Ciplukan – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Sudah tahukah anda dengan tanaman ciplukan, tanaman yang mempunyai buah yang unik dan manis ini akan kita kupas di sini, meliputi ciri-ciri tanaman ciplukan, kandungan zat ciplukan, khasiat dan manfaat ciplukan serta klasifikasi ilmiah dari tanaman ciplukan :

gambar buah ciplukan

Photo : Buah Ciplukan

A. CIRI-CIRI CIPLUKAN

BATANG
Tumbuhan herba tahunan dengan tinggi 0,1-1 m. Batang pokoknya tidak jelas, percabangan menggarpu, bersegi tajam, berusuk, berongga, bagian yang hijau berambut pendek atau boleh dikatakan gundul (angulata)

DAUN
Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm.
Daun letaknya berseling, bertangkai. Helaian daun berbentuk bulat telur sampai lanset, tepi berlekuk atau beringgit, ujung runcing, tulang daun menyirip. Permukaan daun berwarna hijau, bagian bawah hijau muda, berambut halus. Bunga tunggal, keluar dari ketiak daun dan bertangkai.

BUNGA
Bunga di ketiak, dengan tangkai yang tegak, keunguan, dan dengan ujung yang mengangguk. Kelopak berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing, hijau dengan rusuk keunguan. Mahkota serupa lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7-9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

BUAH dan BIJI
Buah dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, 2-4 cm panjangnya. Buah buni di dalamnya bulat memanjang, 1,5-2 cm, kekuningan jika masak, manis dan disukai anak-anak.

DESKRIPSI TANAMAN CIPLUKAN
Tumbuhan ciplukan merupakan salah satu tumbuhan yang liar yang bentuknya berupa semak atauu perdu yang posisisnya lebih rendah. Tingginya biasanya hanya mencapai 1 meter dan umur tanaman ini kurang lebihnya 1 tahun.
Buahnya disukai anak-anak. Ciplukan yang dikenal orang memiliki buah yang mengkilat yang dibungkus oleh bagian tumbuhan yang mirip daun ini rasanya manis jika matang. Jika buah ciplukan masih berwarna hijau, alias masih muda rasanya cukup pahit.
Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

gambar tanaman ciplukan

Photo : Tanaman Ciplukan

Ciplukan adalah umbuhan asli Amerika yang kini telah tersebar secara luas di daerah tropis di dunia. jika anda ingin mencari tanaman ini carilah di sawah, kebun, tegalan, tepi jalan, kebun, semak, hutan ringan, tepi hutan. Ciplukan biasa tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 1-1550 m dpl.

Daun Ceplukan telah digunakan secara tradisional sebagai teh atau jus terhadap berbagai keluhan kesehatan, termasuk gangguan pada organ kewanitaan, masalah Liver, rematik, penyakit kulit, dermatitis dan infeksi postpartum. Ceplukan masih digunakan dalam pengobatan herbal di seluruh Amerika Selatan.

gambar budidaya ciplukan

Photo: Budidaya Tumbuhan Ciplukan

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN CIPLUKAN

Dalam tanaman ciplukan terdapat senyawa-senyawa aktif antara lain saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin. Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman adalah sebagai berikut
a. Herba : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
b. Biji : 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearat.
c. Akar : alkaloid
d. Daun : glikosida flavonoid (luteolin)
e. Tunas : flavonoid dan saponin

C. KHASIAT DAN MANFAAT CIPLUKAN

Apa saja kira-kira manfaat tanaman ciplukan, kita lihat saja di bawah ini :
Kemampuan Melawan Kanker
Para peneliti di Amerika Serikat dan Thailand, tahun 1980 dan diverifikasi pada tahun 1992 di University of Taiwan, yang menunjukkan tindakan yang signifikan terhadap lima jenis kanker pada manusia dan tiga jenis kanker hewan.

Kemampuan Melawan Virus
Penelitian di Jepang menemukan bahwa ceplukan memiliki tindakan tegas terhadap Herpes simpleks I , campak, HIV – 1 dan Polio virus 1. Ditemukan bahwa ceplukan menunjukkan efek penghambatan reverse transcriptase . Reverse- transcriptase inhibitor ( ISR ) adalah kelas obat anti – retroviral digunakan untuk mengobati virus seperti HIV dan hepatitis B.

Penggunaan umum di Masyarakat
Akar tumbuhan ciplukan pada umumnya digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam. Daunnya digunakan untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Buah ciplukan sendiri sering dimakan; untuk mengobati epilepsi, tidak dapat kencing, dan penyakit kuning.

Berikut ini adalah beberapa ramuan obat tradisional menggunakan ciplukan :

  1. Ciplukan untuk menyembuhkan Influenza dan Sakit Tenggorokan.
    Ambil kira-kira 9-15 gram dan direbus, kemudian air rebusannya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.
    Resep ini juga berlaku untuk mengobati beberapa penyakit, seperti: batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).
  2. Ciplukan untuk Mengobati Kencing manis (diabetes).
    Ambil tanaman ciplukan yang sudah kering sebanyak 30 gram. Rebuslah ciplukan tersebut dengan air sebanyak 3 gelas (300 ml) hingga mendidih. Angkat dan saring serta biarkan dingin. Minumlah 2 kali sehari pagi dan sore hari secara teratur.
    Untuk Diabetes Mellitus : Siapkan tanaman ciplukan yang sudah mempunyai buah lalu cabut beserta akar-akarnya lalu anda bersihkan sampai benar-benar bersih. Setelah itu anda rebus dengan takaran tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar satu gelas air , kemudian anda saring dan siap anda minum. Lakukan satu kali dalam sehari.
  3. Mengobati penyakit Ayan (Epilepsi)
    Makan buah ciplukan secara rutin setiap hari, 8-10 butir buah ciplukan yang sudah masak atau matang.
  4. Mengobati Darah Tinggi (hipertensi)
    Rebuslah tanaman ciplukan kering sebanyak 10 gram dengan 150 ml air selama 15 menit. Saring dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut sehari 2 kali pagi dan sore hari secara teratur.
  5. Buah ciplukan untuk sakit paru-paru
    Rebus 3-5 gelas air akar, batang, daun dan bunga herba ciplukan hingga mendidih. Saring dan minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.
  6. mengobati penyakit rematik
    Cara penggunaannya adalah dengan merebus buah ciplukan kering 10 gram dengan air sebanyak 3 gelas air hingga yang tersisa hanya setengahnya saja. Kemudian setelah itu dinginkan dan satringlah. Minumlah untuk 3 kali setengah gelas dalam seharinya.
  7. Ciplukan Untuk kanker
    Bahan : Sediakan 10 gram ciplukan kering (seluruh bagian tanaman), tambahkan bahan-bahan ini bair lebih manjur 10 gram rimpang temulawak, 10 gram kunyit, 10 gram rimpang temu putih, 10 gram rimpang temu mangga, dan 10 gram meniran (seluruh bagian tanaman).
    Cara Meramu : Cuci bersih rimpang temulawak, kunyit, temu putih dan temu mangga. Parut hingga halus. Campur hasil parutan dengan ciplukan, meniran dan daun sambiloto. Rebus dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa kira-kira 1,5 gelas. Angkat, kemudian saring. Minum 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Untuk mengurangi rasa pahit, dapat dicampur dengan 1 sendok makan madu setelah agak dingin.
    Rebusan ekstrak daun ciplukan juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati dan membantu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker pada kanker payudara yakni kanker yang sangat menakutkan bagi kaum perempuan dan banyak menelan korban setiap tahunnya.
  8. Ciplukan untuk mengobati pembengkakan prostat
    Rebus 9-15 lembar daun ciplukan hingga mendidih, saring dan minum hasil saringan tadi 2 kali sehari. Bila pembengkakan prostat akut minum 3 kali sehari.
  9. Ciplukan untuk obat luar
    Selain untuk penyakit dalam, Ciplukan juga bisa digunakan sebagai obat luar.
    – Mengobati Bisul. Daun Ciplukan sebanyak 1/2 genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Terapkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari
    – Mengobati Borok. Daun Ciplukan sebanyak satu genggam dicuci Tambahkan air kapur sirih secukupnya lalu tumbuk hingga halus. lalu diturapkan ke borok. Ganti 2 kali sehari.

Catatan : Untuk ramuan tanaman ciplukan yang direbus, air rebusan yang sudah sehari semalam sebaiknya jangan digunakan karena kadar didalamnya sudah rusak.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN CIPLUKAN

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi CIPLUKAN

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Solanales
Familia (Suku): Solanaceae (suku terung-terungan)
Genus (Marga): Physalis
Species (Jenis): Physalis angulata L.

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN CIPLUKAN
Nama latin/ilmiah/botanical : Physalis angulata L
Indonesia: Ciplukan, Ceplukan, cimplukan (Jawa), keceplokan, ciciplukan, kopok-kopokan (Bali), cecendet, cecenet (Sunda), nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa), Kenampok (sasak), dan lapunonat (Tanimbar, Seram).
Inggris: cutleaf groundcherry

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat CIPLUKAN yang meliputi Ciri-ciri CIPLUKAN, Klasifikasi CIPLUKAN, kandungan zat atau nutrisi CIPLUKAN serta khasiat dan manfaat CIPLUKAN sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri ciplukan | ciri ciri tanaman ciplukan | tanaman ciplukan cegah kanker payudara | pohon ciplukan | ciri ciri daun ciplukan | ciri ciri tanaman patah tulang | ciri ciri daun bungkus | ciri fisik ciplukan | ciri-ciri tanaman ciplukan | ciri ciri pohon ciplukan |
Ciplukan – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 10 Des 2014. Ciplukan – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Sudah tahukah anda dengan tanaman ciplukan, tanaman yang mempunyai buah yang unik dan manis ini akan kita kupas di sini, meliputi ciri-ciri tanaman ciplukan, kandungan zat ciplukan, khasiat dan manfaat ciplukan serta klasifikasi ilmiah dari tanaman ciplukan : A. CIRI-CIRI CIPLUKAN BATANG Tumbuhan herba tahunan dengan tinggi 0,1-1 m. Batang pokoknya tidak jelas, percabangan […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...