon kabarnya tanaman binahong berasal dari korea.
Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman binahong, khasiat dan manfaatnya serta klasifikasinya

gambar tanaman binahong

A. CIRI-CIRI TANAMAN BINAHONG

BATANG
Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.
DAUN
Ciri daun binahong yaitu Daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 – 10 cm, lebar 3 – 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan.
gambar daun binahong
BUNGA
Bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 – 1 cm, berbau harum.
gambar bunga binahong

AKAR
Akar berbentuk rimpang,Perbanyaan Generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BINAHONG

Menurut nelitian baru-baru ini daun binahong mengandung zat antioksidan, flavonoid, alkoloid, saponin dan senyawa lainnya.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BINAHONG

Daun binahong mempunyai banyak manfaat, diantaranya daun binahong untuk darah tinggi,daun binahong sebagai obat maag, daun binahong sembuhkan gagal ginjal, daun binahong sebagai obat luka bakar, daun binahong sebagai penurun panas, daun binahong penurun kolesterol, dsb. Berikut ini adalah Resep Obat Tanaman Binahong

download lagu dangdut

Daun Binahong Penyembuh Luka
Tumbuk daun binahong atau dihaluskan secukupnya, Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata, Lakukan selama luka masih dalam kondisi basah.

Daun Binahong Penghilang Jerawat
Ambil 5 atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur, oleskan pada jerawat secara teratur, Lebih baik jika Anda diterapkan pada malam hari sebelum tidur.

Daun Binahong Untuk Diabetes
Ambil kurang lebih 11 lembar daun binahong, kemudian direbus, lalu minum rebusan airnya setiap hari

Daun Binahong untk Obat Wasir (Ambeien)
Sediakan 16 lembar daun binahong dan 3 gelas air, rebus sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas, Minum air rebusan daun binahong tersebut sebanyak 1 kali sehari.

Daun Binahong untuk Obat Luar
Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit, ramuan ini untuk menyembuhkan memar karena terbentur, rematik, pegal linu, sakit otot atau bisa juga untuk kesehatan wajah.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BINAHONG

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI BINAHONG

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Basellaceae
Genus (Marga): Anredera
Species (Jenis): Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

NAMA-NAMA LAIN BINAHONG
Nama latin binahong: Bassela rubra linn
Indonesia: Binahong
Inggris: heartleaf madeiravine, madeira vine
Cina: teng san chi

Sinonim Tanaman Binahong
Boussingaultia gracilis Miers
Boussingaultia cordifolia
Boussingaultia basselloides

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BINAHONG yang meliputi Ciri-ciri BINAHONG, Klasifikasi BINAHONG, kandungan zat atau nutrisi BINAHONG serta khasiat dan manfaat BINAHONG sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

nama lain daun binahong | ciri ciri daun binahong | ciri daun binahong | ciri ciri tanaman binahong | jenis daun binahong | binahong | jenis binahong | nama lain daun binahong dalam bahasa jawa | nama latin binahong | jenis tanaman binahong |
Binahong – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 18 Mar 2016. Binahong – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman binahong adalah tanaman obat yang terkenal untuk menyembuhkan penyakit asam urat, tanaman ini tumbuh menjalar dan berumur panjang, tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat, konon kabarnya tanaman binahong berasal dari korea. Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman binahong, khasiat dan manfaatnya […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...