Cermai – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN CERMAI

BATANG
Pohon kecil (perdu), tinggi sampai 10 m, kadang lebih. Percabangan banyak,rendah dan renggang, kulit kayunya tebal.
DAUN
Daun tunggal, bertangkai pendek, tersusun dalam tangkai membentuk rangkaian seperti daun majemuk. Helai daun bundar telur sampai jorong, ujung runcing, pangkal tumpul sampai bundar, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan licin tidak berambut, panjang 2 – 7 cm, lebar 1,5 – 4 cm, warna hijau muda. Tangkai bila gugur akan meninggalkan bekas yang nyata pada cabang.
BUNGA
Perbungaan berupa tandan yang panjangnya 1,5 – 12 cm, keluar di sepanjang cabang, kelopak bentuk bintang,,mahkota merah muda. Terdapat bunga betina dan jantan dalam satu tandan. Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai hingga 12 cm.
BUAH dan BIJI
Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, panjang 1,25 – 1,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam dan banyak berair, di tengahnya terdapat inti yang keras dengan 4-6 butir biji.

gambar buah ciremai

Photo : Buah Ciremai

gambar pohon cerme

Photo : Pohon Cerme

gambar buah ceremai

Photo : Buah Ceremai

DESKRIPSI TUMBUHAN CERMAI
Sepintas, pohon cerme mirip dengan pohon belimbing wuluh, Daun muda bisa dimakan sebagai sayuran. Buah muda bisa dimasak bersama sayuran untuk menyedapkan masakan karena memberi rasa asam. Buah masak dapat dimakan langsung setelah diremas dengan air garam untuk mengurangi rasa sepat dan asam, dimakan setelah dibuat manisan atau selai. Perbanyakan dengan biji atau okulasi.

Cerme diperkirakan memiliki asal usul dari Madagaskar. dan telah tersebar ke berbagai wilayah termasuk Asia Tenggara (termasuk Indonesia), kepulauan Mauritius (Samudera Hindia), Guam dan Hawaii (Samudera Pasifik).
Pada tahun 1793, tanaman ini dibawa ke Jamaika dari Timor; dan semenjak itu menyebar luas ke seluruh kepulauan Karibia, diikuti kemudian dengan masuknya ke Amerika Tengah dan Selatan.

Pohon cerme kerap ditanam sebagai peneduh atau penghias halaman dan taman. Pohon ceremei dapat tumbuh di daerah tropik dan subtropik. Pohon yang memiliki aneka manfaat ini menyukai tempat yang lembab sampai ketinggian sekitar 1.000 m dpl. Ceremei dapat dibiakkan melalui biji atau stek.

B. KANDUNGAN ZAT BUAH CERMAI

Buah cermai mengandungi banyak air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat. Manakala buah pula mengandungi serat, mineral dan vitamin C.

Nilai Kandungan Gizi Ceremai (per 100 gram porsi makan) adalah 28 kkal energi, 91,7 g air, 0,7 g protein, 6,4 g karbohidrat, 0,6 g serat kasar, kalsium 5 mg, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, 0,01 mg thiamin , riboflavin 0,05 mg dan 8 mg vitamin C (Anon, 1992).

C. KHASIAT DAN MANFAAT CERMAI

Buah cerme sering dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Cerme juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar. Daun mudanya digunakan sebagai lalap.

Rebusan akar cerme digunakan untuk meringankan asma dan mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak juga dihasilkan dari kulit akarnya.

Resep Ramuan Obat Menggunakan Buah Cermai

  • Khasiat Buah Cermai Untuk Asma
    Bahan yang di Butuhkan : 6 biji buah ceremai, bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam, 8 butir buah lengkeng.
    Cara Membuat Obat Tradisional : dicuci lalu ditumbuk seperlunya, Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas, setelah dingin disaring.
    Cara Pakai : Diminum dengan air gula secukupnya. Sehari 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.
  • Manfaat Buah Cermai Untuk Kanker
    Bahan Yang di Butuhkan : Siapkan daun ceremai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gulau enau 3 jari.Cara Membuat : dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian, Setelah dingin disaring
    Aturan Pakai : diminum Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.
  • Cara Melangsingkan Tubuh/Diet Dengan Buah Cermai
    Siapkan satu genggam daun cermai, Bersihkan, lalu rebus dengan 3 gelas air. Rebus sampai air tinggal 2 gelas.
    Dinginkan dan saring.
    Minum pagi dan sore hari, 2 kali dalam sehari.
    Karena efeknya yang sangat kuat, dianjurkan untuk hanya sesekali saja mengkonsumsi ramuan ini dan sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi dalam jangka waktu yang lama.
  • Biji Cermai Untuk Mengatasi Sembelit
    Ambil biji cermai tiga atau empat sendok teh, cuci dan haluskan
    Larutkan dalam ½ gelas air panas, campur dengan 1 sendok makan madu aduk hingga rata.
    Minum2 kali sehari

Kisah Manfaat Cermai
Bermula dari beberapa kejadian tanpa sengaja yang sangat menarik untuk dilakukan penelitian, lalu saya melakukan uji coba terhadap Manisan Cermai sebagai obat tumor kepada seorang wanita yang habis dioperasi rahimnya karena penyakit tumor, tapi tumor itu tumbuh kembali 4 bulan kemudian.
Oleh dokter yang mengoperasinya diminta untuk segera operasi lagi, karena tumor ganas, keadaannya dianggap cukup berbahaya, tapi pasien menolak.

download lagu dangdut

Secara kebetulan pasien itu teman saya, dan setelah menceritakan masalahnya, saya sarankan untuk memakan “manisan buah cermai” secara rutin, 2 kali sehari (pagi seperempat ons, sore seperempat ons), sehabis makan seperempat ons berisi: kira-kira 15 biji manisan cermai.
Kesembuhan mulai terasa setelah selama sekitar 1 bulan memakan “manisan cermai” secara rutin.
Kalau dulu selalu terasa sakit (cekot-cekot) di rahimnya bila bekerja dalam posisi berdiri selama sekitar 1 jam sebagai capster di salonnya sendiri, sekarang sudah tidak lagi seperti itu. Rasa sakit itu hanya datang kadang kala saja.

Setelah sekitar 4 bulan memakan secara rutin, ia periksakan kembali penyakit di rahimnya, ternyata hasilnya sangat mengejutkan.
Oleh dokter yang selama ini menangani penyakitnya dinyatakan “tumor sudah layu”, alias hampir mati.
Dan setelah selama 2 tahun lebih memakan secara rutin, penderita sudah tidak lagi mengeluh sakit, tumor mati dan berhenti makan “manisan cermai”.

Dari hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan, bahwa manisan cermai bersifat mematikan tumor-kanker, dan sejenisnya, terutama benih-benihnya yang tersebar di seluruh tubuh. “Manisan cermai” sebagai obat tumor / kanker ini sudah saya uji cobakan pada beberapa penderita, dan ternyata hasilnya cukup maksimal, tumor-kanker selalu layu dan mati.

Nah, kepada siapapun yang juga menderita penyakit “tumor-kanker”, dan sejenisnya, seperti “kanker kelenjar getah bening” dan “leukemia” tidak usah ke mana-mana, saya sarankan untuk memakan “manisan buah cermai”.
Dan siapapun yang sempat membaca informasi “temuan baru obat herbal” ini tidak ada buruknya bila ikut membantu menyosialisasikan kepada orang lain.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN CERMAI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi CERMAI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Euphorbiales
Familia (Suku): Euphorbiaceae
Genus (Marga): Phyllanthus
Species (Jenis): Phyllanthus acidus (L.) Skeells

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN CERMAI
Nama Sinonim : Phyllanthus acidus Müll.Arg., P. cicha, Cicca disticha, C. Acida Merr., C. nodiflora dan Averrhoa acida.
Nama Latin/Ilmiah cermai : Phyllanthus acidus
Indonesia: ceremoi (Aceh), cerme (Gayo), ceremai (Melayu), camin-camin (Minangkabau), cereme, cermei (Sunda dan Jawa), carmen, cermen (Bali), careme (Madura), sarume (Bima), lumpias aoyok, tili (Gorontalo), lombituko bulaano (Buol), caramele (Makasar, Bugis), ceremin (Ternate), selemele, selumelek (Rote), salmele, cermele (Timor).
Inggris: Otaheite gooseberry, malay gooseberry
Thailand: Ma-yom
Filipina : karmay

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Buah CERMAI yang meliputi Ciri-ciri CERMAI, Klasifikasi CERMAI, kandungan zat atau nutrisi CERMAI serta khasiat dan manfaat CERMAI sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

pohon cermai | buah cermai merah | pohon cerme | pohon ceremai merah | daun ceremai | pohon buah cermai | khasiat buah cermai merah | buah cermai | Gambar pohon cermai | pohon cereme |
Cermai – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 26 Nov 2014. Cermai – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN CERMAI BATANG Pohon kecil (perdu), tinggi sampai 10 m, kadang lebih. Percabangan banyak,rendah dan renggang, kulit kayunya tebal. DAUN Daun tunggal, bertangkai pendek, tersusun dalam tangkai membentuk rangkaian seperti daun majemuk. Helai daun bundar telur sampai jorong, ujung runcing, pangkal tumpul sampai bundar, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan licin tidak berambut, […]

4.9 Ahli Pengobatan
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...