Kaktus

DESKRIPSI TANAMAN KAKTUS
Kaktus adalah salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai ciri berduri dan mempunyai buah yang unik, tanaman kaktus termasuk dalam anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae.

Tanaman kasktus biasanya banyak ditemukan di daerah-daerah yang kering seperti gurun.
Kaktus mempunyai akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah, Air yang telah diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya, Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

Kaktus memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun.
gambar tanaman hias kaktus mini

Sebagian besar spesies kaktus berasal dari Amerika Utara, Selatan, dan Tengah.
Genus kaktus pertama yang diimpor ke Eropa adalah Melocactus. Seorang botaniawan asal Swedia, Carl Linnaeus, memberikan nama kaktus yang diambil dari bahasa Yunani klasik ‘Κακτος’ yang artinya tanaman liar berduri.
gambar ciri dan manfaat tanaman kaktus
Hanya seperempat dari keseluruhan spesies kaktus yang hidup di daerah gurun. Sisanya hidup di daerah semi-gurun, padang rumput kering dan hutan meranggas. Umumnya, kaktus hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Banyak spesies dari kaktus yang memiliki duri yang panjang serta tajam, duri kaktus dimanfaatkan sebagai proteksi terhadap herbivora, duri kaktus itu sendiri merupakan modifikasi dari daun.

Agar dapat bertahan di daerah gurun yang gersang, kaktus ini membuka stomatanya di malam hari ketika cuaca lebih dingin dibandingkan siang hari yang terik. Sementara pada malam hari, kaktus juga mengambil CO2 dari lingkungan dan menyimpannya di vakuola untuk digunakan ketika fotosintesis berlangsung.
gambar tanaman cactus pilosus

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN KAKTUS

Nutrisi penting yang terdapat dalam buah KAKTUS antara lain : antioksidan berupa pektin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat.

Dalam kaktus mentah terdapat protein, kalori dan karbohidrat yang dapat berguna untuk memberikan energi pada tubuh Anda.

Selain itu, vitamin yang terdapat di kaktus ini juga cukup banyak yakni 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4,6 mikrogram vitamin K dan 141 miligram kalsium.

gambar tanaman kaktus centong

Loading...

C. KHASIAT DAN MANFAAT KAKTUS

  • Memperlancar Pencernaan : Tanaman kaktus mengandung serat zat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Seperti yang kita ketahui, serat dapat menyerap air sehingga dapat melunakkan feses agar lebih mudah keluar melalui anus. Bagi
  • Mengatasi Kanker : Antioksidan yang terkandung dalam kaktus ini dapat menghalangi radikal bebas pembentuk kanker. Hal ini terbukti dalam penelitian dari US National Library of Medicine yang melakukan uji coba pada hewan.
  • Mengendalikan Gula Darah : Penelitian dari jurnal ISRN Pharmacology mengungkap ekstrak biji kaktus yang diuji pada tikus dan bereaksi pada insulinnya. Pada hasil yang didapat, kaktus dinilai dapat meningkatkan glikogen pada otot dan hati serta menurunkan kadar gula darah.
  • Membantu Diet Berat Badan : Selain kaktus mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan, serat juga dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolestrol dan membantu proses pembakaran lemak. Disamping itu vitamin B juga terkandung dalam kaktus dan dapat membantu laju metabolisme sehingga lebih banyak kalori terbakar. Tentunya semua kandungan tersebut cocok bagi Anda yang menjalankan program diet.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KAKTUS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI KAKTUS

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta
Classis (Kelas):
Sub Kelas :
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Cactaceae
Genus (Marga):
Species (Jenis):

NAMA-NAMA LAIN KAKTUS

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KAKTUS yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Tinggalkan komentar