Bunga Melati – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Anda tentunya sudah mengenal bunga yang satu ini bukan, ya.. bunga melati! tanaman ini akan kita bahas disini sebagai tanaman obat, baca selengkapnya di bawah ini:

gambar bunga melati

Photo : Bunga Melati Putih

A. CIRI-CIRI BUNGA MELATI

BATANG
Menurut jenis batangnya, tumbuhan ini dapat digolongkan sebagai semak, Batangnya berkayu dengan tinggi kurang dari 5 meter, Batangnya sedikit berbulu halus dan jarang
DAUN
Daun Melati putih merupakan tumbuhan dengan daun majemuk menyirip (pinnatus), artinya daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun tersusun seperti sirip pada ikan.
Daunnya hanya memiliki tangkai dan helaian saja, berbentuk ovate, pangkal daun berbentuk setengah lingkaran sedangkan pada ujung daun sedikit meruncing, seperti daun-daun yang biasa digambarkan. Pinggir daun tidak rata dan sedikit bergelombang. Permukaan daun agak berkerut seperti daun jambu biji dengan pertulangan daun menyirip mengikuti bangun daun yang oval. Jadi terkesan pertulangan daunnya agak melengkung.
BUNGA
Bunga melati selalu mempunyai warna yang putih tapi ada juga beberapa yang berwarna selain putih seperti pink atau kuning. Ukuran bunganya juga termasuk kecil. Ukuran yang kecil ini tidak bisa dibandingkan dengan aromanya yang sangat khas dan dapat dijadikan aroma terapi dan relaksasi penghilang stres.

DESKRIPSI TANAMAN BUNGA MELATI
Melati merupakan tanaman bunga hias yang hidup menahun, termasuk dalam keluarga tanaman semak, hal ini dikarenakan ciri khusus bunga melati dari batangnya yang berbentuk kecil dan mempunyai tinggi tidak lebih dari lima meter. Selain itu tanaman melati juga tumbuh bergerombol. Selain batangnya daun bunga melati juga relatif berukuran kecil yaitu hanya sekitar 2, 5 cm lebarnya dan 6cm tingginya.

Ciri khusus bunga melati yang lainnya yaitu mempunyai andrecium atau alat kelamin jantan. Adanya andrecium ini ditandai melalui adanya tangkai sari, kepala sari, serbuk sari dan juga kotak sari. Bunga melati juga mempunyai alat kelamin betina yaitu tangkai putik, bakal buah dan juga kepala putik.

Untuk melihat semuanya itu anda perlu untuk membelah bunga melatinya karena jika dari luar saja tidak akan tampak jelas. Jika mempunyai alat kelamin jantan dan betina tentunya harus dapat berbuah tapi sayangnya keduanya tidak mempunyai produktivitas yang tinggi sehingga tidak berbuah.

Di Indonesia, Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.
Salah satu jenis melati dijadikan sebagai “puspa bangsa” atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian.

Melati putih memiliki rasa bunga dan daun yang rasanya pedas, manis, dan sifatnya yang sejuk. Simplisia yang dipergunakan dalam pengobatan ini berkhasiat antiradang, merangsang keluarnya keringat (diaforetik), peluruh air seni (diuretik), dan melegakan nafas. Adapun akarnya, terasa manis, pedas, netral, dan agak beracun. Ini bersifat mematikan rasa (anastesi), dan menghilangkan nyeri (analgesik).

JENIS-JENIS TANAMAN BUNGA MELATI
Berikut ini adalah beberrapa jenis species melati :

  • Jasminum elongatum (Berg.) Willd. (melati hutan: gambir, poncosudo; syn. J. multiflorum Bakh. non (Burm.f.) Andr.).
  • Jasminum mensyi (Jasminum primulinum, melati primrose).
  • Jasminum multiflorum (Burm.f.) Andr. (Star Jasmine, syn. J. pubescens Willd.).
  • Jasminum officinale (melati casablanca, Spanish Jasmine) sinonim dengan J. floribundum = Jasmine grandiflorum). Perdu setinggi 1,5 meter.
  • Jasminum parkeri Dunn. (melati pot).
  • Jasminum revolutum Sims. (melati italia)
  • Jasminum rex (melati raja, King Jasmine).
  • Jasminum sambac (L.) Aiton (melati putih, puspa bangsa)
  • Jasminum simplicifolium (melati australia, J. volibile, melati bintang). Melati hibrida. Bunga berwarna merah muda dan harum.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BUNGA MELATI

Khasiat bunga melati sebagai obat tak lepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Kandungan kimia yang ada tersebut antara lain indol, benzyl, dan livalylacetaat.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA MELATI

Bunga melati dapat dimanfaatkan untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia.

Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka, Rendaman akar (dicampur minyak kelapa) digunakan untuk obat tetes telinga, Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu.

download lagu dangdut

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang peparu, bronkitis, dan juga asthma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang dan bengkak.
Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka.

Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, akar dan bunganya, Berikut ini adalah resep amuan obat tradisional menggunakan bunga melati :

  • Bunga Melati untuk Obat Sesak Nafas
    Rebus 20 lembar daun melati dan garam secukupnya dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan daun melati tersebut disaring. Minum airnya dua kali sehari tiap sore dan pagi .
  • Bunga Melati sebagai Obat Sakit Kepala dan demam
    ambil 10 kuntum bunga melati dan daun melati, remas-remas hingga hancur, kemudian rendam dengan air dingin secukupnya, lalu gunakan air tersebut untuk mengkompres dahi.
  • Bunga Melati untuk atasi sengatan Lebah atau Serangga Lain
    anda tersengat lebah ? ambillah satu genggam bunga melati, kemudian diremas-remas sampai halus. Tempelkan bunga melati yang sudah diremas tersebut ke bagian tubuh yang disengat lebah, kalajengking, kelabang ataupun semut
  • Bunga Melati untuk obat Sakit Mata
    Sakit mata, seperti mata merah karena iritasi ataupun belekan dapat diatasi dengan bunga melati, caranya ambil beberapa lembar daun melati, haluskan dengan cara ditumbuk lalu tempelkan dipelipis diatas mata, jika sudah kering ganti dengan yang baru.
  • Bunga Melati untuk Menghentikan ASI Berlebihan
    Terkadang, ada ibu menyusui yang ASI-nya keluar terlalu banyak. Bahkan saat sang bayi tidak menyusu pun ASI tetap keluar. Hal ini tentu cukup merepotkan, namun bisa diatasi dengan ramuan bunga melati. Caranya, satu genggam daun melati dipipis halus, kemudian ditempelkan pada sekitar buah dada. Lakukan setiap pagi sebelum mandi.

Catatan : Ramuan melati putih dilarang untuk diminum oleh ibu hamil dan kondisi badan lemah.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BUNGA MELATI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi BUNGA MELATI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Scrophulariales
Familia (Suku): Oleaceae
Genus (Marga): Jasminum
Species (Jenis): Jasminum sambac (L.) Ait.

NAMA-NAMA LAIN BUNGA MELATI
Indonesia : bunga Melati dikenal luas dengan berbagai nama daerah seperti Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Menuh (Bali), Mundu (Bima dan Sumbawa), Melur atau Melor (Gayo dan Batak Karo), Menur, Mlati, atau Melati (Jawa dan Sunda), Malete (Madura), dan Manyora (Timor).
Melayu: Melati, melur, bunga melor
Pilipina: Sampaguita
Arab : Yasmin

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BUNGA MELATI yang meliputi Ciri-ciri BUNGA MELATI, Klasifikasi BUNGA MELATI, kandungan zat atau nutrisi BUNGA MELATI serta khasiat dan manfaat BUNGA MELATI sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri bunga melati | melati cina | bunga melati cina | Deskripsi bunga melati | ciri ciri melati | ciri ciri daun lateng putih | jenis bunga melati berdasarkan daunnya | bunga melati china | klasifikasi bunga melati | nama lain bunga melati |
Bunga Melati – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 09 Des 2014. Bunga Melati – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Anda tentunya sudah mengenal bunga yang satu ini bukan, ya.. bunga melati! tanaman ini akan kita bahas disini sebagai tanaman obat, baca selengkapnya di bawah ini: A. CIRI-CIRI BUNGA MELATI BATANG Menurut jenis batangnya, tumbuhan ini dapat digolongkan sebagai semak, Batangnya berkayu dengan tinggi kurang dari 5 meter, Batangnya sedikit berbulu halus dan jarang […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...