Jarak – Ciri-Ciri Tanaman Jarak Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI JARAK

BATANG
Batang berbatang lunak, silindris, beruas, tegak, warna cokelat kebiru-biruan, bagian dalam berlubang, permukaan halus, percabangan simpodial, arah cabang miring ke atas.
Jarak memiliki batang berbentuk bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas.

DAUN
Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun berseling (alternate), saat muda berwarna ungu – setelah dewasa hijau tua, panjang 10 – 45 cm, lebar 20 – 45 cm, tepi bergerigi (serratus), pertulangan menjari (palmate), bercangap menjari, 5 – 7 cangap, permukaan mengkilat (nitidus).
Biasanya daun jarak berwarna hijau tua pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah.

BUNGA
Bunga majemuk, bentuk tandan (racemus), muncul di ujung batang (terminalis), kelopak berwarna hijau, mahkota berwarna merah muda kadang merah.

BUAH dan BIJI
Buah kotak (capsula), belekuk tiga, berduri, panjang +/- 3 cm, buah muda berwarna hijau – setelah tua menjadi hitam, bentuk dengan biji lonjong – berwarna coklat berbintik hitam, berbuah setelah 2 – 3 tahun.

AKAR
Tanaman Jarak mempunyai Akar tunggang

gambar tanaman jarak

Photo : Tanaman Jarak

gambar tanaman jarak

Photo: Pohon Jarak

DESKRIPSI TANAMAN JARAK
Tanaman jarak disebut juga dengan jarak kepyar, Jarak merupakan tumbuhan liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7 – 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae, Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan Generatif (biji)
Jenis-Jenis Tanaman Jarak
Jarak Pagar (Jatropha curcas)
Jarak Merah (Jatropha gossypifolia)
Jarak Tintir (Jatropha multifida)
Jarak Pagar (Jatropha acerifolia)
Jarak Hias (Jatropha podagrica)
Jarak Kepyar (Ricinus communis)

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN JARAK

Tanaman jarak merupakan sumber minyak jarak, dan mengandung zat ricin, sejenis racun yang mematikan. Pohon jarak merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan suatu asam lemak hidroksi, yaitu asam ricinoleat.
Getah Tanaman Jarak Pagar mengandung flavonoid dan saponin serta kandungan jatrophie yang bersifat antijamur.
Pada bagian daun jarak pagar ditemukan senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol.
Sedangkan pada biji tanaman jarak ( Jatropha curcas L.) telah ditemukan kandungan β-glukanase yang memiliki aktivitas antifungi, toksalbumin dan curcin yang tidak hanya memiliki aktivitas sebagai antifungi, tetapi kandungan kimia ini juga bermanfaat sebagai antikanker (Ditjenbun, 2007).
Ampas dari Biji Jarak yang sudah diperas minyaknya mengandung nitrogen, fosfat dan kalium.
Kulit Batang Jarak Pagar mengandung tanin, malam, resin dan saponin.

Biji : Minyak ricinic 40- 50 % dengan kandungan glyceride dari ricinoleic acid, isoricinoleic acid, oleic acid, linolenic acid, dan stearic acid. Juga mengandung ricinine, sejumlah kecil cytochrome C, Lipase dan beberapa enzym. Disamping ricin D, dengan cara pemurnian bertingkat didapat acidic ricin dan basic ricin.

Daun : Kaemferol-3-rutinoside, nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, kaempferol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vit.C 275 mg %.

Minyak : Ricinoleic acid 80%, palmitic acid, stearic acid, linoleic acid, linolenic acid, dihydroxystearic acid, triricinolein 68,2%, diricinolein 28%, monoricinolein 2,9%, nonricinolein 0,9%.

Akar : Methyltrans-2-decene-4,6,8-triynoate, 1-tridecene-3,5,7,9,11-pentyne, Beta-sitosterol.

C. KHASIAT DAN MANFAAT JARAK

Minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu tinggi sehingga minyak jarak dipakai sebagai campuran pelumas.

download lagu dangdut
  1. Manfaat Jarak untuk atasi Keputihan pada lidah bayi
    Pada bayi yang sedang menyusui, biasanya terdapat keputihan yang menempel pada langit-langit lidah. Hal ini menyebabkan sang bayi enggan untuk menyusui dan berat badannya cenderung naik. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan getah daun jarak pagar. Biasanya daun jarak yang baru dipetik akan mengeluarkan getah pada tangkai daunnya. Oleskan getah itu pada lidah bayi dan keputihan akan keluar bersama air liur.
  2. Manfaat Jarak untuk Mengobati radang telinga
    Radang telinga bisa terjadi karena Influensa yang mendadak ditandai suhu badan naik, sakit dalam telinga, sedikit tuli seperti berdengung. Untuk mengatasinya, ambillah setengah sendok makan Getah Jarak Pagar lalu diteteskan sebanyak 6 tetes ke dalam telinga anak, sehari boleh dilakukan 6 kali sampai sembuh.
  3. Manfaat Jarak untuk Obat Sakit Gigi Berlubang
    Getah jarak bersifat antimikroba sehingga dapat mengusir bakteri seperti jenis staphylococcus, Streptococcus dan Escherechia Coli dan dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Caranya dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian ditempelkan pada gigi yang berlubang. (Hariyono dan Soenardi, 2005).
  4. Manfaat Jarak untuk Obat Sariawan
    Patahkan tangkai dari pohon jarak yang baru dipetik, akan ada sedikit getah yang keluar. Getah itulah yang langsung dioelskan di bibir yang sedang sariawan. Bila getah belum keluar, pencet sedikit di ujung tangkainya (Ditjenbun, 2007).
  5. Manfaat Jarak untuk Perut Kembung dan Masuk angin
    Bila bayi tiba-tiba mencret dan perutnya kembung akibat masuk angin, ambillah beberapa lembar daun jarak pagar yang tua. Kemudian disiangi di atas nyala api biar agak layu dan diolesi minyak kelapa, minyak telon atau kayu putih. Setelah itu ditempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang. Biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dari dalam perut.
  6. Manfaat Jarak untuk mengatasi Susah buang air besar
    Jika Anda mengalami susah buang air besar, petik 4 helai daun jarak pagar yang segar karena berfungsi sebagai pencahar ringan. Cuci bersih, kemudian kukus hingga layu dan di makan daunnya yang sudah di kukus selama 7 hari berturut–turut atau sampai penyakit sembelitnya berkurang atau hilang.
  7. Manfaat Jarak untuk mengobati Koreng, Jamur, dan Gatal
    Carilah minyak jarak pagar asli (biasa tersedia di tukang urut). Kemudian dipanaskan terlebih dahulu. Setelah itu celup dengan kapas dan oleskan pada bagian kulit yang sakit. Minyak biji jarak tidak boleh tertelan karena mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.
  8. Manfaat Jarak untuk mengatasi Luka dan Pendarahan
    Obat Luka : 2 sendok teh Minyak Jarak Pagar, ¼ sendok the Belerang, sejari tangan kayu Secang / Cendana, 2 Sendok makan Vaselin, semuanya dipanaskan atau tumis dan aduk merata, dinginkan sebentar sebelum dioleskan pada luka.Luka baru berdarah bisa dihentikan langsung dengan Getah Pohon Jarak Pagar karena bersifat Anti Mikroba seperti Bethadine untuk mengusir Infeksi/Bakteri Staphylococcus, Streptococcus, dan Escherichia coli.
  9. Manfaat Jarak sebagai Obat Rematik
    Ambil daun Jarak Pagar yang tua dan segar, di cuci bersih dan di tumbuk halus dengan air secukupnya. Lumuri bagian tubuh yang terserang rematik atau terkena exim, gatal, dsb. Atau bisa juga di compress dan biarkan selama beberapa jam lalu dignti dengan yang baru.
  10. Mengobati batuk dan Mengencerkan dahak
    Ambillah akar pohon jarak secukupnya, kemudian dibersihkan dan direbus dengan air 7 gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Air rebusan tersebut di minum pagi dan sore hari. Ulangi sampai 3 kali rebusan baru diganti akar yang baru.
  11. Menyuburkan Rambut
    20-30 biji jarak ditumbuk, lalu diperas untuk diambil minyaknya. Oleskan minyak itu ke kulit kepala.
  12. Khasiat Jarak untuk Memperbesar alat vital
    Selain beberapa manfaat diatas, ada satu lagi manfaat jarak pagar yang paling dicari oleh para pria, yaitu membesarkan penis. Caranya adalah, sediakan 10 lembar daun jarak beserta batangnya dan satu buah jeruk nipis. Keduanya ditumbuk hingga halus. Sebelumnya lakukan pemijatan pada alat vital dengan minyak zaitun hingga terasa hangat. Setelah itu barulah dilakukan pemijatan dengan ramuan tadi. Satu ramuan digunakan untuk tiga kali pemijatan.
  13. Khasiat Jarak untuk Mengencangkan Payudara
    3 helai daun jarak, 2 buah pinang, 1 ibu jari jahe, 1 sendok teh garam ditumbuk sambil diberi 1/2 gelas air. Balurkan ramuan ini ke payudara anda dan diamkan sampai kering. Setelah itu, cuci payudarah dengan air hangat.

MANFAAT JARAK SELAIN UNTUK PENGOBATAN/KESEHATAN

  • Keseluruhan tanaman : Reboisasi penghijauan lahan tandus dan kritis Penahan Erosi, Kayu Bakar, Tanaman Pagar, Pelindung Tanaman Lain (karena beracun).
  • Daun : Pengembangan Ulat Sutera (eri silkworm)
  • Getah : Mengandung Protase Penyembuh Luka (curcain), Pengobatan (infeksi jamur, sengatan serangga, masalah pencernaan)
  • Biji : Insektisida, Makanan/Pakan Ternak (jika berasal dari varietas yang tidak beracun), Produktivitas: 5 – 25 ton/ha/tahun (setelah umur 5 tahun)
  • Daging Buah : Bahan Bakar, Pupuk Hijau, Produksi Biogas
  • Minyak Biji : Produksi Sabun, Bahan Bakar, Insektisida.
  • Bungkil Biji : Pupuk, Produksi Biogas, Pakan Ternak (dari varietas tak beracun)
  • Cangkang Biji : Bahan Bakar.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN JARAK

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi JARAK

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Euphorbiales
Familia (Suku): Euphorbiaceae
Genus (Marga): Ricinus
Species (Jenis): Ricinus communis L

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN JARAK
Nama Latin : Ricinus Communis L.
Indonesia: Jarak kepyar, jarak kaliki (Sunda), tanggang-tanggang raja (Makasar), peleng kaliki (Bugis)
Inggris: castor bean, castor oil plant, palma Christi, wonder tree
Melayu: Pokok jarak, kacang kastor
Thailand: Lahung daeng
Pilipina: Tangan-tangan
Cina: Bi ma, ma hong liang
Jepang: Hima, rishin

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat JARAK yang meliputi Ciri-ciri JARAK, Klasifikasi JARAK, kandungan zat atau nutrisi JARAK serta khasiat dan manfaat JARAK sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

Ciri ciri daun jarak pagar | ciri ciri pohon jarak | ciri ciri daun jarak | Nama lain daun jarak | bentuk daun jarak | ciri daun jarak | ciri ciri pohon jarak pagar | nama latin daun jarak | ciri-ciri pohon cendana | Ciri-ciri daun jarak pagar |
Jarak – Ciri-Ciri Tanaman Jarak Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 05 Des 2014. Jarak – Ciri-Ciri Tanaman Jarak Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI JARAK BATANG Batang berbatang lunak, silindris, beruas, tegak, warna cokelat kebiru-biruan, bagian dalam berlubang, permukaan halus, percabangan simpodial, arah cabang miring ke atas. Jarak memiliki batang berbentuk bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. DAUN Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun berseling (alternate), saat muda berwarna ungu – […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...