Jamur Kuping – Ciri-Ciri Tumbuhan Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI JAMUR KUPING

Ciri Jamur kuping adalah bentuk tubuh buahnya melebar mirip seperti kuping (telinga) manusia.
Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk, ketebalan, dan warnanya. Jamur kuping yang mempunyai bentuk tubuh buah kecil (sering disebut jamur kuping tikus) digemari oleh konsumen karena waranya lebih muda, dan rasanya sesuai dengan selera. Jamur kuping yang tubuh buahnya melebar (jamur kuping gajah) rasanya sedikit kenyal atau alot sehingga kurang disenangi karena harus diiris kecil-kecil bila akan dimasak.

gambar jamur kuping

Photo : Jamur Kuping

Karakteristik dari jamur kuping ini adalah memiliki tubuh buah yang kenyal (mirip gelatin) jika dalam keadaan segar. Namun, pada keadaan kering, tubuh buah dari jamur kuping ini akan menjadi keras seperti tulang. Bagian tubuh buah dari jamur kuping berbentuk seperti mangkuk atau kadang dengan cuping seperti kuping, memiliki diameter 2-15 cm, tipis berdaging, dan kenyal.

gambar jamur kuping

Photo : Jamur Kuping

Warna tubuh buah jamur ini pada umumnya hitam atau coklat kehitaman akan tetapi adapula yang memiliki warna coklat tua. Jenis jamur kuping yang paling memiliki nilai bisnis yang tinggi adalah yang memiliki warna coklat pada bagian atas tubuh buah dan warna hitam pada bagian bawah tubuh buah, serta ukuran tubuh buah kecil. Jamur kuping merupakan salah satu jamur konsumsi yang umum dikeringkan terlebih dahulu, kemudian direndam dengan air dalam waktu relatif singkat sehingga jamur ini akan kembali seperti bentuk dan ukuran segarnya.

Jamur kuping merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik. Fungi yang masuk ke dalam kelas ini umumnya makroskopis atau mudah dilihat dengan mata telanjang.

Cara Mengkonsumsi Jamur Kuping
Banyak cara untuk mengkonsumsi jamur kuping, untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan Cara termudah yaitu dengan menyajikannya sebagai menu masakan. Tak hanya nikmat, menu sejenis ini juga bisa jadikan makanan obat yang manjur.

Selain itu, kita lalu bisa bikin ramuan sendiri. Salah satunya lewat cara merebus jamur kuping ke dalam air sampai mendidih. Sesudah itu biarlah airnya tinggal setengahnya. Lantas saring serta minum airnya sejumlah 2 x 1 hari.
Namun perbandingannya, 10 gram jamur kuping dengan lebih kurang 5 atau 6 gelas air. Waktu memasak jamur bisa ditambahkan jahe supaya lebih hangat. Serta waktu memasak, baiknya tidak menggunakan panci yang terbuat dari aluminium maupun besi dikarenakan bisa menurunkan kandungan gizi serta faedahnya. Lebih baik saat memasak menggunakan keramik atau panci yang terbuat dari email.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN JAMUR KUPING

Kandungan zat/nutrisi jamur kuping terdiri dari kadar air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu dan nilai energi sebesar 351 kal.Kandungan lemak di dalam jamur, lebih dari 72% lemak dalam jamur ini termasuk unsaturated sehingga aman dan sehat jika dimakan. Vitamin di dalam jamur ini sendiri terdiri atas thiamine (vit. B-1), riboflavin (vit. B-2), niasin, biotin, vitamin C, dan sebagainya.[6] Sedangkan, kandungan mineral jamur ini tersusun oleh K, P, Ca, Na, Mg, Cu, dan beberapa elemen mikro lainnya. Kandungan serat di dalam jamur berkisar antara 7,4-27,6%.[6]

Kandungan nutrisi/zat yang terdapat pada jamur kuping per 100 g yaitu air 14.8 g, energi 284 kkal, protein 9.25 g, lemak 0.73 g, karbohidrat 73 g, serat 70.1 g, ampas 2.21 g. Pada jamur kuping terdapat pula berbagai macam vitamin dan mineral. Jenis vitamin yang ada dalam jamur kuping ialah thiamin 0.015 mg, riboflavin 0.844 mg, niacin 6.267 mg, asam pantotenat 0.481 mg, vitamin B6 0.112 mg, dan folat 38 mcg. Sementara itu, mineral yang terkandung dalam jamur kuping ialah kalsium 159 mg, besi 5.88 mg, magnesium 83 mg, fosfor 184 mg, kalium 754 mg, natrium 35 mg, seng 1.32 mg, tembaga 0.183 mg, mangan 1.951 mg, dan selenium 128 mcg.

C. KHASIAT DAN MANFAAT JAMUR KUPING

Jamur kuping memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya untuk mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Bila jamur kuping dipanaskan maka lendir yang dihasilkannya memiliki khasiat sebagai penangkal (menonaktifkan) zat-zat racun yang terbawa dalam makanan, baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, maupun racun berbentuk logam berat. Kandungan senyawa yang terdapat dalam lendir jamur kuping juga efektif untuk menghambat pertumbuhan karsinoma dan sarkoma (sel kanker) hingga 80-90% serta berfungsi sebagai zat anti koagulan (mencegah dan menghambat proses penggumpalan darah). Manfaat lain dari jamur kuping dalam kesehatan ialah untuk mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi), pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan darah, kekurangan darah (anemia), mengobati penyakit wasir (ambeien), dan memperlancar proses buang air besar.

Jamur kuping sering digunakan sebagai campuran sup ini memiliki rasa yang cukup lezat, Jamur kuping juga telah dijadikan sebagai bahan berbagai masakan seperti sayur kimlo, nasi goreng jamur, tauco jamur, sukiyaki, dan bakmi jamur dengan rasa yang lezat dan tekstur lunak yang terasa segar dan kering. Terlepas dari itu, jamur kuping sudah dikenal secara luas sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat sebagai obat dan penawar racun.

Jamur kuping selain untuk ramuan makanan, jamur kuping juga bermanfaat untuk Pengobatan yaitu

  • Penangkal / penonaktif racun baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, bakhan sampai ke racun berbentuk logam berat. Hampir semua ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan.
  • Untuk mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar
  • Kandungan senyawa yang terdapat dalam lendir jamur kuping juga efektif untuk menghambat pertumbuhan karsinoma dan sarkoma (sel kanker) hingga 80-90% serta berfungsi sebagai zat anti koagulan (mencegah dan menghambat proses penggumpalan darah).
  • Manfaat lain dari jamur kuping unutk kesehatan ialah mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi), pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan darah
  • mengatasi kekurangan darah (anemia)
  • Dapat menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan syaraf, dapat mengurangi stress, berfungsi sebagai antioksidan, dan juga antitumor.
  • mengobati penyakit wasir (ambeien) dan memperlancar proses buang air besar.
  • Menurut Prof Hung Zhao Guang, dalam makalahnya tentang gaya hidup warga usia pertengahan dan lanjut usia yang dialihbahasakan oleh Suryono Limputra di Perkumpulan Pancaran Hidup Jakarta, jamur kuping sangat bermanfaat bagi pengobatan jantung koroner.
    Dia membeberkan pengalaman pasiennya di Taiwan yang sembuh dari jantung koroner dan terhindar dari operasi by pass dengan menggunakan jamur kuping hitam. Meraciknya dengan cara:
    – merebus 10 gram jamur kuping
    – 40 gram daging kurus (lean meat)
    – tiga iris jahe
    – lima siung bawang
    – enam mangkuk air.
    Itu semua direbus hingga airnya tersisa dua mangkuk, lalu ditambahkan sedikit garam. Airnya diminum setiap hari sekali selama 45 hari.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN JAMUR KUPING

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi JAMUR KUPING

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Fungi (Jamur-Jamuran)
Divisio (Pembagian): Basidiomycota
Classis (Kelas): Agaricomycetes
Ordo (Bangsa): Auriculariales
Familia (Suku): Auriculariaceae
Genus (Marga): Auricularia
Species (Jenis): A. auricula-judae

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat JAMUR KUPING yang meliputi Ciri-ciri JAMUR KUPING, Klasifikasi JAMUR KUPING, kandungan zat atau nutrisi JAMUR KUPING serta khasiat dan manfaat JAMUR KUPING sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri jamur kuping | gambar jamur kuping | klasifikasi jamur kuping | ciri jamur kuping | ciri-ciri jamur kuping | bagian bagian jamur kuping | jamur kuping | Jamur kuping merah | bentuk jamur kuping | pengertian jamur kuping |
Jamur Kuping – Ciri-Ciri Tumbuhan Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 08 Des 2014. Jamur Kuping – Ciri-Ciri Tumbuhan Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI JAMUR KUPING Ciri Jamur kuping adalah bentuk tubuh buahnya melebar mirip seperti kuping (telinga) manusia. Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk, ketebalan, dan warnanya. Jamur kuping yang mempunyai bentuk tubuh buah kecil (sering disebut jamur kuping tikus) digemari oleh konsumen karena waranya lebih muda, dan rasanya sesuai dengan selera. Jamur kuping yang […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...