Cendana – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat Manfaat dan Klasifikasinya

loading...

Parfum dengan aroma wewangian Sandalwood adalah salah satu manfaat dari tanaman cendana, berikut ini ulasan selangkapnya mengenai ciri-ciri tanaman cendana, kandungan zat cendana, khasiat dan manfaat tanaman cendana serta klasifikasi tanaman cendana

A. CIRI-CIRI TANAMAN CENDANA

BATANG
Cendana memiliki batang yang bulat dan kulit berwarna mulai coklat keabu-abuan hingga coklat merah. Cabang mulai tumbuh pada bagian setengah pohon. tumbuh hingga ketinggian 11 – 15 meter, dengan diameter batang 25 – 30 cm.
DAUN
Daunnya berhadap-hadapan berbentuk elips hingga lanset (bulat telur) dengan dua ujungnya lancip.

gambar daun cendana

Photo Daun Cendana

BUNGA
Bunga berwarna merah, mempunyai kelopak bunga 4 sampai 5

gambar bunga cendana

Photo Bunga Cendana

BUAH dan BIJI
Buah berbentuk bulan, berwarna hitam keunguan

gambar buah cendana

Photo Buah Cendana

DESKRIPSI TANAMAN CENDANA
Tanaman cendana adalah merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.

gambar batang pohon cendana

Photo Tanaman Cendana – Sandalwood – Santalum Album

Terdapat dua jenis Cendana, yaitu Cendana Merah dan Cendana Putih. Cendana Merah banyak tumbuh di daerah Funan dan India, sedangkan Cendana Putih banyak tumbuh di Nusa Tenggara Timur, antara lain di Pulau Flores, Alor, Sumba, Solor, Adonara, Lomblen, Pantar, Timor, Rote, dan Sabu.
Dari segi kualitas, keduanya tak sama. Kayu Cendana Merah relatif kurang harum dan kualitasnya kurang bagus, sehingga tidak terlalu laris diperdagangkan.

Cendana tumbuh baik pada daerah yang memiliki perbedaan iklim yang jelas antara musim kemarau dan penghujan. Ia dapat tumbuh di dataran dengan ketinggian hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Cendana juga kerap ditemukan di daerah penuh bebatuan atau bebatuan vulkanis yang meneruskan aliran air.

Cendana merupakan tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya. Di Indonesia, kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya, dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda.

download lagu dangdut

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN CENDANA

Tanaman cendana mengandung minyak atsiri, dalam perdagangan minyak atsiri secara global dikenal beberapa jenis minyak atsiri alami dengan embel-embel sandalwood, yaitu red sandalwood (Pterocarpus santalinus), Australian sandalwood {Santalum spicatum) dan West Indiessandalwood {Amyris balsamifera). Minyak atsiri yang berasal dari S. album dikenal dengan nama East Indies sandalwood, true sandalwood atau 561

Minyak atsiri, adalah bagian yang paling bernilai dari cendana. Bagian kayu dari akar cendana adalah yang paling potensial sebagai sumber minyak atsiri dengan kandungan 10 %. Bagian kayu (teras) batangnya mengandung 4-8 % minyak atsiri, sedangkan ranting utamanya mengandung minyak atsiri 2-4 % (Ref: Oyen dan Dung, 1999).

Minyak atsiri yang diperoleh dari kayu bagian terluar memiliki kandungan komponen teroksigen (santalol, santalil asetat) 3% dan hidrokarbon (santalena) 50%.
Minyak cendana juga mengandung senyawa asam seskiterpena yaitu asam dihidro-a-norkurkumenat, asam a-bergamotinat dan asam dihidro-oc-santalat (ref: Nikiforov et al, 1990). Selain substansi minyak atsiri, Mathieson et al. (1973) melaporkan bahwa kayu cendana juga mengandung zat warna yang disebut dengan santalin dan  santarubin. Bagian kulit batang mengandung triterpena, turunan asam palmitat dan tanin dengan kandungan sebesar 14% (Ref:Shankanarayana ef al, 1979).

C. KHASIAT DAN MANFAAT CENDANA

Minyak cendana telah banyak digunakan dalam obat rakyat untuk pengobatan masuk angin, bronchitis, gangguan kulit, penyakit jantung, kelemahan umum, demam, infeksi saluran kemih, radang mulut dan faring, keluhan hati dan kandung empedu dan penyakit lainnya.

Minyak cendana mempunyai manfaat sebagai anti depressant. Hal inilah yang membuat minyak cendana dapat digunakan untuk mengurangi rasa stres atau depresi.
Sebagai bahan untuk aromaterapi, kayu cendana memberi efek tenang. Ia diyakini berkhasiat untuk menentramkan hati, sebagai pewangi ruangan untuk menetralisir hawa negatif

Minyak cendana juga dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Karena minyak ini mampu menekan rasa sakit pada saat tubuh melakukan proses pembuangan air kecil, hal ini sangatlah bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan ketika buang air kecil.

Kandungan zat antiseptik dan anti mikroba yang ada pada minyak cendana berguna untuk menjaga ketahanan atau daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kedua zat tersebut berfungsi untuk mengusir bakteri dan virus jahat yang akan masuk ke tubuh.

Minyak pohon Cendana kerap digunakan dalam terapi penyembuhan cara Ayurveda dan untuk menghilangkan rasa cemas. Salah satu keunikan kayu cendana adalah dapat menyimpan wangi aromanya selama berabad-abad. Konon, di Srilanka kayu ini digunakan untuk mengawetkan jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9.

Ramuan cendana diyakini bisa membuat organ intim vagina wanita menjadi harum, Caranya, kulit cendana digiling hingga halus kemudian seduh dengan air panas, dan tunggu beberapa saat hingga air berubah warna, Setelah itu, disaring hingga terpisah dengan ampasnya. Ramuan tersebut diminum selama beberapa hari

Cendana juga dapat mengatasi kulit keriput, menghilangkan wajah berminyak, serta dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah, mengencangkan pori-pori dan menjadikan kulit lebih bersih dan tampak lebih muda.
Caranya yaitu ambil 2 sendok makan bubuk cendana dan tambahkan air mawar, lalu aduk hingga berbentuk pasta. Lalu bersihkan wajah, dan oleskan pasta ke wajah, selanjutnya biarkan selama 15 menit. kemudian, cuci wajah dengan air dingin dan oleskan toner.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN CENDANA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI CENDANA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super divisi: Spermatophyta
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta
Classis (Kelas): Magnoliopsida
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Santalales
Familia (Suku): Santalaceae
Genus (Marga): Santalum L
Species (Jenis): Santalum album L.

NAMA-NAMA LAIN CENDANA
Nama latin cendana : Santalum Album
Nama Populer : Sandalwood

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat CENDANA yang meliputi Ciri-ciri CENDANA, Klasifikasi CENDANA, kandungan zat atau nutrisi CENDANA serta khasiat dan manfaat CENDANA sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

pohon cendana | kayu cendana | ciri ciri kayu cendana dan manfaatnya | ciri ciri kayu cendana | manfaat buah cendana | ciri tanaman tapak dara | cendana | jenis tanaman liar untuk herbal | gambar kayu cendana | jenis pohon cendana |
Cendana – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat Manfaat dan Klasifikasinya Ahli Pengobatan 07 Feb 2017. Cendana – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat Manfaat dan Klasifikasinya

loading… Parfum dengan aroma wewangian Sandalwood adalah salah satu manfaat dari tanaman cendana, berikut ini ulasan selangkapnya mengenai ciri-ciri tanaman cendana, kandungan zat cendana, khasiat dan manfaat tanaman cendana serta klasifikasi tanaman cendana A. CIRI-CIRI TANAMAN CENDANA BATANG Cendana memiliki batang yang bulat dan kulit berwarna mulai coklat keabu-abuan hingga coklat merah. Cabang mulai tumbuh […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...