Boroco – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI BOROCO / BAYAM KUCING

BATANG
Batangnya bulat dengan alur yang kasar memanjang, cabangnya banyak, biasanya berwarna hijau atau merah, tumbuh tegak dengan tinggi 30-100cm, tumbuh liar di sisi jalan, dipinggir selokanm tanah lapang yang terlantar.

DAUN
Daunnya berbentuk bulat telur memanjang, ada yang wama hijau dan ada yang warna merah, ujung lancip, pinggir bergerigi halus hampir rata.

BUNGA
Bunga tumbuhan ini berbentuk bulir dengan panjang kurang lebih 3-10cm dengan warna merah muda atau ungu yang tumbuh di ujung cabangnya.

BIJI
Bijinya berwarna hitam agak cerah

gambar bayam kucing

Bayam Kucing / Boroco

DESKRIPSI TANAMAN BOROCO
Tanaman BOROCO disebut juga dengan nama bayam kucing, boroco memiliki ciri utama batangnya berbentuk bulat dengan alur kasar memanjang, bercabang banyak, batang ini biasa bewarna hijau atau merah.
Tumbuhan ini bersifat: anti hipertensi, anti radang mata. Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit dan sejuk.

gambar bayam kucing

Photo : Bayam Kucing

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BOROCO

Kandungan kimia tumbuhan ini belum banyak diketahui, Efek farmakologi diperoleh dari penggunaan biji, bunga atau seluruh tanaman, segar atau dikeringkan. Tanaman kering hasil penjemuran dapat disimpan.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BOROCO

Tanaman Borocco dapat digunakan sebagai obat, berikut ini adalah manfaat borocco untuk pengobatan :
1. Radang kornea (Keratitis)
Rebus biji boroco (15 gram) dan hati ayam (2 pasang) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, bagi air saringannya menjadi 3 bagian. Minum pada pagi, siang dan sore hari, masing-masing 1/2 gelas. Hati ayamnya boleh dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

2. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Rebus biji boroco (15-30 gram) dengan 1 gelas air sampai airnya tersisa 1/2 gelas air. Setelah diingin, saring dan bagi menjadi 2 airnya sama banyak. Minum pada pagi dan sore hari sebelum makan.

3. Muntah darah
Rebus bunga boroco segar (30 – 60 gram) ditambah daging secukupnya dengan 3 gelas air sampai dagingnya matang seperti sup. Setelah dingin, minum airnya.

4. Obat cuci mata
Rebus bunga boroco yang telah dicuci bersih. Setelah dingin, gunakan air rebusannya untuk obat cuci mata (setelah disaring dengan kertas saring/kapas).

download lagu dangdut

5. Keputihan
Rebus bunga boroco (60 gram) dan daging (60 gram) dengan 3 gelas air sampai dagingnya matang. Setelah dingin, minum air rebusannya dan dagingnya bisa dimakan.

Perhatian : – kontradiksi tekanan bola mata tinggi (glaucoma), jangan minum air rebusan boroco.  –  Biji boroco bekerja pada penyakit mata karena berkhasiat anti radang pada mata (ophthalmic antiphlogistic) dan astringen pada radang conjungtiva mata (astringent in conjunctivitis).

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BOROCO

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi boroco (bayam kucing)

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Amaranthaceae (suku bayam-bayaman)
Genus (Marga): Celosia
Species (Jenis): Celosia argentea L.

NAMA-NAMA LAIN BOROCO
Indonesia: Boroco, sangsri, bayam ekor belanda, bayam kucing, kuntha, bayam kasubiki
Pilipina: Kindayohan
Cina: Qing xiang zi

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BOROCO yang meliputi Ciri-ciri BOROCO, Klasifikasi BOROCO, kandungan zat atau nutrisi BOROCO serta khasiat dan manfaat BOROCO sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

boroco | Daun boroco | tanaman boroco | ciri-ciri daun ungu | manfaat tanaman boroco | daun broco | bayam ekor belanda | pohon boroco | deskripsi celosia argentea | tumbuhan dengan ciri ciri daun seperti bayam dan ada bunga warna pink panjang tumbuhan apa? |
Boroco – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 14 Jan 2015. Boroco – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI BOROCO / BAYAM KUCING BATANG Batangnya bulat dengan alur yang kasar memanjang, cabangnya banyak, biasanya berwarna hijau atau merah, tumbuh tegak dengan tinggi 30-100cm, tumbuh liar di sisi jalan, dipinggir selokanm tanah lapang yang terlantar. DAUN Daunnya berbentuk bulat telur memanjang, ada yang wama hijau dan ada yang warna merah, ujung lancip, […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...