Cabe Rawit – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Saya yakin anda sudah kenal dengan tanaman yang satu ini, yaitu cabe rawit, sudah tahu kan bagaimana rasanya ? akan tetapi apakah anda tahu akan manfaat dari cabe tersebut, mari kita ulas di sini !

gambar cabe rawit

Photo : Cabe Rawit

A. CIRI-CIRI CABE RAWIT

BATANG
Batangnya berkayu, berbuku-buku dan bercabang banyak.

DAUN
Daunnya tunggal bentuknya bulat telur, dengan panjang daun kurang lebih 10cm dan lebar 5cm.
Tepi daun rata, tidak berbulu, ujungnya runcing dan pangkalnya tumpul.

BUNGA
Bunganya tunggal, 2-3 buah letaknya berdekatan warnanya putih kekuningan.
Mahkota bunga berbentuk bintang yang berwarna putih kehijauan (ada juga warna ungu), kelopak bunganya berbuku dan tidak berbulu.

BUAH dan BIJI
Buahnya buni, berbentuk bulat telur dan memanjang, Buah cabai rawit berubah warnanya dari hijau menjadi merah saat matang.

gambar tanaman cabe

Photo : Tanaman Cabe

DESKRIPSI TANAMAN CABE
Cabe rawit termasuk semak yang tingginya bisa mencapai 1.5 meter, cabe rawit dianggap cabe yang cukup pedas dari varietas cabe lainnya, karena kepedasannya mencapai 50.000 – 100.000 pada skala Scoville. Cabai rawit biasa di jual di pasar-pasar bersama dengan varitas cabai lainnya.

Cabe rawit tumbuh liar di hutan dan ladang-ladang yang tanahnya tidak tandus tapi cukup mendapat sinar matahari, banyak juga yang ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman dapur(bumbu masak).

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN CABE RAWIT

Mengandung kapzaisin(capsaicin), kapsantin, protein, lemak vitamin A dan C.

C. KHASIAT DAN MANFAAT CABE RAWIT

Jangan kira cabe rawet hanya memiliki sedikit manfaat, perlu diketahui bahwa cabe rawit memiliki segudang khasiat dan manfaat untuk pengobatan :

1 . Membantu menurunkan Berat Badan / Kolesterol
Cabe rawit juga memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena capsaicin yang pedas pada cabe rawit akan membakar lemak, dan mengeluarkannya bersama keringat. Selain itu juga karena cabe rawit yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang juga dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

2 . Membantu Pertumbuhan Rambut
Cabai rawit juga dapat membantu pertumbuhan rambut Anda. Salah satu alasan utama dari masalah kebotakan adalah karena penurunan sirkulasi darah(darah tak lancar). Cabai rawit bila dioleskan pada kulit kepala akan meningkatkan sirkulasi darah, dan dengan demikian dapat membantu pertumbuhan rambut. Memang hal ini akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala, akan tetapi ini akan memberikan manfaat yang baik.

3 . Mempercepat metabolisme tubuh
Cabai rawit bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu berbahagialah bagi Anda yang tahan dengan rasa pedas cabe rawit. Karena mempercepat metabolisme tubuh, maka cabe rawit termasuk makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

4 . Mencegah Serangan Jantung
Cabai rawit juga berguna bagi jantung Anda, karena dapat mencegah serangan jantung yang mematikan dalam hitungan detik. Hal ini karena karakteristik cabe rawit yang dapat membuka arteri di jantung.

5 . Membantu Meringankan rasa nyeri
Cabai rawit dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Banyak orang yang menderita sakit kepala, dan mengkonsumsi cabe rawit akan memberikan manfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala migren. Makan cabe juga akan membantu orang yang menderita gejala sinus. Cabe rawit juga dapat membantu untuk mengurangi sakit gigi dan sakit gusi.

6 . Meredakan sakit tenggorokan
Cabai rawit juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Campur cabai rawit dengan air, dan gunakan berkumur. Prosedur ini akan membantu memulihkan sakit tenggorokan dengan cepat.

7 . Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Cabai rawit dapat membantu melancarkan peredaran darah, dengan cara mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah. Oleh karena itu, cabai rawit adalah obat yang alami yang dapat membantu mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi.

8 . Membantu menyembuhkan Infeksi
Cabai rawit juga membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit akibat infeksi ,karena cabe memiliki sifat antijamur.

9 . Membantu menyembuhkan Luka usus
Cabai rawit juga dapat membantu menyembuhkan luka usus, yang dikarenakan pergerakan peristaltik saat menjalankan proses pencernaan. Sehingga cabe akan memberikan manfaat kepada kesehatan pencernaan, dan membantu menyembuhkan berbagai masalah pada usus.

10 . Mencegah Kanker
Manfaat yang paling penting dari mengkonsumsi cabai rawit adalah membantu mengurangi resiko kanker, serta dapat menghambat perkembangan sel kanker paru-paru dan kanker pankreas.

11. Cabe dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, afrodiask, dan memperlambat penuaan.
Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan yaitu vitamin C dan betakaroten pada cabe.

12. Cabe juga bisa mengurangi resiko impotensi dan penyumbatan pembuluh darah
Menurut sebuah penelitian di laboratorium inggris, kandungan capsaicin pada cabe yang menimbulkan rasa pedas mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal apabila dikonsumsi secara rutin.

EFEK SAMPING CABE RAWIT
Rasa pedas pada cabe rawit bersifat iritan, dan dapat memperparah kondisi sakit lambung kronis. Untuk orang yang sehat, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi cabe rawit. Efek samping karena kebanyakan makan cabe rawit adalah rasa mulas, sakit perut, diare, sering BAB dan panas pada anus.

TIPS MENGATASI KEPEDEDESAN CABE : Jika merasa kepedasan setelah makan cabe, bisa diikurangi dengan minum yogurt segera. Atau bisa minum air yang hangat-hangat kuku. Air hangat memang seketika seperti menambahkan rasa pedas, namun akan lebih cepat meredakannya dari pada minum air dingin.

Hindari menyentuh mata dengan jari-jari yang terkontaminasi zat dari cabai yang terbuka. Bilas mata terkena cabai, benamkan mata secara menyeluruh dalam air dingin untuk mengurangi iritasi.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN CABE RAWIT

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.

Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.

Berikut ini adalah tabel klasifikasi CABE RAWIT

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Solanales
Familia (Suku): Solanaceae (suku terung-terungan)
Genus (Marga): Capsicum
Species (Jenis): Capsicum frutescens L.

NAMA-NAMA LAIN CABE RAWIT
Nama Latin Cabe Rawit : Capsicum frutescens L.
Indonesia: Cabai rawit, cabe rawit, lombok rawit, cengek (Sunda)
Inggris: Hot pepper
Melayu: Cili padi, lada merah, lada mira
Thailand: Phrik kheenuu
Pilipina: Siling labuyo
Cina: La jiao, ye la zi
Jepang: Kidachi tougarashi

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat CABE RAWIT yang meliputi Ciri-ciri CABE RAWIT, Klasifikasi CABE RAWIT, kandungan zat atau nutrisi CABE RAWIT serta khasiat dan manfaat CABE RAWIT sebagai tanaman obat.

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri cabe rawit | ciri ciri cabai rawit | ciri ciri tanaman cabai | ciri ciri tanaman cabe | cabe rawit | ciri ciri cabai | nama latin cabai rawit | ciri ciri cabe | nama latin cabe rawit | ciri ciri tanaman cabe rawit |
Cabe Rawit – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 16 Jan 2015. Cabe Rawit – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Saya yakin anda sudah kenal dengan tanaman yang satu ini, yaitu cabe rawit, sudah tahu kan bagaimana rasanya ? akan tetapi apakah anda tahu akan manfaat dari cabe tersebut, mari kita ulas di sini ! A. CIRI-CIRI CABE RAWIT BATANG Batangnya berkayu, berbuku-buku dan bercabang banyak. DAUN Daunnya tunggal bentuknya bulat telur, dengan panjang […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *