Bunga Matahari – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI BUNGA MATAHARI

gambar bunga matahari

Photo : Bunga Matahari Orange

BATANG
Herba yang umumnya kurang dari setahun ini tumbuhnya tegak dengan tinggi 1-3 meter, berbatang basah dan berbulu (ditumbuhi rambut kasar)dan jarang bercabang.

gambar batang bunga matahari

Photo : Batang Bunga Matahari

DAUN
Daunnya tunggal dan lebar

gambar daun bunga matahari

Photo : Daun Bunga Matahari

gambar kuncup bunga matahari

Photo: Kuncup Bunga Matahari Akan Mekar

BUNGA
Bunganya besar dengan mahkota berbentuk pita kuning di sepanjang cawannya, ditengahnya teredapat bunga-bunga kecil berwarna coklat.
Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm), Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol.
Bagian dalam bunga dapat dikupas dan dibuka

gambar bunga matahari

Photo : Bunga Matahari Kuning

BUAH dan BIJI
Buahnya bertipe buah kurung (achene). Buah kering berdinding agak keras dan tak terlalu tebal ini sering disangka ‘biji’ bunga Matahari, karena memang tidak dapat dengan mudah dibedakan. Biji yang sesungguhnya terletak di dalam bunga matahari, terlindung oleh buah yang serupa tempurung.

gambar biji bunga matahari

Photo : Bunga Matahari setelah dikupas dan dikeluarkan bijinya.

DESKRIPSI BUNGA MATAHARI
Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak.
Bunga Matahari memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Pada hari yang cerah, tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan harian Matahari (asal nama tumbuhan ini), yang gejalanya disebut heliotropisme. Tumbuhan mendapat keuntungan 10% lebih fotosintesis karena pergerakan ini.
Orang Perancis menyebutnya tournesol atau “pengelana Matahari”. Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.

Bunga tersusun majemuk, Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga.

Bunga matahari menyukai tanah yang subur dan hangat. Tumbuhan ini menyukai suasana yang cerah. Mengingat asalnya, tumbuhan ini cocok tumbuh pada tempat dengan iklim subtropik. Di daerah tropika hasilnya tinggi jika ditanam pada dataran tinggi. Di daerah beriklim sedang seperti Eropa tumbuhan ini hanya bisa ditanam pada musim semi hingga musim gugur dan harus dihindari terkena frost. Kerapatan tanam biasanya 60000 hingga 70000 tanaman per ha.

Tumbuhan ini telah dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu. Selanjutnya tersebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Setelah penaklukan oleh orang Eropa, bunga Matahari diperkenalkan ke Eropa dan berbagai penjuru dunia lainnya pada abad ke-16. Semenjak abad ke-17 bijinya digunakan dalam campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi serta cokelat. Penggunaannya sebagai sumber minyak mulai dirintis pada abad ke-19.

BIDIDAYA BUNGA MATAHARI
Ada 4 kelompok budidaya bagi bunga matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Kultivar yang dirakit biasanya diarahkan pada salah satu kegunaan tertentu saja.

  • Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
  • Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.
  • Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga,
  • Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.

B. KANDUNGAN ZAT BUNGA MATAHARI

Kandungan kimia yang terdapat pada bunganya antara lain: Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin,4-benzopyrene.

Pemanfaatan bunga Matahari terutama adalah sebagai sumber minyak, baik pangan maupun industri. Sebagai bahan pangan, minyak bunga Matahari cocok dipakai untuk menggoreng, mengentalkan, serta campuran salad. Minyak bunga matahari kaya akan asam linoleat (C18:2), suatu asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan manusia. Kepentingan teknik menginginkan minyak dengan kadar asam oleat yang lebih tinggi dan terdapat pula kultivar bunga Matahari yang menghasilkan minyak dengan kualitas demikian (mengandung 80% hingga 90% asam oleat, sementara kultivar untuk pangan memiliki hanya 25% asam oleat).

Hampir 90% dari lemak pada biji bunga matahari adalah lemak yang baik, lemak tak jenuh. Biji bunga matahari juga mengandung lemak monosaturated yang membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, biji bunga matahari mengandung Vitamin E dan Vitamin B 1 (Thiamin). Mangan, magnesium, tembaga, selenium, fosfor, vitamin B 3 (Niasin), vitamin B5 (Pantothenic) dan folat juga dapat ditemukan dalam jumlah yang baik dalam biji bunga matahari.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA MATAHARI

Bagian tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan adalah akar, daun, bunga dan biji. Akar bunga matahari berkhasiat untuk mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran nafas (bronchitis), batuk rejan (pertussis), keputihan (leucorrhoe). Bagian bunganya sendiri bermanfaat untuk pengobatan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala, pusing, sakit gigi, nyeri menstruasi (dysmenorrhoe), nyeri lambung (gastric pain), radang payudara (mastitis), rheumatik (arthritis), sulit melahirkan.

Bijinya bisa digunakan untuk menambah nafsu makan, lesu, disenteri berdarah, campak, dan sakit kepala. Sementara daunnya dipakai untuk mengobati penyakit malaria.

MANFAAT BIJI BUNGA MATAHARI

  1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular (Jantung dan Pembuluh Darah)
    Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang berperan penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Vitamin E adalah antioksidan yang membantu mencegah oksidasi kolesterol oleh radikal bebas. Jika kolesterol teroksidasi oleh radikal bebas maka kolesterol akan menempel pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh plak kolesterol) yang dapat mengakibatkan penyumbatan arteri, penyakit jantung dan stroke.
  2. Membantu Pertumbuhan
    Biji bunga matahari merupakan sumber protein yang baik. Protein sangat diperlukan tubuh untuk membangun otot sehingga sangat baik untu dikonsumsi oleh anak usia pertumbuhan. 100 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 21 gram protein (37% asupan protein harian yang direkomendasikan).
  3. Mengurangi Resiko Diabetes
    Biji bunga matahari mengandung asam klorogenat yang membantu mengurangi kadar glukosa darah dengan cara membatasi pemecahan glikogen dalam organ hati.
  4. Melindungi Syaraf
    Vitamin B1 memperkuat lapisan myelin syaraf yang berfungsi menlindungi syaraf. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan kerusakan lapisan myelin syaraf dan mengganggu fungsi syaraf.
  5. Sumber Antioksidan
    Vitamin E yang terdapat dalam biji bungan matahari merupakan suatu antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel dan mutasi sel akibat radikal bebas.
  6. Mengurangi Resiko Kanker
    Biji bunga matahari merupakan sumber mineral selenium yang baik. Selenium menunjukkan sifat melawan kerusakan sel dan berperan dalam perbaikan DNA sel. Selenium menunjukkan kemampuan mengurangi resiko kanker kolon, kanker kandung kemih dan kanker prostat.
  7. Menjaga Kesehatan Kulit
    Vitamin E yang terkandung dalam biji bunga matahari juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E diketahui dapat mencegah kerusakan sel kulit karena sinar ultraviolet.
  8. Menyehatkan Otak
    Biji bunga matahari mengandung folat yang merupakan nutrisi penting bagi otak, sehingga menjaga kesehatan otak dan membantu fungsi otak.
  9. Menjaga Kesehatan Tulang
    Biji bunga matahari kaya akan mineral magnesium dan fosfor yang diperlukan untuk membangun tulang yang kuat dan sehat.
  10. Menyehatkan Rambut
    Setiap 100 gram biji bunga matahari mengandung 5,25 mg zat besi (63% kebutuhan harian) dan 5 mg seng (45% kebutuhan harian). Kedua mineral ini sangat penting untuk menjaga kesuburan rambut.

RESEP RAMUAN OBAT MENGGUNAKAN BUNGA MATAHARI

  • Mengobati Sakit Kepala
    Ambil 30 gram bunga matahari, kemudian direbus dengan satu butir telur ayam (jangan dipecahkan). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Kemudian air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.
  • Mengobati Rematik
    Untuk mengobati rematik, rebuslah 1 tangkai kepala bunga matahari sampai menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.
  • Mengobati Disentri
    Seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam. Setelah dingin, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum.
  • Melancarkan buang air besar dan kecil
    Jika Anda mengalami susah buang air besar ataupun susah buang air kecil, rebuslah 15-30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum airnya. Insya Alloh semuanya akan lancar kembali.
  • Infeksi saluran kencing
    Rebus 30 gram akar bunga matahari segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi masih hangat.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BUNGA MATAHARI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi BUNGA MATAHARI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom:
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Asterales
Familia (Suku): Asteraceae
Genus (Marga): Helianthus
Species (Jenis): Helianthus annuus L.

NAMA-NAMA LAIN BUNGA MATAHARI
Nama Latin Bunga matahari : Helianthus annuus L.
Indonesia: Bunga matahari
Inggris: Sunflower
Pilipina: Mirasol
Cina: Xiang ri kui
Jepang: Himawari, koujitsuki

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BUNGA MATAHARI yang meliputi Ciri-ciri BUNGA MATAHARI, Klasifikasi BUNGA MATAHARI, kandungan zat atau nutrisi BUNGA MATAHARI serta khasiat dan manfaat BUNGA MATAHARI sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

bunga matahari dan bagian bagiannya | deskripsi bunga matahari | ciri ciri bunga matahari | bagian bagian bunga matahari | nama latin bunga matahari | bagian bunga matahari | daun bunga matahari | ciri-ciri bunga matahari | ciri2 bunga matahari | nama lain bunga matahari |
Bunga Matahari – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 08 Des 2014. Bunga Matahari – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI BUNGA MATAHARI BATANG Herba yang umumnya kurang dari setahun ini tumbuhnya tegak dengan tinggi 1-3 meter, berbatang basah dan berbulu (ditumbuhi rambut kasar)dan jarang bercabang. DAUN Daunnya tunggal dan lebar BUNGA Bunganya besar dengan mahkota berbentuk pita kuning di sepanjang cawannya, ditengahnya teredapat bunga-bunga kecil berwarna coklat. Bunga tumbuhan ini sangat khas: […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...