Kayu Manis – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI KAYU MANIS

Daun tunggal, kaku seperti kulit, letak berseling, panjang tangkai daun 0,5 – 1,5 cm, dengan 3 buah tulang daun yang tumbuh melengkung.

Khasiat Kayu Manis

Gambar Kayu Manis

Bentuk daun elips memanjang, panjang 4 – 14 cm, lebar 1,5 – 6 cm, ujung runcing, tepi rata, permukaan atas licin warnanya hijau, permukaan bawah bertepung warnyanya keabu-abuan. Daun muda berwarna merah pucat.

tanaman kayu manis

Gambar Tanaman Kayu Manis

Tinggi tanaman kayu manis berkisar antara 5 – 15 m, kulit pohon berwarna abu-abu tua berbau khas, kayunya berwarna merah coklat muda.

pohon kayu manis

Gambar Pohon Kayu Manis

Bunganya berkelamin dua atau bunga sempurna dengan warna kuning,Ukurannya kecil. Kelopak bunga berjumlah 6 helai dalam dua rangkaian. Bunga ini tidak bertajuk bunga. Benang sarinya besrjumlah 12 helai yang terangkai dalam empat kelompok, kotak sarinya beruang empat. Persariann berlangsung dengan bantuan serangga.

Buahnya buah buni berbiji satu dan berdaging. Bentuknya bulat memanjang.
Warna buah muda hijau tua dan buah tua ungu tua. Panjang buah sekitar 1,3 – 1,6 cm, dan diameter 0,35 – 0,75 cm. Panjang biji 0,84 – 1,32 cm dan diameter 0,59 – ,68 cm.

B. KANDUNGAN ZAT KAYU MANIS

Jika didasarkan pada uraian seorang ahli bernama Thomas dan Duethi, diketahui bahwa senyawa yang mendominasi kayu manis adalah minyak atsiri, safrole, eugenol, tannin, cinnamaladehyde, kalsium oksalat, zat penyemak, dammar dan masih banyak lagi lainnya. Jika didasarkan pada kada, maka senyawa Cinnamaldehyde-lah yang paling besar. Jumlahnya bahkan mencapai 70% dari berat total kayu manis.

Untuk memahami kadar kandungan kayu manis, berikut kami sajikan data lengkapnya. Sampel yang digunakan adalah jenis Cinnamomum burmanni, yakni kayu manis yang banyak dijumpai di Indonesia. Adapun kandungannya sebagai berikut:
Kadar air 7,90 %
Minyak atsiri 2,40 %
Alkohol ekstrak 10 – 12 %
Abu 3,55 %
Serat kasar 20,30 %
Karbohidrat 59,55 %
Lemak 2,20 %

C. KHASIAT DAN MANFAAT KAYU MANIS

  • Manfaat Kayu Manis Untuk Diet
    Kayu manis menyimpan manfaat sebagai rempah yang mampu melancarkan program diet. Kayu manis ini ternyata bisa juga membantu membatasi efek negatif dari berbagai asupan karbohidrat yang tinggi. Jadi untuk anda yang sedang diet, anda bisa mencampurkan kayu manis pada makanan anda.Ketika anda menyantap makanan anda dengan aneka karbohidrat yang tinggi, pada sat itu pula tubuh anda akan di pacu untuk menyimpan lemak. Ketika tubuh anda tidak menghasilkan cukup isulin untuk proses metabolisme dan membakar jumlah pati dan gua, kadar gula darah pun akan meningkat dan lemak pun akan semakin menumpuk. Dan yang pasti akibatnya tubuh akan menjadi gemuk. Manfaat kayu manis untuk diet lah yang kali ini berperan untuk memproduksi insulin yang lebih banyak untuk membantu proses metabiolisme dan pembakaran lemak.
  • Mengontrol Gula Darah
    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis ternyata dapat mengatur kadar gula darah sehingga kayu manis merupakan makanan yang tepat untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic. Kayu manis juga dapat menstabilkan suasana hati dan energi dalam tubuh.
  • Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
    Kayu manis dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL). Selama ini, LDL dikenal berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan obesitas. Dengan mengonsumsi kayu manis, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Anti Infeksi
    Kayu manis memiliki komponen anti-infeksi yang natural. Dalam beberapa penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan beberapa jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.
  • Meringankan Sakit pada Penderita Rematik
    Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.
  • Obat Serbaguna
    Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Ia memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon – meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.
  • Pengobatan Alzheimer
    Para peneliti di Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics, University of Texas juga telah mengembangkan kayu manis sebagai salah satu rempah yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis. Penelitian di tempat yang sama juga menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.
  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
    Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

KHASIAT RESEP OBAT KAYU MANIS DAN MADU

download lagu dangdut
  • Hilangkan Parut Jerawat
    Apabila Anda terganggu dengan kehadiran jerawat, cobalah ramuan madu dan bubuk kayu manis. Cara membuatnya dengan mencampur madu sebanyak 3 sendok makan bersama dengan bubuk kayu manis sebanyak 1 sendok teh. Ramuan ini kemudian dioleskan pada wajah sebelum tidur. Besok paginya, basuhlah wajah dengan air hangat. Lakukan rutin selama 2 minggu, maka jerawat Anda akan sembuh hingga ke akarnya.
  • Meringankan Gangguan Pecernaan
    Bubuk kayu manis yang ditaburkan secukupnya di atas madu sebanyak 2 sendok makan dan kemudian dikonsumsi bisa mengurangi tingkat keasaman lambung. Ramuan ini haruslah diminum sebelum Anda makan.
  • Untuk Mengobati Infeksi Di Dalam Kandung Kemih
    Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan bubuk kayu manis sebanyak 2 sendok makan dengan madu organik asli sebanyak 1 sendok teh. Campuran keduanya kemudian diseduh dengan 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum setiap pagi hingga penyakit Anda lenyap. Campuran madu dan kayu manis akan membunuh kuman penyebab infeksi di dalam kandung kemih.
  • Ramuan Awet Muda
    Untuk mereka yang mengkehndaki tubuh yang selalu terlihat segar, konsumsilah teh kayu manis. Cara membuatnya yakni dengan mencampur 4 sendok makan madu bersama dengan 1 sendok makan bubuk kayu manis yang dicampur dengan air sebanyak 3 cangkir. Semua ramuan ini direbus hingga mendidih dan didiamkan hingga hangat dan kemudian dikonsumsi. Minumlah 3 sampai 4 hari per hari agar hasilnya maksimal.
  • Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dan Obesitas
    Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkanlah bubuk kayu manis sebanyak 3 sendok makan bersama dengan 2 sendok makan madu. Masukkan campuran keduanya ke dalam air teh sebanyak 450 ml. Aduk dan minum ramuan ini setiap pagi sebelum sarapan atau pada saat perut Anda masih dalam keadaan kosong. Ramuan ini secara perlahan akan menurunkan berat badan dan menormalkan kadar kolesterol.

D. KLASIFIKASI ILMIAH KAYU MANIS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi kayu manis

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Magnoliidae
Ordo (Bangsa): Laurales
Familia (Suku): Lauraceae
Genus (Marga): Cinnamomum
Species (Jenis): Cinnamomum burmannii (Nees &Th. Nees)

NAMA-NAMA LAIN KAYU MANIS
Nama Latin Kayu Manis : Cinnamomum chinese BL., Cinnamomum dulce Nees, Cinnamomum kiamis Nees
Indonesia: Kayu manis, keningar (Jawa), cassia vera
Inggris: Indonesian cinnamon, batavia cinnamon, padang cassia

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Kayu Manis yang meliputi Ciri-ciri Kayu Manis, Klasifikasi Kayu Manis, kandungan zat atau nutrisi Kayu Manis serta khasiat dan manfaat Kayu Manis sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

Pohon kayu manis | ciri ciri kayu manis | tanaman kayu manis | perbedaan akar manis dan kayu manis | gambar pohon kayu manis | bentuk kayu manis | ciri kayu manis | ciri fisik kayu manis | keningar | gambar kayu manis |
Kayu Manis – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 26 Nov 2014. Kayu Manis – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI KAYU MANIS Daun tunggal, kaku seperti kulit, letak berseling, panjang tangkai daun 0,5 – 1,5 cm, dengan 3 buah tulang daun yang tumbuh melengkung. Bentuk daun elips memanjang, panjang 4 – 14 cm, lebar 1,5 – 6 cm, ujung runcing, tepi rata, permukaan atas licin warnanya hijau, permukaan bawah bertepung warnyanya keabu-abuan. […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...