Jati Belanda – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI JATI BELANDA

DAUN
Daunnya berbentuk bundar telur, memanjang dengan permukaan berbentuk halus, pada saat musim kemarau daunnya sering rontok.

BUNGA
Bunganya kecil-kecil berwarna kuning serta berbau harum.

BUAH dan BIJI
Buahnya bila sudah masak berwarna hitam, kulitnya kasar namun manis rasanya dan tidak banyak bijinya

gambar daun jati belanda

Photo : Daun Jati Belanda

DESKRIPSI SINGKAT TANAMAN JATI BELANDA
Tanaman ini berasal dari amerika tropik, dan di bawa ke indonesia oleh bangsa portugis, tumbuhnya di dataran rendah dekat pantai sampai daerah pegunungan 800m diatas permukaan laut.
Ketahanan terhadap keadaan yang kering menyebabkan jenis ini berhasil tumbuh di daerah yang kering.
Di jawa dikenal adanya varietas Tomentosa K.Schum.
Tanaman ini biasanya ditanam sebagai pohon peneduh rumah, tanaman pekarangan atau tumbuh liar hutan.
Jati belanda atau Guazuma ulmifolia Lamk. mempunya sinonim nama latin Guazuma tamentosa Kunth, Di Jawa, tanaman ini disebut jati londa atau jatos landi, Daun jati belanda sudah umum terdapat dalam jamu pelangsing tubuh dan biasanya dibuat dalam bentuk teh.

gambar tanaman jati belanda

Tanaman Jati Belanda

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN JATI BELANDA

Mengenai komposisi atau zat yang terkandung dalam tanaman jati belanda, ternyata belum banyak di ungkap oleh para ahli.

C. KHASIAT DAN MANFAAT DAUN JATI BELANDA

Daun tanaman ini bisa digunakan untuk ramuan jamu pelangsing tubuh, bisa juga sebagai obat penyakit kaki gajah (bengkak).
Biji jati belanda bisa mengkerutkan jaringan, bermanfaat pula obat batuk dan diare.
Sedangkan kulit batang jati belanda bisa digunakan untuk tonikum, obat penyakit herpes dan lepra, dan juga sebagai ramuan pelancar keluarnya keringat.

Berikut ini adalah beberapa ramuan obat menggunakan daun jati belanda :
1. Daun Jati Belanda untuk Pelangsing
Ambil tujuh lembar daun jati belanda segar lalu cuci bersih. Tambahkan sepotong rimpang bangle, temulawak, atau kunir putih. Rebus dengan satu setengah gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum. Saat meramunya harus bersamaan dengan temulawak atau kunir putih guna mengurangi efek iritasi lambung. Selama mengonsumsi ramuan ini, tetaplah minum banyak air putih.

2. Daun Jati Belanda Sebagai Peluruh kolesterol
Ambil beberapa lembar daun jati belanda kering. Seduh dengan air panas secukupnya, seperti membuat teh. Saring sebelum diminum. Agar tidak hambar, tambahkan satu sendok madu atau gula batu.

3. Daun Jati Belanda untuk Pereda Diare
Daun jati belanda kering digiling untuk dijadikan serbuk. Ambil 20 gr serbuk ini dan seduh dengan air panas. Kemudian saring dan minum dua kali sehari. Jika suka, bisa dicampur kencur dan madu secukupnya.
Catatan: Orang yang bermasalah dengan ginjal sebaiknya menghindari ramuan ini.

EFEK SAMPING DAUN JATI BELANDA : Penggunaan daun jati belanda secara berlebihan (ramuan pelangsing tubuh) bisa mengakibatkan kerusakan pada usu, sedangkan buahnya yang terlalu manis bisa menyebabkan mencret.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN JATI BELANDA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi JATI BELANDA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo (Bangsa): Malvales
Familia (Suku): Sterculiaceae
Genus (Marga): Guazuma
Species (Jenis): Guazuma ulmifolia Lamk

NAMA-NAMA LAIN JATI BELANDA
Nama Latin Jati Belanda : Guazuma ulmifolia Lamk
Sinonim: Guazuma tomentosa Kunth.
Indonesia: Jati belanda

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat JATI BELANDA yang meliputi Ciri-ciri JATI BELANDA, Klasifikasi JATI BELANDA, kandungan zat atau nutrisi JATI BELANDA serta khasiat dan manfaat JATI BELANDA sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

daun jati belanda rahim kering | pohon jati belanda | daun jati belanda | Jati belanda | ciri ciri daun jati belanda | gambar daun jati belanda | nama lain pohon jati belanda | klasifikasi jati belanda | klasifikasi daun jati belanda | gambar jati belanda |
Jati Belanda – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 18 Jan 2015. Jati Belanda – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI JATI BELANDA DAUN Daunnya berbentuk bundar telur, memanjang dengan permukaan berbentuk halus, pada saat musim kemarau daunnya sering rontok. BUNGA Bunganya kecil-kecil berwarna kuning serta berbau harum. BUAH dan BIJI Buahnya bila sudah masak berwarna hitam, kulitnya kasar namun manis rasanya dan tidak banyak bijinya DESKRIPSI SINGKAT TANAMAN JATI BELANDA Tanaman ini […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...