Dlingo (Jeringau) – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Jeringau atau Dlingo ini sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan baku obat terutama dari bagian akar rimpangnya, rimpang Jeringau beraoma kuat dan biasa digunakan sebagai bahan baku parfum, atau pengganti jahe untuk masakan.
Selengkapnya mengenai tanaman dlingo dapat anda sinak dibawah ini
acours calamus pics

A. CIRI-CIRI TANAMAN DLINGO

BATANG
Batang pendek berbentuk rimpang.
DAUN
Daun tunggal berbentuk lanset. Pertulangan sejajar. Panjang sekitar 60 cm,lebar ± 5 cm.
BUNGA
Berbunga majemuk, bentuk bongkol, ujung meruncing, panjang 20-25 cm, di ketiak daun, tangkai sari panjang ± 2,75 mm, kepala sari panjang ± 2,75 mm, kepala sari panjang 0,5 mm, putik 1-1,5 m, kepala putik meruncing, panjang ± 0,5 mahkota bulat panjang, panjang 1-1,5 mm.
gambar tanaman jeringau

DESKRIPSI TANAMAN DLINGO
Jeringau (Acorus calamus) adalah nama lain dari tanaman dlingo, tumbuhan terna yang rimpangnya dijadikan bahan obat-obatan. Tumbuhan ini berbentuk mirip rumput, tetapi tinggi, menyukai tanah basah dengan daun dan rimpang yang beraroma kuat.
gambar tanaman dlingo
Diperkirakan, tumbuhan ini asli berasal dari India dan menyebar ke berbagai penjuru dunia melalui perdagangan rempah-rempah.

Tanaman Dlingo merupakan tanaman sejenis rumput yang biasa tumbuh di daerah banyak airnya seperti di sawah atau di rawa-rawa.

Dalam bahasa Ibrani, jeringau/dlingo disebut qaneh besem, yaitu semacam tangkai atau alang-alang yang merupakan tumbuhan aromatik. Jeringau ini biasa digunakan sebagai minyak urapan dalam upacara atau ritual: Penahbisan imam dan Penahbisan raja (seperti Daud dan Salomo)

Jeringau biasanya digunakan oleh orang Banjar sebagai penghalau kuyang dan pengusir roh-roh jahat. Jeringau juga digunakan sebagai pewarna merah pada ritual Mangkok Merah.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN DLINGO

Rimpang dan daun dlingo (acorus calamus) mengandung saponin dan flavonoida, di samping rimpangnya mengandung minyak atsiri.

C. KHASIAT DAN MANFAAT DLINGO

Dlingo mempunyai banyak manfaat antara lain sebagai obat penenang, obat lambung, obat limpa, dan sebagai bahan baku kosmetika.

Rimpang dlingo berkhasiat sebagai obat penenang, obat lambung, obat limpa, bahan baku kosmetik (Syamsuhidayat dan Hutapea, 1991), insektisida, demam nifas (Depkes RI, 1978), antijamur, antibakteri, anthelmintik, antidiare, antiulkus, antisekretori, sitoprotektif, antikonvulsan, antihepatotoksik, antioksidan (Anonim, 2010), allelopathic, anticellular dan immunosuppressive (Asha and Deepak, 2009).

Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan rimpang dlingo mempunyai aktivitas sebagai antibakteri, antijamur dan insektisida (Motley, 1994).
Berdasarkan penelitian-penelitian terakhir ini diketahui bahwa senyawa yang terkandung dalam minyak atsiri rimpang dlingo yang diduga kuat mempunyai aktivitas antijamur (Asha and Deepak, 2009).

Cara Meramu Obat Dengan Dlingo
1. Dalam bentuk Cairan Minum
Ambil Rimpang dlingo kira kira sebesar telur ayam kampong atau kira-kira sepanjang 7 cm, dicuci bersih dipotong potong kecil, direbus dalam panci dengan 2 (dua) gelas air, lalu dididihkan selama 15 menit, dan terakhir diminum setengah gelas pagi dan sore hari
2. Cairan Semprot (Insektisida)
Tumbuk daun atau umbi lalu direndam dalam air dengan konsentrasi 25 – 50 gram/l selama 24 jam.
Larutan hasil perendaman ini disaring agar didapat larutan yang siap digunakan untuk penyemprotan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN DLINGO

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI DLINGO
gambar dlingo jeringau acorus calamus

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Arecidae
Ordo (Bangsa): Arales
Familia (Suku): Acoraceae
Genus (Marga): Acorus
Species (Jenis): Acorus calamus L.

NAMA-NAMA LAIN DLINGO
Indonesia: Dlingo (Jawa), Jeurunger (Aceh), Jerango (Gayo), Jerango (Batak), Jarianggu (Minangkabau), Daringo (Sunda), Jharango (Madura), Kaliraga (Flores), Jeringo (Sasak), Kareango (Makasar), Kalamunga (Minahasa), Areango (Bugis), Ai wahu (Ambon), Jaringao (Sunda)
Inggris: Calamus, Sweet flag, sweet root
Cina: Chang pu
Jepang: Shobu

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat DLINGO yang meliputi Ciri-ciri DLINGO, Klasifikasi DLINGO, kandungan zat atau nutrisi DLINGO serta khasiat dan manfaat DLINGO sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

Rimpang jeringau | daun dlingo | Daun rimpang jeringau | tanaman dlingo | pohon dlingo | tanaman obat dlingo | Manfaat dlingo | jeringau | manfaat daun dlingo | daun dlingu |
Dlingo (Jeringau) – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 17 Mei 2016. Dlingo (Jeringau) – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Jeringau atau Dlingo ini sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan baku obat terutama dari bagian akar rimpangnya, rimpang Jeringau beraoma kuat dan biasa digunakan sebagai bahan baku parfum, atau pengganti jahe untuk masakan. Selengkapnya mengenai tanaman dlingo dapat anda sinak dibawah ini A. CIRI-CIRI TANAMAN DLINGO BATANG Batang pendek berbentuk rimpang. DAUN Daun tunggal berbentuk […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...