Gendola – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman ini tumbuh merayap atau memanjat hingga mencapai panjang sampai 6 meter, Tanaman ini dapat ditemukan dari 1-500 m dpl, selengkapnya mengenai tanaman gendola mengenai ciri-cii tanaman, kandungan kimia, khasiat serta manfaat dan klasifikasinya dapat anda simak dibawah ini!
gambar tanaman basella rubra malabar spinach

A. CIRI-CIRI TANAMAN GENDOLA

BATANG
Batangnya yang panjang ini tidak berkayu dan sangat lemah, bentuknya bulat, lunak, bercabang, merayap dan melilit pada tonggak atau para-para, Batang yang merayap di atas tanah, akan mengeluarkan akar.

DAUN
Daun tunggal, bertangkai, letak berseling, Bentuk daun bulat telur, ujung dan pangkal tumpul, tepi rata kadang berombak, panjang 2-17 cm, lebar 1-13 cm, pertulangan menyirip, warnanya hijau.

BUNGA
Bunganya bunga majemuk yang keluar dari ketiak daun, duduk sepanjang poros bulir, panjang 3-21 cm, mahkota putih dengan ujung ungu.

BUAH dan BIJI
Buahnya buah buni, bulat, diameter 4-7 mm, masih muda hijau, setelah masak warnanya menjadi ungu.
Bijinya satu, bulat, keras, warnanya merah keputihan.

gambar buah biji bunga gendola
DESKRIPSI TANAMAN GENDOLA
Tanaman Gendola ditanam untuk dirambatkan pada pagar, atau pergola sebagai tanaman hias.
Ada dua warna gendola, putih dan merah. Perbedaanya pada warna batang dan tulang daun. Gendola merah, memiliki batang dan tulang daun yang berwarna merah. Daunnya dapat disayur, sedang buahnya bila diperas mengeluarkan warna merah yang dapat digunakan untuk mewarnai bahan makanan.
gambar tanaman obat gendola
Cara budidaya : Perbanyakan tanaman dengan menggunakan biji atau stek batang. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dg cara penyiraman yg cukup, menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Tanaman Gendola mempunyai sifat Efek Farmakologis sebagai anti toxin, antipiretik yaitu penurun panas, mengeluarkan organisme penyebab sakit dari darah.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN GENDOLA

Kandungan kimiawi tanaman gendola antara lain : Pada bagian daun dari gendola sangat kaya akan glucan C, carotene, organic acid, mucopolysacharida (seperti l-arabinose, d-galactose, l-rhammose), aldonic acid, saponin, vitamin A, B, dan C.

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN OBAT GENDOLA

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman gendola untuk kesehatan atau menyembuhkan penyakit :

Mengobati Radang Usus Buntu
Tanaman gendola lengkap (akar, batang, bunga, dan daun) dengan berat antara 60-70 gram, lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas (sebelum direbus potong kecil-kecil agar semua bagian tanaman bisa terendam semua). Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Mengobati Influensa
Cuci bersih 20 gr daun gondola segar sampai bersih, rebus denngan 2 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, dan bubuhi sedikit garam. Aduk, lalu minum sekaligus 1 kali sehari dengan sedikit garam.

Obat Herbal Untuk Radang kandung kemih dan anyang-anyangan
Daun segar gendola 70 gram direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus 1 kali sehari seperti meminum teh.

Mengobati Sakit Diare
Cuci bersih 30 gr akar gondola segar, lalu rebus dengan 2 gelas air sempai tersiasa 1 gelas, minum air sekaligus 1 kali sehari seperti meminum teh

Melancarkan BAB / Mengatasi Sembelit
Rebus 3-5 helai daun gondola dengan air secukupnya sampai mendidih. Angkat daunnya, tiriskan, lalu makan sebagian lalap 1 kali sehari.

Mengobati Berak Darah
25 gram tanaman gendola lengkap, ditambah 35 gram kapulaga, ditambah 1 ekor ayam betina tua yang sudah dibuang kepala, kaki, dan jeroannya, dimasak dengan air secukupnya, kemudian dimakan.

Ramuan Gendola untuk mengobati Campak dan cacar air
Cuci bersih 30 gr bunga gondola, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersiasa 1 galas. Dinginkan dan sering lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Gendola sebagai Obat tetes mata
Cuci 10 butir biji gondola, tumbuk halus sampai keluar airnya, saring, lalu teteskan pada mata yang sakit. Lakukan sebanyak 2 kali sehari, masing-masing 2 tetes.

Mengobati dan Menghilangkan Rasa Pegel linu dan rematik
Cuci 30 akar gondola segar, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sekaligus 1 kali sehari seperti meminum teh.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN GENDOLA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI GENDOLA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Basellaceae
Genus (Marga): Basella
Species (Jenis): Basella rubra L.

NAMA-NAMA LAIN GENDOLA
Indonesia:

  • Jawa : Genjerot, ganjerot, gedrek, uci-uci
  • Sunda : Gandola
  • Madura : Kandula
  • Bali : Gendola,
  • Sulut : Tatabuwe,
  • Gorontalo : Pailoo,
  • Minangkabau : lembayung.
  • Sulut: Tatabuwe
  • Gorontalo: Poiloo
  • Timor: Kandola

Inggris: Indian spinach, Malabar Night Shade
China : Lo Kuei

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat GENDOLA yang meliputi Ciri-ciri GENDOLA, Klasifikasi GENDOLA, kandungan zat atau nutrisi GENDOLA serta khasiat dan manfaat GENDOLA sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

gendola | tanaman gendola | manfaat gendola | daun gendola | bunga gendola | daun gondola | khasiat daun gendola | tanaman gondola | pohon gendola | manfaat tanaman gendola |
Gendola – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 16 Jun 2016. Gendola – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman ini tumbuh merayap atau memanjat hingga mencapai panjang sampai 6 meter, Tanaman ini dapat ditemukan dari 1-500 m dpl, selengkapnya mengenai tanaman gendola mengenai ciri-cii tanaman, kandungan kimia, khasiat serta manfaat dan klasifikasinya dapat anda simak dibawah ini! A. CIRI-CIRI TANAMAN GENDOLA BATANG Batangnya yang panjang ini tidak berkayu dan sangat lemah, bentuknya […]

4.9 Ahli Pengobatan
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...