Kecipir – Ciri Kecipir Serta Khasiat dan Manfaat Kecipir

loading...

Kecipir adalah sejenis tanaman sayur yang tumbuh merambat, selengkapnya tentang ciri kecipir, kandungan gizi, khasiat dan manfaatnya, serta resep kecipir dapat anda simak dibawah ini :

A. CIRI-CIRI TANAMAN KECIPIR

BATANG KECIPIR
Pohon cipir mempunyai batang berwarna hijau, tidak berkayu
DAUN KECIPIR
Daun berwarna hijau, majemuk dengan tiga anak daun, daun berselang-seling, daun penumpu bentuk bundar telur-lanset, daun tidak rontok, daun meruncing di ujungnya dengan pertulangan menyirip. tangkai daun 3–12 cm, rakis 1,5–5,5 cm
gambar buah kecipir
BUNGA KECIPIR
Bunga kecipir berwarna hijau hingga merah-ungu gelap, Bunga berkelamin dua, bertangkai hingga 5 mm, kelopaknya dengan tabung sepanjang 4–6 mm, mahkota bunga berwarna biru, biru pucat, krem, atau kemerahan, dengan bendera hampir bundar atau lonjong-lebar, hingga 4 cm × 3.5 cm. Bunga tipe kupu-kupu, dalam karangan berisi 2–10 kuntum yang tumbuh dari ketiak daun, tangkai karangan bunga 5–15 cm, rakisnya 1–10 cm, agak berbulu.
gambar bunga kecipir
BUAH dan BIJI KECIPIR
Buah kecipir berwarna hijau sewaktu muda dan menjadi hitam dan kering bila tua, berbiji 5–21 butir, Buahnya polong bentuk garis atau lonjong memanjang, berbentuk segiempat dengan sudut bersayap yang beringgit, 6–40 cm × 2–3,5 cm.
Biji kecipir berbentuk bulat dengan diameter 5–10 mm, berwarna kuning, cokelat hingga hitam, kadang-kadang putih, kadang-kadang berbintik
gambar bauh kecipir dan biji kecipir

DESKRIPSI TANAMAN KECIPIR
Cipir adalah tumbuhan merambat, memanjat atau membelit, membentuk semak yang menahun. Dalam budidaya biasanya diberi penyangga, namun jika dibiarkan akan menutupi permukaan tanah. Batangnya silindris, beruas-ruas, jarang mengayu, hingga 4 m panjangnya. Berakar banyak, dengan akar samping yang panjang, menjalar datar dekat permukaan tanah, sebagian di antaranya menebal, membentuk umbi.
gambar tumbuhan kecipir
Di Indonesia, kecipir umumnya ditanam untuk diambil buahnya yang muda, yang beserta pucuk dan daun-daun yang muda biasanya direbus untuk dijadikan untuk lalap, pecel, atau urap atau dicampurkan ke dalam sayur.

Umbi akarnya dapat dimakan setelah direbus, namun umbi ini harus dipanen sebelum buah kecipirnya menjadi tua. Rasa umbinya ini mirip dengan bengkuang.
Biji-bijinya yang tua dimakan sebagai kacang-kacangan setelah disangrai terlebih dulu.

Habitat Kecipir: kecipir hendaknya ditanam pada akhir musim hujan karena sudah bisa berbunga pada musim kemarau. Apabila ditanam pada musim hujan, kecipir akan mengeluarkan daun saja secara-terus menerus dan baru akan berbunga 9 bulan kemudian. Akibatnya, pertambahan jumlah bunga terganggu dan buahnya terdesak. Bijinya ini ditanam di atas tanah yang sudah diolah menjadi bedengan sebagaimana mestinya dengan jarak tanam 60 × 30 cm. Dalam usia 8 hari, biasanya kecipir akan berkecambah. Apabila sudah dewasa, berilah tongkat sebagai tempat untuk merambat
Konon kabarnya asal kecipir berasal dari Indonesia dan Papua Nugini.

B. KANDUNGAN GIZI TANAMAN KECIPIR

Biji kecipir memiliki kandungan gizi protein yang tinggi (27,8-36,6%), demikian pula kandungan lemaknya (14,8-17,9%), yang menyerupai kandungan zat-zat itu pada kedelai, biji tersebut juga mempunyai banyak kandungan fosfor, kalsium, dan magnesium.
Biji dan daun mengandung flavonoid, saponin, dan tanin.

Kalsium: Kandungan kalsium tertinggi didapati pada daun-daunnya. Kecipir kaya akan kalsium dan fosfor. Sayur ini membantu dalam membangun tulang yang kuat dan juga membantu menghasilkan energi untuk mereka yang sakit dan lemas.

Rendah kalori: Kecipir adalah jenis sayuran yang rendah kalori. Setiap 100 gram kecipir mengandung sekitar 49 kalori. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, Anda bisa menyantap kecipir sebagai menu harian Anda.

Kaya vitamin C : Kecipir sarat akan vitamin C beserta tocopherol sejenis antioksidan untuk membuat tubuh lebih banyak menyerap vitamin A, Sayur ini juga dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan melindungi tubuh dari kanker.

Kecipir kaya akan Mineral dan vitamin: Kecipir mengandung banyak mineral penting, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium. Sayur ini juga mengandung banyak vitamin A, yang merupakan antioksidan yang kuat, yang bisa mencegah kerusakan DNA.
Kecipir juga mengandung banyak vitamin B. Vitamin itu dapat meningkatkan vitalitas, suasana hati, dan energi.

Sumber folat : Kecipir juga merupakan sumber makanan yang kaya folat, yang merupakan komponen penting untuk sintesis DNA dan pembelahan sel. Folat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil, dengan demikian Kecipir sangat baik untuk kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

Sumber lemak baik : Tidak semua lemak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah kecipir, kecipir mengandung berbagai macam lemak jenuh, mono lemak jenuh, dan lemak tak jenuh ganda, yang semuanya bekerja sama untuk menyehatkan tubuh.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KECIPIR UNTUK KESEHATAN

Penelitian para ahli menemukan bahwa kandungan kalori, protein, lemak dan karbohidrat dalam kecipir jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan zat tersebut dalam daging.

Daunnya berkhasiat obat, ekstrak daun kecipir pada masa lalu digunakan untuk mengobati mata yang bengkak dan sakit telinga,daun kecipir yang diremas dan dicampur adas pulasari digunakan sebagai obat bisul.

Buah Kecipir untuk obat tetes mata : Ambil beberapa daun kecipir, kemudian rebus dengan sedikit air bersih sampai mendidih,setelah dingin teteskan ke mata dan telinga.

Buah Kecipir untuk obat bisul : Ambil 5 – 10 helai daun kecipir, lalu campur dengan adas pulosari, kemudian oleskan pada bisul.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KECIPIR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI KECIPIR

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Fabales
Familia (Suku): Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus (Marga): Psophocarpus
Species (Jenis): Psophocarpus tetragonolobus Dc

NAMA-NAMA LAIN KECIPIR
Nama latin atau nama ilmiah kecipir : Psophocarpus tetragonolobus
Indonesia: Cipir, cicipir, kěcipir (Jw.), Kacang botol / kacang belingbing (pantai barat Sumatera), dan kacang embing (Palembang), jaat (Sd.), , kělongkang (Bl.), serta biraro (Manado, Ternate), kacang botor, k. botol, dan k. kumbotor (Ptk.).
Inggris: Winged Bean, Winged bean, Winged pea, Four-angled bean,Goa bean dan Asparagus pea.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KECIPIR yang meliputi Ciri-ciri KECIPIR, Klasifikasi KECIPIR, kandungan zat atau nutrisi KECIPIR serta khasiat dan manfaat KECIPIR sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

kecipir | pohon kecipir | biji kecipir | daun kecipir | kecipir untuk asam urat | manfaat kecipir untuk asam urat | buah kecipir | bunga kecipir | tanam kecipir com | ciri ciri tanaman kecipir |
Kecipir – Ciri Kecipir Serta Khasiat dan Manfaat Kecipir Ahli Pengobatan 13 Feb 2016. Kecipir – Ciri Kecipir Serta Khasiat dan Manfaat Kecipir

loading… Kecipir adalah sejenis tanaman sayur yang tumbuh merambat, selengkapnya tentang ciri kecipir, kandungan gizi, khasiat dan manfaatnya, serta resep kecipir dapat anda simak dibawah ini : A. CIRI-CIRI TANAMAN KECIPIR BATANG KECIPIR Pohon cipir mempunyai batang berwarna hijau, tidak berkayu DAUN KECIPIR Daun berwarna hijau, majemuk dengan tiga anak daun, daun berselang-seling, daun penumpu […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...