Ceguk – Wudani

Loading...

Tanaman Ceguk atau Wudani adalah tanaman perdu hias berbunga dengan akar yang merambat membelit kekiri, tanaman ini mempunyai nama ilmiah ‘Combretum Indicum‘ atau Synonim dengan ‘Quisqualis Indica‘, bisa ditemui di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut.
Combretum Indicum - Quisqualis Indica

Konon Tanaman wudani ini berasal dari Myanmar, Tanaman ini baik untuk penghijauan dan pagar hidup atau Tanaman Hias, Tanaman wudani sudah tersebar diseluruh Indonesia, tumbuh liar dihutan, semak belukar, ladang, dan dijadikan sebagai tanaman obat karena memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti sebagai obat cacing, antinyeri, obat mencret, sakit kepala, rematik, imunomodulator, antiinflamasi, anti-Staphylococous, dan antioksidan.

Wudani memiliki rasa yang manis, hangat, beracun (toksik), dan berkhasiat sebagai obat cacing (cacing kremi(oxyuriasi), cacing gelang(ascariasis), cacing tambang(ankylostomiasis).)

Tim peneliti unit penelitian Mikrobiologi dan Nanoteknologi, Universitas Burdwan, Golapbag, Burdwan, West Bengal India, meneliti efikasi antibakteri ekstrak daun ceguk terhadap beberapa bakteri patogen. Hasil penelitian menunjukkan semua ekstrak daun ceguk menunjukkan aktivitas antibakteri  terhadap bakteri gram positif dan gram negatif.
budidaya tanman ceguk wudani

A. CIRI-CIRI TANAMAN CEGUK

BATANG
Batang tumbuhan Wudani berkayu dan bercabang-cabang, cabang tumbuhan Wudani yang masih muda berwarna hijau dan berduri.
DAUN
Daunnya ketika masih muda berwarna kuning kecoklatan, dan setelah tua berwarna hijau, letaknya berhadapan dan tersebar.
Daun bertangkai pendek dengan helaian daun bulat telur memanjang sampai jorong, ujungnya runcing, pangkal membulat, tepi rata, tulang daun menyirip.
BUNGA
Berbunga banyak dan berbau harum, Bunga tersusun dalam bulir yang keluar dari ujung tangkai, mempunyai lima helai mahkota bunga yang warnanya dapat berubah, dari mulanya berwarna putih kemerahan menjadi merah keunguan.
BUAH dan BIJI
Tergolong buah batu, buahnya bersegi lima berbiji satu, berbentuk memanjang dengan ujung dan pangkal menyempit, rasanya seperti kelapa. Bila telah masak buah berwarna cokelat dan siap dipanen.
AKAR
Wudani memilik akar tunggang.
ciri ciri tanaman ceguk wudani

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN CEGUK

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman Wudani antara lain :

  • Dikutip dari biodiversitywarriors.org, Buah wudani mengandung lendir, kalsium sulfat, potassium quisqualata, sebagian besar lemak jenuh trigonelline, asam palmitat, asam stearat, tanin, saponin dan puridine
  • Bunganya mengandung cyaniding monoglycoside.
  • Daunnya dan tangkai mengandung tannin, saponin, sulfur, kalsium oksalat, lemak, peroksidase, protein.
  • Bairagi dan tim, dalam laporan ilmiah berjudul “Pharmacognostic and Phytochemical Investigation of Leaves and Flowers of Quisqualis indica Linn” (Int J Pharm Biomed Sci, tahun 2012), menyebutkan berdasarkan hasil analisis skrining fitokimia, ekstrak daun ceguk mengandung alkaloid, flavonoid, vitamin, protein, asam amino, glicosida, tanin, serta steroid. dilaporkan pula ekstrak daun ceguk mempunyai efek antibakteri terhadap Salmonella typhi in vitro.

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN CEGUK

manfaat tanaman ceguk wudani

  • Sebagai obat cacing : Manfaat yang paling utama dari tanaman ceguk adalah dikenal sebagai obat cacing, tumbuhan ceguk berkhasiat antitumor, ia juga berkhasiat askarisidal (ascaricidal) dan bekerja secara kompetitif dengan asam glutamat pada reseptor metabotropis glutamat.
    Cara meramu obat cacing
    Cara 1 : Ambil 3 batang akar, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas, minum airnya sekali sehari sebelum tidur malam.
    Cara 2 :

    loading...
    • Mengobati penyakit cacing kremi :
      Cara Meramu : Sediakan biji Wudani yang digoreng tanpa minyak hingga matang, kemudian dimakan dengan dikunyah ½ jam sebelum makan. Dosis untuk anak kecil 3-15 biji sehari, dewasa 15-30 biji sehari, dibagi untuk tiga kali makan, lakukan secara teratur. Atau siapkan 10 gram biji Wudani, 10 gram biji Pinang yang dicuci bersih dan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat.
    • Mengobati penyakit cacing gelang:
      Cara Meramu: Siapkan 3-5 biji Wudani, yang dicuci bersih dan ditumbuk lalu dimakan. Atau siapkan 2 jari akar Wudani dicuci bersih, gula jawa secukupnya, kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum pagi hari sebelum makan.
    • Mengobati penyakit cacing tambang :
      Cara Meramu : Sediakan 30 biji Wudani yang dicuci bersih lalu digiling halus, seduh dengan 100 cc air panas, tambahkan satu sendok makan madu, diminum hangat-hangat malam hari sebelum tidur.
  • Obat sakit perut kembung : Ambil 3 lembar daun setengah tua, haluskan, lalu tuangkan segelas air panas, biarkan hingga dingin, kemudian minum
  • Pelangsing tubuh : Ambil 20 butir buah yang muda, tumbuk dengan menambahkan daun sena (Cassia Angustifolia Vahl) kering 5 lembar, Tuangkan segelas air panas, dan biarkan hingga dingin, lalu minum ramuan tersebut sehari sekali.
  • Mengobati sakit kepala : Caranyaa dengan menyiapkan daun Wudani yang dihaluskan lalu dipakai sebagai tapal pada pelipis.
  • Mengobati penyakit kulit akibat parasit dan jamur : Caranya dengan menyiapkan buah Wudani secukupnya, lalu dicuci bersih dan dihaluskan, kemudian tambahkan minyak kelapa dan dibalurkan pada bagian yang sakit.
  • Menambah Nafsu Makan Anak-anak (infantile malnutrition)
    Cara meramu : siapkan 6 gram tumbuhan Wudani yang dicuci bersih dan direbus dengan 300 cc hingga tersisa 100 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

Catatan: Hendaknya, jangan meminum ramuan ini bersamaan dengan teh, dikhawatirkan bisa cegukan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN CEGUK

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI CEGUK

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian):
Classis (Kelas):
Sub Kelas :
Ordo (Bangsa): Myrtales
Familia (Suku): Combretaceae ·
Genus (Marga): Combretum
Species (Jenis): Combretum indicum – Quisqualis indica

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN CEGUK
Nama Daerah : dani, udani, wudani (Melayu), bidani (Sunda), kacekluk, kaceklik, ceguk, cekluk, wedani (Jawa), rabet dani (Madura), kunyi-rhabet, rhabet besi, sarandengan (Kangean), dan tikao (Bugis)
Nama Luar : quiscual (dalam bahasa Spanyol), niyog-niyogan (Filipina), madhu malti atau madhumalti (Hindi), madhumalati (Odia), madhabilata (Bengali), Rangoon malli (Tamil), Radha manoharam (Telugu)
Dalam penamaan Internasional Tanaman Wundani dikenal sebagai Rangoon Creeper atau Drunken Sailor.

Synonim:
Quisqualis ebracteata Beauv.
Quisqualis indica L.
Quisqualis longiflora Presl.
Quisqualis grandiflora MiQuisqualis
Quisqualis loureiri Don.
Quisqualis pubescens Burm.
Quisqualis villosa Roxb.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Ceguk / Wudani yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Tinggalkan komentar