Genjer – Ciri Tanaman, Kandungan Gizi, Khasiat Manfaat dan Klasifikasinya

loading...

Berikut ini adalah pembahasan tentang tanaman genjer yang meliputi ciri tanaman genjer, deskripsi tanaman genjer, khasiat dan manfaatnya serta klasifikasinya

A. CIRI-CIRI TANAMAN GENJER

Terna tahunan yang dapat mencapai tinggi setengah meter ini mudah ditemukan di perairan dangkal seperti sawah atau rawa; rimpang tebal dan tegak, terbenam dalam lumpur; daun tegak atau miring, tidak mengapung (berbeda dari eceng gondok), tangkainya panjang dan berlubang, helainya bervariasi bentuknya; mahkota bunga berwarna kuning dengan diameter 1.5cm, kelopak bunga hijau.

gambar tanaman genjer

foto tanaman genjer

Tumbuhan ini dapat menjadi gulma sawah yang serius jika tidak ditangani segera. Pemanfaatannya dapat membantu mengendalikan populasinya. Walaupun biasanya tidak intensif dibudidayakan, perbanyakan dapat dilakukan secara vegetatif walaupun bijinya pun dapat ditanam. Tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun.

DESKRIPSI TANAMAN GENJER
Konon tanaman ini berasal dari amerika, genjer mempunyai nama latin Limnocharis flava. Tanaman Genjer adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya ditemukan bersama-sama dengan eceng gondok.

Tanaman Genjer berkembang biak secara generatif dengan biji, serta vegetatif dengan sulur (anakan). Maka dalam waktu cepat genjer menyebar ke seluruh lahan basah dataran rendah dan menengah di Indonesia, terutama di lahan sawah. Bersama dengan tanaman air lainnya, genjer kemudian menjadi gulma bagi tanaman padi sawah.
Meskipun dalam waktu cepat menyebar ke areal persawahan, genjer bukan menjadi gulma yang potensial mengancam tanaman padi. Beda dengan eceng gondok, yang kemudian menjadi gulma yang mengancam perairan tropis, dan sampai sekarang sulit untuk diatasi, genjer tidak terlalu mengganggu tanaman padi di sawah. Bahkan para petani bisa memanfaatkannya sebagai sayuran yang cukup lezat citarasanya.

gambar kegunaan tanaman genjer
Tanaman Genjer dikenal sebagai “sayuran orang miskin” Pada jaman pendudukan Jepang (1942-1945) ketika krisis pangan terjadi, genjer jadi alternatif bahan makananan.
gambar manfaat tanaman genjer
Perannya sebagai makanan rakyat miskin digambarkan dalam lagu populer berbahasa Osing yang diciptakan oleh seniman asal Banyuwangi, Muhammad Arief, pada tahun 1940-an, Genjer-genjer.
Kini genjer tidak lagi identik dikonsumsi masyarakat golongan bawah, tetapi ia mulai merambah di beberapa restoran-restoran elit.

download lagu dangdut

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN GENJER

Daun dan bunga genjer mengandung kardenolin, di samping itu daunnya juga mengandung flavonoida dan polifenol. Dalam setiap 100 g genjer mengandung energi 39 kkal, protein 1,7 g, karbohidrat 7,7 g, kalsium 62 mg, fosfor 33 mg dan zat besi 2.1 mg. Sayuran ini juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga saluran sistem pencernaan.

C. KHASIAT DAN MANFAAT GENJER

Jika rajin mengkonsumsi sayuran ini, dipercaya kanker kolon dan sembelit akan jauh dari Anda. Daun dan bunga genjer berkhasiat sebagai penambah nafsu makan. Untuk penambah nafsu makan dipakai ±15 gram daun segar genjer, dicuci dan dikukus sampai setengah matang lalu dimakan sebagai lalapan.

  • Melancarkan Pencerna’an
    Genjer mengandung serat yang tinggi sehingga dapat berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Sudah terbukti pula bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi genjer dapat terbebas dari resiko terkena kanker kolon dan sembelit (sulit buang air besar).
  • Menambah Cadangan energi di dalam tubuh
    Genjer memiliki kandungan lemak yang dapat berperan sebagai cadangan energi di dalam tubuh kita.
  • Memperbarui sel-sel tubuh
    Genjer memiliki begitu banyak kandungan protein yang dapat berfungsi sebagai alat bantu dalam memproduksi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh kita. Tubuh kita ini selalu memproduksi begitu banyak sel setiap harinya agar dapat mengganti sel-sel yang sudah tidak berfungsi lagi. Dan protein inilah yang dapat membantu dalam memproduksi sel-sel baru tersebut di dalam tubuh kita.
  • Mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker
    Genjer memiliki kandungan polifonel yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.
  • Memperkuat tulang
    Genjer memiliki kandungan kalsium yang dapat berperan penting dalam pertumbuhan tulang bagi anak-anak dan dapat memperkuat tulang dan mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis bagi orang dewasa khususnya yang sudah lanjut usia.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN GENJER

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI GENJER

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super divisi: Spermatophyta
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta
Classis (Kelas): Liliopsida
Sub Kelas : Alismatidae
Ordo (Bangsa): Alismatales
Familia (Suku): Limnocharitaceae
Genus (Marga): Limnocharis Humb. & Bonpl.
Species (Jenis): Limnocharis flava (L.)

NAMA-NAMA LAIN GENJER
Indonesia : Paku Rawan
Dalam bahasa internasional dikenal sebagai limnocharis, sawah-flower rush, sawah-lettuce, velvetleaf, yellow bur-head, atau cebolla de chucho.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat GENJER yang meliputi Ciri-ciri GENJER, Klasifikasi GENJER, kandungan zat atau nutrisi GENJER serta khasiat dan manfaat GENJER sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

tanaman genjer | Tumbuhan Genjer | ciri khusus genjer | ciri khusus tanaman genjer | ciri khusus tumbuhan genjer | gambar tumbuhan genjer | ciri ciri tumbuhan genjer | ciri genjer | ciri ciri genjer | genjer |
Genjer – Ciri Tanaman, Kandungan Gizi, Khasiat Manfaat dan Klasifikasinya Ahli Pengobatan 16 Jan 2017. Genjer – Ciri Tanaman, Kandungan Gizi, Khasiat Manfaat dan Klasifikasinya

loading… Berikut ini adalah pembahasan tentang tanaman genjer yang meliputi ciri tanaman genjer, deskripsi tanaman genjer, khasiat dan manfaatnya serta klasifikasinya A. CIRI-CIRI TANAMAN GENJER Terna tahunan yang dapat mencapai tinggi setengah meter ini mudah ditemukan di perairan dangkal seperti sawah atau rawa; rimpang tebal dan tegak, terbenam dalam lumpur; daun tegak atau miring, tidak […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...