Jengger Ayam – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Sudah tahukah anda tanaman obat jengger ayam, tanaman yang memiliki bunga merah merekah seperti jengger ayam ini mempunyai banyak khasiat untuk pengobatan, Apa saja ciri-ciri tanaman jengger ayam serta khasiat dan manfaatnya, mari kita simak selengkapnya :

gambar tanaman obat jengger ayam

Photo : Tanaman Obat Jengger Ayam

A. CIRI-CIRI JENGGER AYAM

BATANG
Batangnya tebal dan kuat dengan daun tunggal, tumbuh berseling, berbentuk bulat telur sampai memanjang dengan panjang 5 cm – 12 cm dan lebar 3,5 cm – 6,5 cm berujung runcing, bertepi rata dan berwarna hijau dengan sedikit garis merah di tengah-tengah daun
DAUN
Tanaman Jengger Ayam mempunyai daun tunggal, bertangkai, letak berseling. Helaian daun bentuknya bulat telur sampai memanjang dengan panjang 5–12 cm, lebar 3,5–6,5 cm, ujung meruncing, pangkal runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, warnanya hijau dengan sedikit garis merah di tengah daun.
BUNGA
Bunganya majemuk berbentuk bulir, tebal berdaging, bagian atas melebar seperti jengger ayam jago, berlipat-lipat dan bercangap atau bercabang, keluar di ujung batang atau di ketiak daun, warnanya ungu, merah, dadu, atau kuning.
BUAH dan BIJI
Buahnya kotak, bulat telur, merah kehijauan, retak sewaktu masak, terdapat dua atau beberapa biji kecil, berwarna hitam. Perbanyakan dengan biji.

gambar bunga jengger ayam

Photo: Bunga Jengger Ayam

Jengger ayam adalah tanaman bunga yang bentuk bunganya menyerupai daging merah yang tumbuh dibagian kepala ayam jantan.
Tanaman semusim ini tumbuh tegak dengan tinggi antara 60 cm – 90 cm, pada umumnya tidak tumbuh liar melainkan di taman-taman atau halaman rumah sebagai tanaman hias dan tempat-tempat lain hingga ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.

gambar tanaman hias jengger ayam

Photo : Tanaman Hias Jengger Ayam

Bunga jengger ayam rasanya manis, sifatnya sejuk, astringen, dengan afinitas ke meridian hati dan ginjal, dapat digunakan untuk anti radang, menghentikan keputihan dan menerangkan pengelihatan Tanaman ini dapat menghentikan perdarahan, seperti pada batuk darah, muntah darah, mimisan, dan wasir berdarah.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN JENGGER AYAM

Bunga mengandung minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin, pinitol, sedangkan pada daun terdapat saponin, flavonoida, dan polifenol

C. KHASIAT DAN MANFAAT JENGGER AYAM

Berikut ini adalah beberapa khasiat tanaman jengger ayam sebagai pengobatan dan cara meramunya :
1. Menjernihkan Mata
Cuci batang, daun, dan bunga sampai bersih. Setelah itu tumbuk hingga lembut, kemudian rebus dengan air 500ml hingga mendidih dan angkat setelah airnya kira-kira tinggal separonya. Tambahkan madu murni agar lebih nikmat.
Minum ramuan obat herbal tradisional ini selagi hangat.

2. Untuk Menghentikan perdarahan, seperti pada batuk darah, muntah darah, mimisan, dan wasir berdarah
Rebus semua bahan segar, seperti bunga jengger ayam, urang-aring (Eclipta prostrate), dan akar alang-alang (Imperata cylindrica) masing-masing 15 g dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu minum sekaligus pada pagi hari sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi dan minum pada sore hari.

3. Cara Lain Untuk Menyembuhkan Perdarahan rahim/Haid yang tak kunjung berhenti
Giling bunga jengger ayam kering menjadi serbuk. Ambil sebanyak 5 g, seduh dengan secangkir air panas, lalu tutup. Setelah dingin, minum sekaligus. Lakukan 3-4 kali sehari.

4. Untuk Menyembuhkan Penyakit Keputihan
Siapkan bunga jengger ayam dan sambiloto (Androraphis paniculata)(masing-masing bahan kering sebanyak 15 g) serta daun iler segar (Coleus scutellarioides) (10 lembar). Tambahkan tiga gelas air danrebus sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi dan minum airnya pada sore hari.

5. Untuk Mengobati Penyakit Infeksi saluran kencing
Siapkan bunga jengger ayam (15 g), herba daun sendok (Plantago mayor) (15 g), daun kumis kucing (Orthosiphon spicatus) (30 g), dan daun sambiloto (20 g). semuanya dalam bentuk bahan kering. Cuci semua bahan, lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum sehari tiga kali, masing-masing setengah gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh

6. Untuk Mengobati Penyakit Disentri
Siapkan bunga jengger ayam (15 g), sambiloto (Andrographis paniculata ) (15 g), dan patikan kebo ( euphorbia hirta) (10 g). semuanya dalam bentuk bahan kering. Tambahkan tiga gelas air dan rebus sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi, minum airnya pada sore hari.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN JENGGER AYAM

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi JENGGER AYAM

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Amaranthaceae (suku bayam-bayaman)
Genus (Marga): Celosia
Species (Jenis): Celosia cristata L.

NAMA-NAMA LAIN JENGGER AYAM
Nama latin jengger ayam : Celosia Cristata
Sulawesi : tatara manuk, sapiri manu, bunga api-api, laya, langgelo, kaputi ayam, rangrang jangang, bunga lali manu, dan puwa ri sawito.
Jawa : Jawer hayam (bahasa Sunda), jawer kotok, bayem cenggeng, jhanggar ayam atau rebha mangsor, sedangkan di Sumatera disebut sebagai celala, banda ulu, dan bunga tali.
Maluku : Wire, kolak, toko, marerede, sule-sule.
Nusa tenggara : janggar siap, ndae ana sina atau bunak manula larit.
Pilipina: Palong-manok

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat JENGGER AYAM yang meliputi Ciri-ciri JENGGER AYAM, Klasifikasi JENGGER AYAM, kandungan zat atau nutrisi JENGGER AYAM serta khasiat dan manfaat JENGGER AYAM sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

bunga jengger ayam | tanaman jengger ayam | bunga jengger | kembang jengger ayam | bunga jenger ayam | pohon jengger ayam | ciri ciri bunga jengger ayam | klasifikasi jengger ayam | klasifikasi jawer kotok | gambar bunga jengger ayam |
Jengger Ayam – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 21 Jan 2015. Jengger Ayam – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Sudah tahukah anda tanaman obat jengger ayam, tanaman yang memiliki bunga merah merekah seperti jengger ayam ini mempunyai banyak khasiat untuk pengobatan, Apa saja ciri-ciri tanaman jengger ayam serta khasiat dan manfaatnya, mari kita simak selengkapnya : A. CIRI-CIRI JENGGER AYAM BATANG Batangnya tebal dan kuat dengan daun tunggal, tumbuh berseling, berbentuk bulat telur […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...