Jamblang – Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI JAMBLANG (JUWET)

Buahnya kecil berukuran sekitar 2-3 cm, berbentuk lonjong sampai bulat telur.
Buahnya berwarna hijau ketika masih muda, jika masak berwarna ungu kemerahan atau ungu kehitaman.
Buahnya mempunyai rasa sepet, masam dan manis.

buah juwet jamblang

Gambar Buah Jamblang

Daging buah putih, kuning kelabu sampai agak merah ungu, hampir tak berbau, dengan banyak sari buah.
Buah jamblang juga memiliki biji berwarna putih berbentuk seperti kapsul, biji lonjong, sampai 3,5 cm, Bagian bunga jamblang tumbuh di ketiak daun dan di ujung percabangan. Kelopaknya berwarna hijau muda dan berbentuk lonceng. Mahkota bunganya berbentuk bulat telur, serta memiliki benang sari berwarna putih yang berbau harum.

pohon jamblang juwet

Gambar Tanaman/Pohon Jamblang

Jamblang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl. Tinggi pohonnya bisa mencapai 10 – 20 m. Pohon jamblang berbatang tebal, tumbuh membengkok, dan bercabang banyak. Bagian daunnya berwarna hijau, tebal, lebar, dan memiliki pertulangan menyirip.
Jamblang (Syzygium cumini) atau disebut juga jambu keling dan duwet adalah sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan

B. KANDUNGAN JAMBLANG

Buah jamblang mengandung zat-zat antara lain Zat antosianin, Vitamin C, Vitamin A, Riboflavin, kolin, asam folat, asam amino, Buah jamblang juga mengandung aneka zat mineral, antara lain natrium, kalium, kalsium, posfor, zat besi, seng, dan mangan

C. MANFAAT DAN KHASIAT JAMBLANG

Berdasarkan beberapa penelitian, berikut ini manfaat jamblang:

  • Kulit kayu bermanfaat untuk mengobati diabetes, diare.
  • Bagian daunnya memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai antioksidan, anti virus, anti inflamasi (penghilang radang), dan berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah (anti diabetes), mengobati konstipasi, dan menghilangkan alergi.
  • Buahnya kaya akan kandungan antosianin yang berperan penting sebagai antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.
  • Buah jamblang berpotensi sebagai anti kanker.
  • Bagian bunganya kaya akan nektar dan berguna untuk memelihara lebah sehingga dapat menghasilkan madu berkualitas tinggi
  • Biji buah jamblang digunakan untuk pengobatan kencing manis, diare, disentri, gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri lambung, keram perut, dll.

Manfaat Tanaman jamblang selain untuk pengobatan:

  • Bagian daun jamblang dijadikan pakan ternak dan makanan bagi ulat sutra tasar. Selain itu, bagian daunnya dijadikan sebagai penghasil minyak atsiri yang digunakan sebagai bahan pewangi dalam industri pembuatan sabun dan parfum.
  • Zat antosianin yang memberikan warna ungu pada kulit buah jamblang, juga merupakan sumber pewarna alami yang sangat potensial digunakan dalam industri pembuatan makanan.
  • Kayunya dapat digunakan untuk bahan bangunan, meskipun tidak istimewa dan agak mudah pecah. Kayu ini cukup kuat, tahan air dan serangan serangga; sekalipun agak sukar dikerjakan

D. KLASIFIKASI ILMIAH JAMBLANG

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi jamblang

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Myrtales
Familia (Suku): Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus (Marga): Syzygium
Species (Jenis): Syzygium cumini (L.) Skeels

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN JAMBLANG
Nama Latin (Binomial): Syzygium cumini (L.) Skeels
Nama Lokal Lainnya:Jamblang atau Duwet di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Seperti; jambe kleng (Aceh), jambu kling (Gayo), jambu kalang (Minang kabau), jamblang (Betawi dan Sunda), juwet, duwet, duwet manting (Jawa), dhalas, d. bato, dhuwak (Madura), juwet, jujutan (Bali), klayu (Sasak), duwe (Bima), jambulan (Flores), raporapo jawa (Makasar), alicopeng (Bugis), jambula (Ternate).
Di beberapa negara asing buah ini dikenal sebagai jamlang, jambelang, duwet (Malaysia), duhat (Filipina), jambul, jamun, atau Java plum (Inggris).

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Jamblang yang meliputi ciri-ciri Jamblang, klasifikasi Jamblang, kandungan zat atau nutrisi Jamblang serta khasiat dan manfaat Jamblang sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

pohon jamblang | buah duwet | buah jamblang | pohon duwet | buah juwet | Jamblang | gambar pohon jamblang | pohon juwet | ciri ciri jamblang | ciri-ciri tumbuhan jamblang |
Jamblang – Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 01 Des 2014. Jamblang – Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI JAMBLANG (JUWET) Buahnya kecil berukuran sekitar 2-3 cm, berbentuk lonjong sampai bulat telur. Buahnya berwarna hijau ketika masih muda, jika masak berwarna ungu kemerahan atau ungu kehitaman. Buahnya mempunyai rasa sepet, masam dan manis. Daging buah putih, kuning kelabu sampai agak merah ungu, hampir tak berbau, dengan banyak sari buah. Buah jamblang […]

4.9 Ahli Pengobatan
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...