Jeruk Purut – Ciri-Ciri Jeruk Purut, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Sudah tahukah anda dengan tanaman jeruk purut, ya.. jeruk memang banyak ragamnya, mulai dari jeruk buah, jeruk nipis, jeruk bali, jeruk purut dan lain sebagainya.
Namun kali ini yang akan kita bahas adalah jeruk purut, berikut adalah uraian selengkapnya :

daun dan buah jeruk purut

Photo : Daun jeruk purut dan Buah jeruk purut

A. CIRI-CIRI JERUK PURUT

BATANG
Tumbuhannya berbentuk pohon kecil (perdu) kurang lebih 3-5 meter, rantingnya berduri tajam, dan mempunyai banyak cabang.

DAUN
Jeruk purut yang berdaun khas membentuk angka 8 dan berwarna hijau tua, Selain itu, bentuknya juga bervariasi, ada yang bulat dan ada pula yang lonjong. Pangkal daunnya ada yang tumpul dan bundar, ada pula yang cenderung meruncing. Panjang daunnya antara 8 cm hingga 15 cm, dan lebarnya hingga 6 cm. Permukaan daunnya halus dan licin.

BUAH dan BIJI
Buahnya yang berukuran kecil yang hanya berdiameter 1 – 2 cm ini memiliki warna hijau tua dan berkerut, kulit buah tebal

gambar tanaman jeruk purut

Photo : Tanaman Jeruk Purut

DESKRIPSI TANAMAN JERUK PURUT
Buah Jeruk Purut tidak untuk dimakan, Ikan yang sudah dibersihkan biasanya ditetesi perasan buahnya untuk mengurangi aroma amis, rasa sari buahnya yang masam biasanya digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan untuk mencegah rasa mual, seperti pada siomay.

Daun jeruk purut biasanya digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai pelengkap masakan sebagai penyedap aroma masakan, potongannya dicampurkan pada bumbu pecel atau juga gado-gado untuk mengharumkan.
demikian pula dalam pembuatan rempeyek, potongan daunnya dicampurkan pada adonan tepung yang kemudian digoreng. Di Thailand, daun jeruk purut sangat populer dalam masakannya. a, Pulau Jawa, dan Pulau Bali juga menggunakan daun jeruk purut sebagai pengharum masakan.

Sebagai bumbu masak, daun maupun buah jeruk purut sukar dicari penggantinya. Kulit jeruk nipis dapat dipakai apabila terpaksa. Daunnya dapat dikeringkan untuk dipakai pada waktu mendatang namun hanya bertahan kurang dari setahun. Cara pengawetan lain yang lebih awet adalah dengan dibekukan.

Beberapa wewangian juga memakai minyak jeruk purut (diperoleh dari daun atau kulit buahnya) sebagai komponennya.
Nama ilmiah yang jeruk purut adalah Citrus hystrix yang berarti “jeruk landak”, hal ini berdasarkan pada duri-duri yang ada pada batangnya.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN JERUK PURUT

Daun jeruk purut mengandung zat tanin (1,8 persen), steroid triterpenoid dan minyak asiri (1-1,5 persen v/b).
Kulit buahnya mengandung zat saponin, tanin (satu persen), steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat (2-2,5 persen v/b).

C. KHASIAT DAN MANFAAT JERUK PURUT

Tanaman jeruk purut dapat digunakan sebagai tanaman obat, karena mempunyai manfaat untuk pengobatan atau kesehatan dan kecantikan, berikut ini adalah manfaatnya :

1. Jeruk Purut untuk Menyembuhkan influenza
Potonglah jeruk purut yang sudah masak dan banyak airnya, lalu peras dan seduh dengan air panas secukupnya. Selagi hangat minum air jeruk purut tersebut. Selain itu, bisa juga dengan menyantap lalapan daun dan buah jeruk purut yang sudah di potong-potong, kandungan minyak astiri dalam daun jeruk purut bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

2. Jeruk Purut untuk Atasi ketombe
Belah dua buah jeruk purut masing-masing menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan perlahan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, selanjutnya bersihkan dengan berkeramas. Sebaiknya saat melakukannya kondisi kepala dalam keadaan bersih atau habis keramas.

3. Mengatasi kulit bersisik
Belah jeruk purut yang sudah tua menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada bagian kulit yang bersisik atau kering. Sebaiknya lakukan sebelum tidur cukup sekali sehari

4. Mengatasi kelelahan
Cara untuk mengatasi kelelahan dengan jeruk purut adalah : rebus 2 genggam daun jeruk purut yang masih segar dengan 3 liter air sampai mendidih, kemudian campurkan dengan air bersih agar menjadi hangat dan gunakan untuk mandi.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN JERUK PURUT

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi JERUK PURUT

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Sapindales
Familia (Suku): Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus (Marga): Citrus
Species (Jenis): Citrus hystrix Dc

NAMA-NAMA LAIN JERUK PURUT
Nama Latin Jerul Purut :Citrus hystrix Dc
Indonesia: Jeruk purut
Inggris: Caffir lime
Melayu: Limau purut
Thailand: Luuk makruut
Pilipina: Kabuyaw
Cina: Ma feng cheng
Jepang: Kobu mikan

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat JERUK PURUT yang meliputi Ciri-ciri JERUK PURUT, Klasifikasi JERUK PURUT, kandungan zat atau nutrisi JERUK PURUT serta khasiat dan manfaat JERUK PURUT sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

jeruk purut | gambar jeruk purut | ciri ciri jeruk nipis | daun jeruk purut | khasiat jeruk purut jantan | ciri ciri pohon jeruk nipis | pohon jeruk purut | ciri ciri jeruk purut | gambar daun jeruk purut | nama latin jeruk purut |
Jeruk Purut – Ciri-Ciri Jeruk Purut, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 01 Feb 2015. Jeruk Purut – Ciri-Ciri Jeruk Purut, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Sudah tahukah anda dengan tanaman jeruk purut, ya.. jeruk memang banyak ragamnya, mulai dari jeruk buah, jeruk nipis, jeruk bali, jeruk purut dan lain sebagainya. Namun kali ini yang akan kita bahas adalah jeruk purut, berikut adalah uraian selengkapnya : A. CIRI-CIRI JERUK PURUT BATANG Tumbuhannya berbentuk pohon kecil (perdu) kurang lebih 3-5 meter, […]

4.9 Ahli Pengobatan
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...