Bunga Mawar – Ciri-Ciri, Jenis-Jenis Mawar, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Bunga Mawar adalah bunga yang sangat indah, akan kita bahas di sini mengenai ciri-ciri bunga mawar, jenis-jenis bunga mawar, kandungan kimia bunga mawar, khasiat dan manfaat serta klasifikasi bunga mawar :

A. CIRI-CIRI BUNGA MAWAR

BATANG
Batang pohon mawar mempunyai duri, berwarna hijau ke abu-abuan
DAUN
Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun.
BUNGA
Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Diantara warna yang dimiliki oleh mawar adalah putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies.
Bunga menghasilkan buah agregat (berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar.
BUAH dan BIJI
Sebagian buah mawar berwarna merah dengan beberapa perkecualian seperti Rosa pimpinellifolia yang menghasilkan buah berwarna ungu gelap hingga hitam.

DESKRIPSI TANAMAN BUNGA MAWAR
Tanaman bunga wawar adalah tanaman hias yang disukai wanita, dalam kebudayaan Barat, mawar mempunyai arti sebagai bunga lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite.
Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis hingga daerah beriklim tropis.

Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.
Mawar mempunyai nilai ekonomi yang penting sebagai bunga potong dan bahan baku minyak bunga yang digunakan industri parfum.

KOLEKSI GAMBAR JENIS-JENIS BUNGA MAWAR

gambar bunga mawar merah

Photo : Bunga Mawar Merah

Photo : Bunga Mawar Biru

Photo : Bunga Mawar Biru

gambar bunga mawar hitam

Photo : Bunga Mawar Hitam

gambar bunga mawar kuning

Photo : Bunga Mawar Kuning

gambar bunga mawar pink

Photo : Bunga Mawar Pink

gambar bunga mawar putih

Photo : Bunga Mawar Putih

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BUNGA MAWAR

Tanaman bunga mawar mengandung vitamin C, B, E, K, danjuga beberapa zat kimia lain yaitu tannin,geraniol, nerol, sitronelol, asam geranik, terpene, flavonoid, pectin, polifenol, karotenoid, vanillin, stearopten, farnesol, phenyletanol, eugenol, nonilaldehida, dan feniletilalkohol.

Di Thailand, bunga mawar sering di olah menjadi bagian dari menu makanan andalan di beberapa restoran. Untuk menambah keharuman minuman, daun kelopak bunga mawar yang sudah dikeringkan dicampur dengan teh dan diseduh air panas akan menciptakan kenikmatan saat minum teh.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA MAWAR

Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

download lagu dangdut

Bunga mawar mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya adalah :

  • Bunga Mawar untuk Aroma theraphy
    Baunya yang haru dapat menenangkan pikiran, hirup dan resapi aroma bunga mawar untuk menenangkan pikiran anda yang sedang stress.
  • Air Bunga Mawar untuk Menghilangkan Jerawat
    Air bunga mawar merupakan bahan pembersih alami yang kaya antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cuci wajah Anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air mawar.
  • Air Mawar untuk Perawatan Kulit
    Air mawar dapat menyeimbangan produksi sebum pada kulit. Hal ini dapat digunakan baik untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Air mawar juga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim.
  • Air Mawar untuk Kesehatan Rambut
    Air mawar baik untuk kesehatan rambut karena dilengkapi dengan penyejuk alami yang dapat melembapkan. Cukup tuangkan beberapa tetes air mawar saat keramas bersamaan dengan sampo untuk menciptakan aroma khas yang wangi. Bisa juga digunakan setelah keramas, tuangkan pada rambut yang masih basah, dan pijat lembut untuk membantu pertumbuhan rambut Anda. Selain itu, air mawar juga dapat mengatasi peradangan di kulit kepala dan memberantas ketombe, nih!
  • Air Mawar Kesehatan Mata
    Mata lelah dan lingkaran gelap di bawah mata bisa diatasi dengan air mawar. Air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan meradang. Teteskan 2-3 tetes pada mata, lalu tutup selama beberapa menit untuk membersihkan mata. Lakukan secara rutin untuk menghindari infeksi mata.
  • Air Mawar untuk Merawat Organ Intim Wanita
    Seperti layaknya spa biasanya yang menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya, ‘Cuci’ Miss V dengan air hangat matang yang telah dicampur dengan air mawar.
  • Mengatasi bengkak pada kaki
    Caranya dengan mengambil 2-3 bunga mawar lalu ditambah 30gram daun sembung setelah itu cuci bersih. Kemudian rebus dengan air 600ml lalu minum airnya selama 2 kali sehari.
  • Bunga Mawar sebagai Obat batuk kering
    10 gram mawar kering, bersihkan, campur 30 gram gula batu lantas tim ke-2 bahan sampai 1/2 masak atau hingga keluar airnya. di saring lantas minum pada saat hangat.
  • Bunga Mawar untuk menangani haid tidak teratur
    15 gram bunga mawar, 15 gram bunga asoka/siantan, 90 gram daging lidah buaya. bersihkan bersih seluruh bahan, rebus dengan 600cc air sampai tinggal 200 cc. saring. minum 2 kali 1 hari setelah makan.
  • Bunga mawar atasi nyeri haid
    Ambillah 15 gram bunga mawar, 15 gram daun dewa. bersihkan bersih ke-2 bahan, rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. saring. minum 2 kali 1 hari.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BUNGA MAWAR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi BUNGA MAWAR

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Rosales
Familia (Suku): Rosaceae (suku mawar-mawaran)
Genus (Marga): Rosa
Species (Jenis): Rosa L

NAMA-NAMA SPESIES BUNGA MAWAR

  • Spesies Mawar asal Eropa : Rosa alba, Rosa canina, Rosa gallica, Rosa chnamomea, Rosa cettifolia, Rosa spinosissma, Rosa wichuraiana.
  • Spesies Mawar asal Timur Tengah : Rosa fetida, Rosa fetida bicolor, Rosa fetida perciana, Rosa feicikoana, Rosa damascena.
  • Spesies Mawar asal Tiongkok: Rosa chinensis, Rosa liviegata, Rosa gigantea, Rosa primula, Rosa mulluganii, Rosa sericana pteracantha, Rosa hugonis, Rosa banksiae lutea.
  • Spesies Mawar asal Jepang : Rosa roxburghii, Rosa roxburghii ‘hirthua, Rosa aciculaisis nipponensis, Rosa mulitiflora, Rosa wichuraina, Rosa rugosa, Rosa uchiyamana, Rosa jasminoidesu, Rosa fujisanesis.
  • Spesies Mawar asal Amerika Serikat : Rosa cinemoemea, Rosa nitida, Rosa california.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BUNGA MAWAR yang meliputi Ciri-ciri BUNGA MAWAR, Klasifikasi BUNGA MAWAR, kandungan zat atau nutrisi BUNGA MAWAR serta khasiat dan manfaat BUNGA MAWAR sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri bunga mawar | deskripsi bunga mawar | ciri bunga mawar | ciri-ciri bunga mawar | tentang bunga mawar | Ciri ciri mawar | deskripsi tentang bunga mawar | klasifikasi bunga mawar | bentuk daun bunga mawar | jenis bunga mawar |
Bunga Mawar – Ciri-Ciri, Jenis-Jenis Mawar, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 27 Nov 2014. Bunga Mawar – Ciri-Ciri, Jenis-Jenis Mawar, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Bunga Mawar adalah bunga yang sangat indah, akan kita bahas di sini mengenai ciri-ciri bunga mawar, jenis-jenis bunga mawar, kandungan kimia bunga mawar, khasiat dan manfaat serta klasifikasi bunga mawar : A. CIRI-CIRI BUNGA MAWAR BATANG Batang pohon mawar mempunyai duri, berwarna hijau ke abu-abuan DAUN Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari […]

4.9 Ahli Pengobatan
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...