Jeruk Nipis – Ciri-Ciri Serta Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN JERUK NIPIS/JERUK PECEL

Daun
Daun Jeruk Nipis berbentuk bulat telur dengan ujung yang tumpul, tangkai daun lebar dan bersayap
Buah
Bentuk buah Jeruk Nipis adalah bulat, berwarna hijau tua dan berubah menjadi kuning bila sudah masak, memiliki diameter 3-6 cm, daging buahnya tipis memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon
Batang
Batang pohon jeruk nipis tegak dengan tinggi kurang lebih 5m, batangnya berduri dan tajam, berwana hijau tua sampai kekuning-kuningan.
Bunga
Bunga biasanya muncuk dari ketiak daunnya, bentuknya malai terdiri dari kurang lebih 17 bunga, berbau harum dan berwarna putih kekuningan dengan tepi merah muda.

gambar buah jeruk nipis

Gambar : Tanaman Buah Jeruk Nipis

gmbar daun jeruk nipis

Gambar : Daun Jeruk Nipis

gambar irisan buah jeruk nipis

Gambar : Irisan Buah Jeruk Nipis

gambar batang jeruk nipis

Gambar : Batang Tanaman Jeruk Nipis

gambar pohon jeruk nipis

Gambar : Pohon Jeruk Nipis

B. KANDUNGAN ZAT / KOMPOSISI JERUK NIPIS

Kandungan zat yang terdapat pada jeruk nipis yaitu Linalool, minyak terbang Limonene dan flavonoid, seperti Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin. Pada buah jeruk nipis yang sudah masak mengandung Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Kalsium, Fosfor, Besi, serta Vitamin A, B1, dan C. Sedangkan Asam sitrat yang dikandungnya dapat mencegah kambuhnya pasian setelah operasi batu ginjal.
Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya.
Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg.

C. KHASIAT DAN MANFAAT JERUK NIPIS

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Memutihkan dan Menghaluskan Kulit
cara mengencangkan dan memutihkan wajah dengan jeruk nipis yaitu dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur lalu di oleskan pada sekitar wajah, lalu dengan membiarkannya hingga mengering , ketika sudah 20-30 menit lalu basuhlah dengan muka anda menggunakan air dingin.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Jerawat.
Iris jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu irisan tadi digosokan pada bagian kulit wajah yang terkena jerawat maupun tidak (untuk mencegah) cara tersebut bisa dilakukan rutin setiap hari maka hasilnya akan terlihat jika sudah anda gunakan beberapa minggu bahkan beberapa hari

Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Noda Hitam
Untuk menghilangkan Noda Hitam dengan Jeruk Nipis caranya dengan menggosok lembut jeruk nipis pada bagian flek hitam diwajah. lakukan cara ini secara rutin dan teratur maka noda hitam akan nampak samar dan akhirnya tidak akan terlihat

Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Rambut
Jeruk nipis juga bisa anda gunakan untuk merawat kesehatan rambut sekaligus untuk mengatasi beberapa masalah rambut seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya cukup simpel, yaitu hanya dengan membasuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih (dianjurkan untuk memakai shampo).

Menghilangkan Bau Badan
Apabila bau badan anda bau, pakailah resep ini: Potong satu jeruk nipis yang besar menjadi 2 belah bagian,olesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih,kemudian oleskan di ketiak anda setelah habis mandi dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.

Jeruk Nipis untuk Diet
Jeruk nipis manis itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.
Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga menyediakan serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan.

Jeruk Nipis Dapat Melancarkan Pencernaan
Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

Jeruk Nipis Atasi sembelit
Jeruk dianggap buah terbaik untuk mengeluarkan racun dari saluran usus dan membantu membersihkan lurus. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis akan membantu memberikan pengobatan terhadap masalah sembelit. Rasa manis jeruk nipis mengandung serat makanan yang sangat penting untuk mencegah sembelit. Cara terbaik untuk minum jus jeruk nipis dengan menambahkan sedikit garam ke dalam jus.

Jeruk Nipis Untuk penyakit kuning
Jeruk nipis manis telah digunakan sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati penyakit kuning. Hal ini karena kandungan gizi dalam buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan diyakini memiliki efek meredakan demam dan penyakit kuning.

Mengatasi masalah buang air kecil
Tingginya jumlah kandungan kalium dalam air jeruk nipis dapat membantu membilas racun dari ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis sangat efektif menyembuhkan infeksi kandung kemih.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Rutin mengonsumsi jeruk nipis dapat meningkatkan fungsi jantung dan akhirnya membuat sirkulasi darah meningkat, sehingga tubuh menjadi sehat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga memberikan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh.

Jeruk Nipis Untuk Mengobati Batuk
Jika anda terserang batuk, segera cari jeruk nipis karena jeruk nipis ini salah satu obat batuk yang paling mujarab gini caranya,siapkan air hangat secukupnya lalu peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan kecap atau madu kemudian beri sedikit garam, aduk hingga merata dan saring. Jangan lupa minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk anda tersebut.

Mengobati Amandel
Anda pasti belum tau bahwa penyakit amandel bisa disembuhkan dengan jeruk nipis. Caranya cuci 3 jeruk nipis dengan air bersih, potong-potong menjadi bagian kecil kemudian rebus dengan 2 gelas air yang mendidih hingga tersisa 3/4 dan saring, dalam keadaan yang hangat gunakan air tersebut untuk berkumur,lakukan 3-4 kali sehari.

Jeruk Nipis Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamn C yang tedapat pada tanaman ini akan memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan beragam penyakit lainnya. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat akan menjaga dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Jeruk Nipis Untuk Menghambat Penuaan
Kandungan Vitamin C dari jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan alami. Sehingga tubuh akan mampu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda.Jika ingin awet muda, maka minum segelas jeruk nipis hangat memastikan Anda melawan kerutan akibat penuaan dini.

Jeruk Nipis Menyembuhkan radang tenggorokan
Caranya, Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

Jeruk Nipis Untuk Mengobati Ambeien
Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

Jeruk Nipis Mengobati Batu Ginjal
Untuk memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat batu ginjal caranya adalah: Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

Jeruk Nipis untuk mengobati Anyang-anyangan
Cara: Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

Jeruk Nipis untuk atasi Vertigo
Cara: Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

Jeruk Nipis untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok
Iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

Jeruk Nipis Mengobati kurap atau panu
Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

Jeruk Nipis Menurunkan tekanan darah tinggi
Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

Jeruk Nipis Penambah Stamina
Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

Jeruk Nipis Sebagai obat luar terkilir
Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

D. KLASIFIKASI ILMIAH JERUK NIPIS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Jeruk Nipis

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Sapindales
Familia (Suku): Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus (Marga): Citrus
Species (Jenis): Citrus aurantifolia (Christm.) Swing

NAMA-NAMA LAIN JERUK NIPIS
Nama Latin (Binomial) Jeruk Nipis : Citrus aurantifolia (Christm.) Swingle
Indonesia: Jeruk nipis, jeruk mipis, jeruk pecel (Jawa)
Inggris: Lime
Melayu: Limau nipis, limau asam
Vietnam: Chanh vo mong, chanh ta
Thailand: Manao
Pilipina: Dayap

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Jeruk Nipis yang meliputi Ciri-ciri Jeruk Nipis, Klasifikasi Jeruk Nipis, kandungan zat atau nutrisi Jeruk Nipis serta khasiat dan manfaat Jeruk Nipis sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

gambar jeruk nipis | ciri jeruk nipis | Ciri-ciri jeruk nipis | ciri ciri fisik jeruk nipis | jeruk nipis | jeruk pecel | nama lain jeruk nipis | ciri ciri tanaman jeruk nipis | pohon jeruk nipis | ciri ciri daun jeruk |
Jeruk Nipis – Ciri-Ciri Serta Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Ahli Pengobatan 01 Des 2014. Jeruk Nipis – Ciri-Ciri Serta Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN JERUK NIPIS/JERUK PECEL Daun Daun Jeruk Nipis berbentuk bulat telur dengan ujung yang tumpul, tangkai daun lebar dan bersayap Buah Bentuk buah Jeruk Nipis adalah bulat, berwarna hijau tua dan berubah menjadi kuning bila sudah masak, memiliki diameter 3-6 cm, daging buahnya tipis memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya […]

4.9 Ahli Pengobatan
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...