Jamur Kayu

Tanaman Jamur Kayu (Ganoderma) adalah sejenis tumbuhan jamur yang biasanya tumbuh di atas kayu-kayu lapuk. Cendawan yang baru tumbuh berwarna kuning muda kecoklatan, setelah itu akan berubah warna menjadi coklat.
Sebagai “pathogen” tumbuhan, jamur kayu dapat menyebabkan pembusukan akar dan batang sehingga menyebabkan tanaman mati. Sedangkan sebagai “saprofit”, jamur ini telah lama digunakan sebagai bahan obat bagi manusia. Jamur kayu yang telah diolah menjadi obat punya banyak khasiat seperti meredakan nyeri rematik, menurunkan tekanan darah hingga membantu pengobatan kanker.

gambar jamur ganoderma lucidum
Adanya peran ganda tersebut membuat jamur kayu menjadi bahan menarik diteliti untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dasar maupun terapan dengan tujuan “bioprospecting

Beberapa jenis species jamur kayu antara lain “Ganoderma lucidium”, “Ganoderma applantum” dan “Ganoderma atrum” Merupakan organisme tingkat rendah yang tidak mempunyai tangkai, akar, dan daun sehingga disebut dengan tumbuhan tallus.

Jamur Kayu dalam bahasa cina yaitu “LingZhi” Menurut sejarah Cina, ling zhi ditemukan oleh seorang petani bernama Shen Nong, kemudian dicatat dalam bukunya, Shen Nong Herbal Classic. Seng Nong menyatakan, kriteria unggul nilai atau manfaat dari sebuah tanaman obat adalah bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama tidak menimbulkan efek samping.

Jamur Kayu bereproduksi secara vegetatif dengan membentuk tunas, konidia, ataupun fragmentasi miselium. Sementara, secara generatif Jamur Kayu membentuk basidiokarp.

Budidaya Jamur Kayu dapat dilakukan di daerah dengan suhu tinggi ataupun rendah. Suhu optimal untuk budidaya jamur ini adalah 27 derajat Celcius. Setelah dipanen, Jamur Kayu bisa disimpan dengan dikeringkan sehingga lebih awet.

KANDUNGAN ZAT TANAMAN JAMUR KAYU

Tubuh Ganoderma lucidum mengandung lebih dari 200 senyawa aktif yang dapat dibagi menjadi 3 kelompok utama, yakni

  • 30% senyawa larut dalam air (Polisakarida dan germanium organik)
  • 65% senyawa larut dalam pelarut organik (Adenosin dan terpenoid)
  • 5% senyawa volatil (asam ganoderat)

Jamur kayu juga mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin E, C, B3, B6, dan B12. dan mengandung beberapa macam mineral seperti natrium (Na), calcium (Ca), zinc (Zn), copper (Co) dan mangan (Mn).

Kandungan Nutrisi Ling Zhi
Karbohidrat : 43%
Protein : 26.4%
Lemak : 4.5%
Abu : 19.0%
Air : 6.9%

Kandungan Mineral dan Vitamin Ling Zhi : Jumlah(mg/100 g bahan)
Fosfor : 4,150
Kalium : 3,590
Magnesium : 1,030
Kalsium : 832
Natrium : 735
Zat Besi : 82,6
Niacin : 61,90
Vitamin B2 : 17,10
Vitamin B1 : 3,49
Vitamin B6 : 0,71
gambar jamur ganderma applanatum

loading...

KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN JAMUR KAYU

Ling zhi memiliki sifat rasa pedas, pahit, dan hangat. Mengonsumsi ramuan dari ling zhi mempunyai efek bersifat melindungi organ tubuh, membangun (constructive), mengobati, dan berdampak positif terhadap penyembuhan organ lain yang sakit. Sejauh ini belum pernah ditemukan efek negatif yang ditimbulkan setelah mengonsumsi ramuan ling zhi.

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan di berbagai negara, ling zhi bermanfaat sebagai herbal anti-diabetes, anti-hipertensi, anti-alergi, antioksidan, anti-[inflamasi], anti-hepatitis, analgesik, anti-HIV, serta perlindungan terhadap liver, ginjal, hemoroid atau wasir, anti-tumor, dan sistem imunitas (kekebalan tubuh)

Kandungan Beta-D glukan, glukorono-beta-D glukan, arabinoxylo-beta-D glukan serta senyawa lainnya dalam grup kompleks polisakarida dapat mencegah kanker, selain dapat merangsang pertumbuhan sel T, interleukin 2, pembunuh alami yang dapat menyerang dan menghancurkan sel terinfeksi.

KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN JAMUR KAYU

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI JAMUR KAYU

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Fungi
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian): Thallophyta
Classis (Kelas): Eumycetes
Sub Kelas : Basidiomycetes
Ordo (Bangsa): Himenomycetales
Familia (Suku): Polyporaceae
Genus (Marga): Ganoderma
Species (Jenis): Ganoderma applanatum

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN JAMUR KAYU
Nama China : Lingzhi atau ling zhi
Jepang: reishi
Korea: yeongji, hangul

Tinggalkan komentar