Fenugreek – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Berikut ini adalah Deskripsi tanaman fenugreek (Kelabat), yang meliputi ciri-ciri tanaman, kandungan zat, khasiat dan manfaat, nama-nama lain (ilmiah) dan klasifikasinya :
gambar tanaman fenugreek

A. CIRI-CIRI TANAMAN FENUGREEK

BATANG
Tegak, bercabang, beralur
DAUN
Daunnya majemuk, pinggirnya bergigi. Ukuran 20-50 x 8 -17mm.
BUNGA
Bunganya berwarna putih atau kuning, tersusun secara tunggal atau dalam kelompok kecil berpasangan. Mahokota bunga berukuran 12 – 18mm. Biasanya berbunga pada bulan April dan Mei.
BUAH dan BIJI
Buah polong atau kacang-kacangan sempit dan lonjong, menyerupai sabit. Pod 80-150 x 2 – 4mm. , Dengan paruh memanjang di akhir. Buahnya matang di musim panas dan panen di musim gugur.
Bijinya kecil dan berwarna cokelat .

gambar biji fenugreek

DESKRIPSI TANAMAN FENUGREEK
Fenugreek (Trigonella foenum – graecum) adalah tanaman herba tahunan dari keluarga Leguminosae, berukuran antara 20 dan 50 cm tinggi (sampai 100cm.)
gambar daun fenugreek
Klabet atau Fenugreek adalah salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai bumbu rempah dan pengobatan. Tumbuhan ini dibudidayakan secara global sebagai semi-arid crop dan merupakan bumbu umum untuk pembuatan kari atau kare.
Fenugreek adalah salah satu jenis tanaman herbal yang berfungsi untuk menstimulasi produksi air susu pada ibu menyusui.

Tanaman ini bernama latin Trigonella foenum-graecum, Nama fenugreek atau foenum-graecum berasal dari bahasa Latin untuk “Greek hay”. Tanaman ini memiliki kesamaan dengan wild clover yang disebut oleh orang Swedia sebagai : “bockhornsklöver” sama dengan namanya dalam bahasa Jerman: “Bockshornklee”, yang berarti : “ram’s horn clover”.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN FENUGREEK

Fenugreek mengandung karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, fosfor, dan air.
Biji klabet merupakan sumber yang kaya dengan polisakarida (polysaccharide) dan galaktomannan( galactomannan). Biji klabet juga sumber dari senyawa saponin seperti diosgenin, yamogenin, gitogenin, tigogenin, dan neotigogens. Konstituen aktif lainnya adalah mucilago (mucilage), minyak atsiri (volatile oil), dan alkaloid seperti choline dan trigonelline.

C. KHASIAT DAN MANFAAT FENUGREEK

  • Klabet bisa digunakan untuk perisa atau flavoring untuk maple syrup. Rasa klabet ini seperti jintan hitam atau cumin, karena adanya komponen pyrazine yang berakibat menimbulkan rasa pahit.
  • Biji klabet yang berbentuk kubus berwarna kuning sampai amber seringkali digunakan untuk pembuatan pickles, serbuk kari dan pasta kari, dan klabet sering kali dikaitkan dengan masakan dari India.
  • Biji fenugreek dipercaya dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi diabetes. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang telah dicampur dengan fenugreek diduga mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
    Ada satu penelitian yang menunjukkan diabetes tipe 2 dapat dikontrol jika makan 10 gram biji fenugreek yang telah direndam dalam air panas per hari.
    fenugreek dapat mengobati diabetes karena mengandung serat dan senyawa kimia lainnya yang diduga bisa memperlambat laju pencernaan dan penyerapan karbohidrat dan gula dalam perut. Kedua, fenugreek juga diduga dapat membantu memperbaiki cara tubuh menggunakan gula dan meningkatkan jumlah insulin yang dilepaskan.
  • Tradisi Yahudi juga menggunakan klabet sebagai makanan pada malam pertama dan kedua acara tahun baru mereka (Rosh Hashana).
  • Biji klabet dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa klabet merupakan stimulator potent untuk produksi ASI yang diperkirakan memiliki kemampuan meningkatkan ASI sebanyak 900%.
  • Laporan uji non klinis menunjukkan bahwa klabet dapat berfungsi sebagai antivirus karena dapat menyembuhkan demam biasa pada kelompok relawan. Meminum 1 cangker teh yang dibuat dari daun klabet perhari dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada kasus arthritis.
  • Klabet dikenal sebagai salah satu bahan obat di daratan Cina dengan nama Hu Lu Ba, yang diyakini berkhasiat sebagai penghangat dan penguat ginjal, penghilang demam dan pereda sakit. Indikasi utama adalah untuk pengobatan hernia, dan sakit tenggorokan. Klabet digunakan di dalam bentuk bentak atau bentuk digongseng (roasted).
  • fenugreek dapat meningkatkan ukuran payudara dan memperbesar payudara dengan diosgenin. Senyawa ini meningkatkan ukuran payudara. Rendam benih fenugreek semalaman dan gunakan benih tersebut untuk memijat payudara untuk mendapatkan payudara yang besar dan alami.

EFEK SAMPING FENUGREEK

  • Gangguan Pencernaan
    Jika Anda mengonsumsinya lebih dari takaran 100 gram per hari, Anda akan mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung dan diare yang juga mengakibatkan utrunnya nafsu makan. Diare yang kronis akan diiringi oleh kram perut dan tentunya meningkatkan resiko dehidrasi.
  • Reaksi Alergi
    Alergi ini dapat terjadi pada ibu yang meminum fenugreek meski kasusnya sangat langka ditemui. Menurut livestrng.com, beberapa gejalan alergi yang biasanya timbul adalah bercak merah di kulit yang gatal, kesulitan bernafas, dan wajah yang membengkak. Tidak hanya Anda, bayi Anda pun bisa terkena dampaknya. Segera konsultasi dokter, karena efek alergi ini dapat menyebabkan resiko kematian, terutama alergi yang juga mengena pada bayi Anda.

Kontraindikasi
Jika Anda akan mengonsumsi fenugreek, hendaknya Anda mengonsultasikannya ke dokter. Jika Anda hamil, maka Anda dilarang meminum fenugreek, karena suplemen ini dapat menstimulasi kontraksi dan memicu kelahiran prematur. Fenugreek dapat menyebabkan masalah pembekuan darah dan merendahkan kadar gula Anda.
Fenugreek juga tidak boleh digunakan oleh pasien penyakit ginjal dan hati serta anak-anak.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN FENUGREEK

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
klasifikasi tanaman fenugreek
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI FENUGREEK

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Fabales
Familia (Suku): Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus (Marga): Trigonella
Species (Jenis): Trigonella foenum-graecum L.

NAMA-NAMA LAIN FENUGREEK
Indonesia: Halba
Inggris: Fenugreek, menthya, Trigonella foenum-graecum
India : Methi

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat FENUGREEK yang meliputi Ciri-ciri FENUGREEK, Klasifikasi FENUGREEK, kandungan zat atau nutrisi FENUGREEK serta khasiat dan manfaat FENUGREEK sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

tanaman Fenugreek | biji fenugreek | pohon fenugreek | fenugreek adalah | manfaat fenugreek | daun fenugreek | gambar fenugreek | nama lain fenugreek | klasifikasi biji klabet | gambar tanaman fenugreek |
Fenugreek – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 02 Sep 2016. Fenugreek – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Berikut ini adalah Deskripsi tanaman fenugreek (Kelabat), yang meliputi ciri-ciri tanaman, kandungan zat, khasiat dan manfaat, nama-nama lain (ilmiah) dan klasifikasinya : A. CIRI-CIRI TANAMAN FENUGREEK BATANG Tegak, bercabang, beralur DAUN Daunnya majemuk, pinggirnya bergigi. Ukuran 20-50 x 8 -17mm. BUNGA Bunganya berwarna putih atau kuning, tersusun secara tunggal atau dalam kelompok kecil berpasangan. […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...