Kemangi – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN KEMANGI

BATANG
Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm.
DAUN
Ciri Daun Kemangi adalah Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum, Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkeh dan rasanya pahit
BUNGA
Ciri Bunga Kemangi tersusun di tandan yang tegak

gambar daun kemangi

Gambar : Daun Kemangi

gambar bunga kemangi

Gambar : Bunga Kemangi

gambar tanaman kemangi

Gambar : Tanaman Kemangi

Kemangi merupakan terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng.

BUDIDAYA KEMANGI
Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan biji, Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di Pulau Jawa, kemangi/surawung ditanam di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan, dan di huma-huma. Umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Asalnya belum diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl.

B. KANDUNGAN ZAT KEMANGI

Senyawa yang terkandung dalam daun kemangi adalah vitamin C, vitamin A, vitamin B, beta karoten, kalsium, fosfor magnesium, protein, lemak, karbohidrat, besi, flavonoid, arginin, boron dan anetol, Anetol, apigenin, asam askorbat, asam kafeat, eskuletin,eriodiktiol, eskulin, estragol, faenesol, histidin, magnesium, rutin, tanin, dan ß-sitosterol.

Berikut adalah sedikit ulasan mengenai makna dari zat-zat tersebut:
Daun kemangi mengandung betakaroten, Betakaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (memengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, dan tendon (urat otot). Daun kemangi kaya akan mineral makro, yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, dan membantu mengaktifkan reaksi enzim.

Fosfor berperan dalam pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Magnesium membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah.

Daun kemangi juga mengandung komponen nongizi antara lain senyawa flavonoid dan eugenol, arginin, anetol, boron, dan minyak atsiri. Flavonoid dan eugenol berperan sebagai antioksidan, yang dapat menetralkan radikal bebas, menetralkan kolesterol dan bersifat antikanker.

Senyawa ini juga bersifat anti mikroba yang mampu mencegah masuknya bakteri, virus, atau jamur yang membahayakan tubuh. Daun kemangi sangat bagus dikonsumsi wanita karena eugenol-nya dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

Kandungan arginin-nya dapat memperkuat daya tahan sperma dan mencegah kemandulan. Senyawa anetol dan boron juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita.

Anetol dan boron dapat merangsang kerja hormon estrogen dan androgen, serta mencegah pengeroposan tulang. Hormon estrogen dan androgen berperan dalam sistem reproduksi wanita.

Minyak atsiri mudah menguap dan mempunyai aktivitas biologis sebagai antimikroba. Minyak atsiri dibagi menjadi dua komponen, yaitu komponen hidrokarbon dan komponen hidrokarbon teroksigenasi atau fenol. Fenol memiliki sifat antimikroba sangat kuat.

Minyak atsiri dapat mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit, seperti Staphylococcus aureus, Salmonella enteritidis, dan Escherichia coli. Minyak atsiri juga dapat menangkal infeksi akibat virus Basillus subtilis, Salmonella paratyphi, dan Proteus vulgaris.

Eugenol-nya dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Dan stigmasterol dapat merangsang ovulasi (pematangan sel telur). Komponen tannin dan seng-nya dapat mengurangi sekresi cairan vagina, sedangkan asam amino triptofan dapat menunda menopause. Komponen flavonoid seperti orientin dan vicenin pada daun kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh. Sementara itu, komponen flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol bermanfaat sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KEMANGI

Negara-negara Eropa biasa menyuling daun kemangi dan mengambil minyak atsirinya untuk digunakan sebagai campuran dalam pembuatan biang parfum, obat-obatan, losion, permen pelega tenggorokan, minyak dgosok, dan minyak aroma terapi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun kemangi :

download lagu dangdut
  1. Daun Kemangi Untuk ibu Hamil
    Untuk memperlancar ASI bagi wanita hamil,, Anda bisa memanfaatkan sebagai lalap teman makan nasi dan sambal.
  2. Daun Kemangi Untuk Jerawat
    Vitamin A, B, C dan kandungan antiseptik di dalam daun kemangi mampu menyembuhkan jerawat dengan tuntas dan cepat. Antiseptik berfungsi untuk membunuh bakteri sekaligus berfungsi untuk memperlancar peredaran darah di area kulit wajah.
    Bahan : Siapkan 100 gram daun kemangi, dan 200 ml air panas.
    Cara Meramu : Hancurkan semua daun kemangi tersebut dengan cara digerus, kemudian campurkan hasil gerusan daun kemangi yang sudah lembut tersebut dengan dengan air panas secukupnya, Aduk perlahan campuran tersebut hingga tercampur sarinya. Kemudian biarkan hingga dingin. Setelah dingin, Saring dan peras-peras toner kemangi tersebut hingga tidak sisa daun kemangi tadi tidak terlihat lagi, simpan air sari kemangi tersebut di dalam botol, disarankan untuk menyimpan toner kemangi tersebut dalam lemari es agar tahan lama.
    Cara Pemakaian: Untuk menggunakan toner kemangi, gunakan kapas untuk mengoleskan toner tersebut ke area wajah secara merata. Biarkan hingga besok pagi, Setelah anda memakai toner kemangi tersebut, niscaya jerawat yang sudah memerah akan cepat kering dan wajah anda akan terlihat lebih bersih. Jika anda rutin memakai toner ini, anda akan terhindar dari jerawat dan kadar minyak di wajah anda akan kembali normal.
  3. Daun Kemangi Untuk Badan
    Jika bau badan anda tidak sedap, anda dapat mengkonsumsi daun kemangi supaya bau badan anda hilang
  4. Daun kemangi untuk Asam Urat
    Dari penelitian pada tahun 1997 mengenai khasiat kemangi pada asam urat dilakukan test pada tikus putih dan menyimpulkan bahwa setelah mengkonsumsi kemangi selama 3-7 hari, terjadi penurunan kadar asam urat darah tikus yang significant.
  5. Daun Kemangi Untuk Diabetes
    Dalam hal menurunkan gula darah penderita diabetes, sebuah penelitian telah dilakukan guna mengetahui efek positif konsumsi kemangi. Penelitian tersebut dilakukan pada 40 orang penderita DM tipe 2 yang diminta untuk menghentikan pengobatan diabetes yang dijalani selama penelitian berlangsung. Mereka kemudian dipisah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk mengkonsumsi 2,5 gram bubuk daun kemangi selama empat minggu, sedangkan kelompok lainnya tidak.
    Setelah empat minggu, kelompok yang mengkonsumsi kemangi mengalami penurunan gula darah puasa sampai 17,6 persen dan gula darah setelah makan turun 7,3 persen. Hasil ini membuktikan bahwa kemangi memang memiliki efek farmakologis terhadap gula darah. Meski demikian, penelitian lebih lanjut dalam skala besar masih perlu dilakukan untuk mengetahui efek positif kemangi terhadap gula darah.
  6. Daun Kemangi Meredakan demam & masuk angin
    Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.
  7. Daun Kemangi Menyehatkan mata.
    Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya
  8. Daun Kemangi Anti inflamasi
    Kemangi Menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis.
  9. Daun Kemangi untuk Menunda Menopouse
    Kemangi dapat menunda menopouse karena kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika Anda ingin menunda massa menopouse.
  10. Daun Kemangi untuk Mengatasi Keputihan
    Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi. bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, misalnya pepes.
  11. Daun Kemangi Sebagai Antiradang
    Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan anti peradangan.
  12. Daun Kemangi Untuk Kesehatan Jantung
    Berdasarkan beberapa penelitian, daun kemangi berperan dalam memelihara kesehatan Jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium. Keduanya merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.
  13. Daun Kemangi Untuk Mengatasi Stroke
    Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke karena kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.
  14. Daun Kemangi Untuk Perokok
    Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin.
  15. Daun Kemangi untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.
  16. Daun Kemangi untuk Mencegah Kemandulan
    khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kemandulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.
  17. Daun Kemangi untuk Mengobati Sariawan
    Caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.
  18. Daun Kemangi untuk Melawan Radikal Bebas
    khasiat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.
  19. Daun Kemangi untuk Membantu Pertumbuhan Tulang
    khasiat daun kemangai dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.
  20. Daun Kemangi untuk Melancarkan Aliran Darah
    khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.
  21. Daun Kemangi untuk Menghilangkan Mual dan Flu
    Caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.
  22. Daun Kemangi Menghilangkan Bau Mulut
    Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.
  23. Daun Kemangi Daun KemangiMeredakan Perut Kembung
    Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.
  24. Mencegah kelainan jantung
    Daun kemangi sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa demi mencegah kelainan jantung. Sebab protein dalam kemangi berkhasiat menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung. Magnesium dalam kemangi juga berfungsi menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah.
  25. Daun Kemangi untuk mengatasi Batuk
    Daun kemangi juga berperan dalam obat batuk Ayurvedic dan ekspektoran. Manfaat daun kemangi untuk membantu memobilisasi lendir di bronkitis dan asma. Selain itu daun kemangi dapat dikunyah untuk mengurangi flu .
  26. Daun Kemangi untuk Sakit Tenggorokan
    Untuk mengobati sakit tenggorokan anda dapat merebus daun kemangi atau menjadikannya obat kumur yang digunakan dua kali sehari.
  27. Daun Kemangi untuk Batu Ginjal
    Manfaat lain yang dihasilkan dari daun kemangi adalah membantu anda dalam meringankan gangguan ginjal. Anda dapat membuat jus daun kemangi dengan campuran madu, anda dapat meminum secara teratur selama 6 bulan untuk mengurangi gangguan batu ginjal secara alami.
  28. Daun Kemangi untuk mengatasi Stres
    Daun Kemangi memiliki ‘adaptogen’ atau agen anti-stres. Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres. Bahkan anda yang ingin mencegah stres dalam beberapa pekerjaan yang sedang dihadapi dapat mengkonsumsi 12 daun kemangi, dengan cara mengkonsumsi dua kali sehari untuk mencegah stres.
  29. Daun Kemangi mengatasi Infeksi Mulut
    Daun kemangi akan membantu dalam meminimalisir infeksi di mulut. Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhan kondisi ini.
  30. Daun Kemangi mengatasi Gangguan kulit
    Beberapa gangguan kulit seperti kurap sering kali menggangu anda, selain menggangu kepercayaan diri juga dapat membuat anda tidak nyaman. Daun kemangi yang di jus dapat membantu meringankan kurap dan penyakit kulit lainnya. Hal ini juga telah berhasil dicoba oleh beberapa naturopaths dalam pengobatan leucoderma.
  31. Daun Kemangi untuk Meringankan Sakit Kepala
    Daun kemangi dapat meringankan sakit kepala. Rebusan daun kemangi dapat meringankan gangguan ini, anda dapat menumbuk dengan daun cendana dan dapa dikompreskan di bagian dahi atau area kepala yang sakit.

D. KLASIFIKASI ILMIAH KEMANGI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Kemangi

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Lamiales
Familia (Suku): Lamiaceae
Genus (Marga): Ocimum
Species (Jenis): Ocimum sanctum L.

NAMA-NAMA LAIN KEMANGI
Nama Latin Kemangi : Ocinum Cannum, Ocimum citriodorum
Indonesia: Kemangi, surawung (Sunda), lampes, selasih, kemangi hutan, kemangi kebo
Inggris: Holy basil

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Kemangi yang meliputi Ciri-ciri Kemangi, Klasifikasi Kemangi, kandungan zat atau nutrisi Kemangi serta khasiat dan manfaat Kemangi sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

Ciri ciri kemangi | Ciri ciri daun kemangi | bentuk daun kemangi | nama Latin kemangi | klasifikasi kemangi | ciri daun kemangi | ciri ciri tumbuhan kemangi | nama lain daun kemangi | kemangi hutan | ciri ciri tanaman kemangi |
Kemangi – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 08 Des 2014. Kemangi – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN KEMANGI BATANG Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. DAUN Ciri Daun Kemangi adalah Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum, Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya […]

4.9 Ahli Pengobatan
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...