Bougenville – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI BUNGA BOUGENVILLE

BATANG
Batang tanaman bunga ini agak keras, mempunyai duri yang tajam dan bercabang-cabang, Berbatang kayu dengan duri yang berbentuk kait, tinggi kurang lebih 5-15 meter.
DAUN
Berdaun tunggal, bertangkai, duduk berhadapan, bentuknya bulat telur sampai ellips, ujungnya runcing bertepi rata, panjangnya 4-10cm dengan lebar 2-6cm.
BUNGA
Bentuk Bunganya kecil-kecil menyerupai terompet, berkelopaK tiga dan setiap bunga mempunyai satu daun pelindung yang lebar, sehingga ketiga bunga tersebut berbentuk satu sekuntum bunga, warna daun pelindung bermacam-macam tergantung jenisnya (ada yang merah, jingga, ungu, putih atau kuning)

gambar bunga bougenville ungu

Photo : Bunga Bougenville Ungu

DESKRIPSI TANAMAN BUNGA BOUGENVILLE
Tanaman Bugenvil berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini sering ditanam di taman dan kawasan perumahan. Pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak.

gambar bunga bougenville jingga

Photo : Bunga Bougenville Jingga

Bougainvillea disebut tanaman bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri – ciri seperti kertas.
Perawatannya pun mudah, tidak memerlukan waktu yang lama karena spesies tumbuhan ini sangat sesuai ditanam di kawasan beriklim tropis dan khatulistiwa seperti negara kita dan bisa tumbuh hingga 10 meter tingginya.

gambar bunga bougenville merah

Photo : Bunga Bougenville Merah

Perbanyakan dan Perawatan
Perbanyakan tumbuhan bugenfil dapat dilakukan dengan setek batang, cangkok, okulasi, atau biji. Bugenfil dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Untuk tempat tumbuhnya, dibutuhkan tanah gembur berpasir, terbuka, dan selalu terkena sinar matahari.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BOUGENVILLE

Kembang kertas atau bougainville atau bugenfil mempunyai rasa pahit, kelat, dan hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bugenfil di antaranya betanidin, saponin, polifenol, isobetanidin, 6-o-P-saphoroside, dan 6-o-rhamnosysophoroside.

Efek farmakologis bugenfil di antaranya melancarkan peredaran darah.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BOUGENVILLE

Berikut ini adalah beberapa ramuan obat menggunakan pemanfaatan bunga dan batang bugenvil:

download lagu dangdut
  • Mengobati Bisul
    Cuci bersih bunga bugenfil dan daun cocor bebek secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul sembuh
  • Mengatasi Biang keringat dan gatal-gatal (pruritis)
    Cuci bersih bunga bugenfil, daun sirih, dan daun lidah buaya yang sudah dikupas, masing-masing secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mengental lalu dinginkan. Oleskan cairan kental (gel) ini pada biang keringat dan bagian yang gatal. Lakukan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan sampai biang keringat serta gatal-gatal hilang.
  • Mengobati Hepatitis
    Cuci 15 gram batang bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum saat hangat sebanyak 1 gelas sehari.
  • Mengobati Haid tidak teratur
    Cuci bersih 9-15 g bunga bugenfil dan 15 gram umbi rumput teki (Cyperus rotundus L.) sampai bersih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 1 gelas sehari.
  • Atasi Keputihan (leucorrhea) dan nyeri haid (dysmenorrhea)
    Cuci bersih 9-15 gram bunga bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.
  • Sakit waktu haid dan darah haid menggumpal
    Cuci bersih 15 g bunga bugenfil, 15gram bunga mawar, dan 70gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai 1 gelas lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  • Terlambat haid
    Cuci sampai bersih 15gram bunga bugenfil, 15gram temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.), dan 90 g daun lidah buaya (Aloe vera) yang telah dikupas. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Selain untuk pengobatan, bunga bougenville dipakai untuk dandanan rambut, campuran bunga untuk mandian pewangi, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi kaum Cina dan India.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BOUGENVILLE

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi bougenvill

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Nyctaginaceae
Genus (Marga): Bougainvillea
Species (Jenis): Bougainvillea glabra Choisy

NAMA-NAMA LAIN BOUGENVILLE
Indonesia: Bugenvil, bogenvil, bugenfil
Inggris: bougenville, paper flower
Cina: ye zi hua, jiu chong ge, le du juan
Macam-Macam Spesies Bunga Bougenville
-Bougainvillea buttiana
-Bougainvillea glabra
-Bougainvillea peruviana
-Bougainvillea spectabilis
-Bougainvillea spinosa

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BOUGENVILLE yang meliputi Ciri-ciri BOUGENVILLE, Klasifikasi BOUGENVILLE, kandungan zat atau nutrisi BOUGENVILLE serta khasiat dan manfaat BOUGENVILLE sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri bunga kertas | ciri ciri bunga bugenvil | ciri ciri bunga bougenville | ciri bunga kertas | ciri ciri bougenville | ciri-ciri bunga kertas | ciri bunga bougenville | bougenville | ciri ciri bugenvil | ciri-ciri bunga bougenville |
Bougenville – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 12 Jan 2015. Bougenville – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI BUNGA BOUGENVILLE BATANG Batang tanaman bunga ini agak keras, mempunyai duri yang tajam dan bercabang-cabang, Berbatang kayu dengan duri yang berbentuk kait, tinggi kurang lebih 5-15 meter. DAUN Berdaun tunggal, bertangkai, duduk berhadapan, bentuknya bulat telur sampai ellips, ujungnya runcing bertepi rata, panjangnya 4-10cm dengan lebar 2-6cm. BUNGA Bentuk Bunganya kecil-kecil menyerupai […]

4.9 Ahli Pengobatan
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...