Daun Bulu Ayam – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Ada-ada saja nama tanaman, artikel terdahulu mengungkap tanaman jengger ayam, sekarang daun bulu ayam, tanaman ini dikenal juga dengan nama ketipes atau otok-otok, tanaman daun bulu ayam menyukai sinar matahari secara langsung, sangat baik ditanam secara berkelompok yang terdiri atas 3-5 batang.

gambar tanaman daun bulu ayam

Photo : Tanaman Daun Bulu Ayam

A. CIRI-CIRI TANAMAN DAUN BULU AYAM

BATANG
Perdu tegak dengan tinggi 60-250 cm

DAUN
Berdaun majemuk dengan anak daun 3 helai yang berbentuk lanset., Daun penumpu bergaris, dan pada tandan bunga, daun-daun berubah menjadi daun pelindung yang tersusun seperti genteng dengan jumlah 30-40 pasang.

BUNGA
Bunganya berbentuk kupu-kupu, kecil putih kekuningan.

BUAH dan BIJI
Buahnya polong beruas 1-3 dengan panjang 1 cm.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN DAUN BULU AYAM

Tanaman Ketipes mengandung senyawa indolalkylamine, di antaranya tryptamine, dimethyltryptamine, dimenthyltryptamine-N-oxide, gramine, methylserotonin, bufotenine, bufotenine-N-oxide, methoxy-N-methyltryptamine, methoxy-N-dimethyltryptamine, N-oxide. Juga mengandung golongan beta-carboline alkaloid, misalnya noharman, tetrahydronor harman noreleagnine, plectocomine, harman, leptocladine, dan shepherdine.

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN DAUN BULU AYAM

Khasiat tanaman ini untuk pengobatan adalah Sebagai obat sakit cacar dan cacar air.
Ambil 11 tangkai daun, tumbuk dengan sekelereng kapur sirih. Oleskan pada kulit yang terserang cacar. Untuk cacar air sama caranya, hanya sebelum ditumbuk, tambahkan 1 tangkai daun kelor, 3 lembar daun ekor kucing dan sebutir bawang putih (dasun tunggal).

download lagu dangdut

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN DAUN BULU AYAM

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi DAUN BULU AYAM

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Fabales
Familia (Suku): Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus (Marga): Desmodium
Species (Jenis): Desmodium pulchellum (Linn) Benth.

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN DAUN BULU AYAM
Nama Ilmiah : Desmodium pulchellum (Linn) Bent
Indonesia: daun bulu ayam, ketipes, otok-otok

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat DAUN BULU AYAM yang meliputi Ciri-ciri DAUN BULU AYAM, Klasifikasi DAUN BULU AYAM, kandungan zat atau nutrisi DAUN BULU AYAM serta khasiat dan manfaat DAUN BULU AYAM sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

daun otok | Daun bulu ayam | tumbuhan otok | gambar bunga bulu ayam | tanaman otok otok | kembang bulu ayam | tanaman hias bulu ayam | manfaat tanaman bulu ayam | desmodium pulchellum | gambar tanaman otok |
Daun Bulu Ayam – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 17 Feb 2015. Daun Bulu Ayam – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Ada-ada saja nama tanaman, artikel terdahulu mengungkap tanaman jengger ayam, sekarang daun bulu ayam, tanaman ini dikenal juga dengan nama ketipes atau otok-otok, tanaman daun bulu ayam menyukai sinar matahari secara langsung, sangat baik ditanam secara berkelompok yang terdiri atas 3-5 batang. A. CIRI-CIRI TANAMAN DAUN BULU AYAM BATANG Perdu tegak dengan tinggi 60-250 […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...