Bunga Pukul Empat, Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI BUNGA PUKUL EMPAT

Bunga pukul empat atau orang menyebutnya dengan Kembang pukul empat, bunga ini berasal dari Amerika Selatan dan mempunyai banyak warna, di antaranya merah, kuning, juga putih.

khasiat dan manfaat bunga pukul empat

Gambar Bunga Pukul Empat di Stek

bunga pukul empat warna kuning

Gambar Bunga Pukul Empat Warna Kuning

Perbedaan warna antara satu dengan yang lain dilatar belakangi oleh gen, misalnya R= gen untuk bunga warna merah dan r= gen untuk bunga warna putih, jika keduanya disilangkana maka akan menghasilkan bunga warna merah muda

bunga pukul empat warna putih

Gambar Bunga Pukul Empat Warna Putih

biji bunga pukul empat

Gambar Biji Bunga Pukul Empat

Buahnya yang keras berwarna hitam dan berbentuk bulat bisa dibuat sebagai bedak. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai umbi berwarna coklat kehitaman dengan isi berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang dengan ukuran 7-9 cm berdiameter 2-5 cm

Batang yang dimilikinya adalah batang basah yang tingginya mencapai 20-80 cm. Kemudian daunnya berbentuk jantung yang berwarna hijau dengan panjang mencapai 2-11 cm dengan lebar 8 mm-7 cm. Pangkal daun membulat di mana ujungnya meruncing serta bertepi rata. Adapun tangkai daunnnya mempunyai panjang 6mm-6 cm. Bunganya sendiri seperti terompet dan mempunyai banyak warna seperti merah, putih dan lain-lain.

B. KANDUNGAN ZAT DARI BUNGA PUKUL EMPAT

Apa Saja Unsur Kimia yang ada pada Tanaman ini ? Bahan kimia yang terkandung pada buah kembang pukul empat, diantaranya zat tepung lemak ( 4,3% ), zat asam lemak ( 24,4% ), dan zat asam minyak ( 46,9% ). Selain itu, pada akar terkandung β-xanthins. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, biji dan juga akarnya.

C. MANFAAT DAN KHASIAT BUNGA PUKUL EMPAT

Salah satu di antara manfaatnya yang sangat penting bagi wanita adalah dapat mengatasi keputihan, cukup rebus bunga pukul empat dengan kulit delima kering atau lidah buaya, kemudian minum.

Kandungannya yang berupa betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak dapat digunakan sebagai obat pelancar sirkulasi darahdan peluruh air seni (diuretik).
Selain itu, bunga ini bisa meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan kencing manis.

download lagu dangdut

Meskipun banyak manfaatnya, wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dan untuk perebusannya dilarang menggunakan alat-alat yang terbuat dari besi.

Selain untuk pengobatan, anda dapat memanfaatkan tanaman ini untuk memperindah halaman rumah anda, karena bunganya yang berwarna-warni dan sangat cantik dan juga biji bunga pukul empat yang bisa dibuat bedak.

RESEP RAMUAN OBAT MENGGUNAKAN BUNGA PUKUL EMPAT
Infeksi saluran kencing/prostatitis, radang amandel, kencing manis (diabetes melitus), kencing berlemak, keputihan (leucorrhea), erosi mulut rahim (cervical erosion), dan radang sendi akut (acute arthritis) : Rebus 9—15 g kering atau 15—30 g segar akar kembang pukul empat dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

Bisul : Cuci bersih 10 lembar daun kembang pukul empat, lumatkan, lalu tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan hasil lumatan pada bisul dan daerah sekelilingnya, lalu balut dengan kain atau perban.

D. KLASIFIKASI ILMIAH BUNGA PUKUL EMPAT

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).
Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi bunga pukul empat

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Nyctaginaceae
Genus (Marga): Mirabilis
Species (Jenis): Mirabilis jalapa L.

NAMA-NAMA LAIN BUNGA PUKUL EMPAT
Nama Latin (Binomial): Mirabilis jalapa L.
Nama Lainnya: Kembang pukul empat (Indonesia, Sumatra), ; Kembang pagi sore, bunga waktu kecil (Sumatra); Kederat, segerat, tegerat (Jawa), Kupa oras, cako raha (Maluku); Bunga-bunga paranggi, bunga-bunga parengki (Sulawesi); Pukul ampa, turaga, bodoko sina, bunga tete apa (Sulawesi); Zi Mo li (China).; Inggris: beauty of the night, marvel of P., Sinonim : Jalapa congesta Moench. Nyctago hortensis, Bot.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Bunga Pukul Empat yang meliputi ciri-ciri Bunga Pukul Empat, klasifikasi Bunga Pukul Empat, kandungan zat atau nutrisi Bunga Pukul Empat serta khasiat dan manfaat Bunga Pukul Empat sebagai tanaman obat

loading...

Kata Kunci Pencarian :

bunga pukul empat | ciri ciri bunga pukul empat | bunga pagi sore | bunga pukul 4 | gambar bunga pukul empat | gambar bunga pukul 4 | 15 bunga krokot | klasifikasi bunga pukul empat | foto bunga pukul empat | nama latin bunga pukul empat |
Bunga Pukul Empat, Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 06 Des 2014. Bunga Pukul Empat, Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI BUNGA PUKUL EMPAT Bunga pukul empat atau orang menyebutnya dengan Kembang pukul empat, bunga ini berasal dari Amerika Selatan dan mempunyai banyak warna, di antaranya merah, kuning, juga putih. Perbedaan warna antara satu dengan yang lain dilatar belakangi oleh gen, misalnya R= gen untuk bunga warna merah dan r= gen untuk bunga […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...