Kembang Merak – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Kembang merak, warnanya indah menyerupai burung merak, mau tahu selengkapnya ?

gambar kembang merak merah

Photo: Kembang Merak Merah

A. CIRI-CIRI KEMBANG MERAK

BATANG
Merupakan tumbuhan perdu yang mempunyai tinggi 2-4 meter serta mempunyai banyak cabang. Kayunya berwarna putih dan padat

DAUN
Daunnya merupakan daun majemuk yang mempunyai bentuk meyirip genap serta ganda dua dengan 4-12 pasang anak daun yang bentuknya bulat telur sungsang, berujung bulat, pangkal menyempit, tepi rata, dan permukaan atas berwarna hijau, sedang permukaan bawahnya berwarna hijau kebiruan dengan panjang 1-3,5 cm dan lebar 0,5-1,5 cm.
Pada malam hari daun akan menguncup

BUNGA
Tumbuhan ini memiliki bunga majemuk yang panjangnya 15-50 cm, warnaya merah atau kuning.
Mahkota bunganya bisa mengalami metamorfosis menjadi tabung mahkota

BUAH dan BIJI
Adapun buah dari kembang merak adalah kacang polong yang bentuknya pipih dengan panjang 6-12 cm dan lebar 1,5 cm berisi 1-8 biji yang bisa kita makan. Buah yang sudah tua akan berwarna hitam

gambar kembang merak kuning

Photo : Kembang Merak Kuning

DESKRIPSI TUMBUHAN BUNGA MERAK
Kembang Merak adalah tanaman asli dari Asia dan Afrika, bunga merak bernama latin Caesalpinia Pulcherrina.
Selain bisa mempercantik pekarangan sebagai tanaman hias, tanaman Kembang Merak juga berkhasiat sebagai obat. Mulai dari bunga, daun hingga akarnya masing-masing bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti kolera, asma, menstruasi yang tidak lancar, mata merah, diare, sariawan, perut kembung dan kejang panas pada anak dan bahkan malaria.
Selain sebagai obat, kembang merak juga dapat membunuh serangga karena adanya hidrogen sianid (gas beracun) yang dimilikinya.

gambar tumbuhan kembang merak

Photo : Tumbuhan Kembang Merak di Tepi Jalan


Tanaman bunga merak memiliki ketahanan hidup yang tinggi di lahan kritis, Tanaman ini sangat mudah tumbuh di lahan yang bersifat basa, asam, miskin unsur hara, dan tahan terhadap kekeringan.
Tumbuhan ini sangat cepat tumbuh. Dalam waktu 1 tahun saja, bisa mencapai ketinggian 2 m. Perbanyakkan tanaman ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bijinya.
Perkecambahan bisa dipercepat dengan merendam bijinya yang sudah tua dalam air selama 1 – 2 malam.
Alasan lain mengapa tanaman ini cocok untuk rehabilitasi lahan kritis adalah karena daun dan bunganya yang mudah rontok. Daun dan bunga yang rontok ini akan jatuh ke tanah dan membusuk, lama kelamaan akan terbentuklah humus. Selain itu, bunganya akan mengundang lebah dan serangga lain untuk hinggap, sehingga mempercepat proses penyerbukan.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN KEMBANG MERAK

Kandungan kimia yang dimiliki oleh kembang merak antara lain : tanin, gallic acid, resin, zat merah dan benzoic acid.
Pada daunnya terkandung alkaloid, saponin, tanin, glucoside, dan calcium oksalat.
Sementara pada kulit kayunya terkandung plumbagin, lumbagol, tanin, zat samak, alkaloid, saponin, dan calcium oksalat.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KEMBANG MERAK

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat dari tanaman kembang merak :

Manfaat Bunga Kembang Merak
Helaian mahkota bunga Kembang Merak mengandung flavonoid yang berkhasiat sebagai antiradang dan antinyeri. Bunga yang dilumatkan hingga membentuk pasta bisa dioleskan di permukaan kulit untuk mengatasi memar bekas luka sekaligus mengurangi rasa sakitnya.

Manfaat Daun Kembang Merak
Di pedalaman Hutan Amazon, daun Kembang Merak dilumatkan hingga membentuk pasta lalu diencerkan dengan sedikit air. Khasiat yang bisa didapatkan dengan meminum ramuan ini antara lain melancarkan menstruasi, mengatasi sariawan serta meredakan demam pada infeksi malaria.

Manfaat Akar Kembang Merak
Kandungan antibakteri dalam akar Kembang Merak digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi bakteri Vibrio cholerae penyebab kolera. Caranya dengan direbus, lalu disaring dan diminum air rebusannya. Namun hati-hati pada ibu hamil, rebusan 4 gram akar Kembang Merak bisa memicu keguguran.

Manfaat Biji Kembang Merak
Berbagai keluhan seputar pernapasan bisa diatasi dengan seduhan biji Kembang Merak yang digerus terlebih dahulu menjadi serbuk. Ramuan ini bisa mengatasi batuk-batuk, sesak napas karena asma serta nyeri dada.

Manfaat Kulit kayu Kembang Merak
Sebagai alternatif pengganti obat kumur, keringkan beberapa gram kulit kayu Kembang Merak lalu rebus dalam air mendidih. Gunakan airnya untuk berkumur, kandungna antibakterinya bisa membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KEMBANG MERAK

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi KEMBANG MERAK

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Fabales
Familia (Suku): Caesalpiniaceae
Genus (Marga): Caesalpinia
Species (Jenis): Caesalpinia pulcherrima (L.) Swartz

NAMA-NAMA LAIN KEMBANG MERAK
Nama Latin Kembang Merak : Caesalpinia pulcherrima (L.) Swartz
Indonesia: Kembang merak, merakan (Jawa), patra kembala (Sunda), perak kegel (Madura), bunga kacang (Manado)
Inggris: peacock flower
Pilipina: Bulaklak
Cina: siak tiek hua

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KEMBANG MERAK yang meliputi Ciri-ciri KEMBANG MERAK, Klasifikasi KEMBANG MERAK, kandungan zat atau nutrisi KEMBANG MERAK serta khasiat dan manfaat KEMBANG MERAK sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

bunga merak | kembang merak | bunga kembang merak | klasifikasi bunga merak | bagian bagian bunga merak | ciri ciri kembang merak | daun merak | nama ilmiah kembang merak | ciri ciri bunga merak | gambar bunga merak |
Kembang Merak – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 05 Feb 2015. Kembang Merak – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Kembang merak, warnanya indah menyerupai burung merak, mau tahu selengkapnya ? A. CIRI-CIRI KEMBANG MERAK BATANG Merupakan tumbuhan perdu yang mempunyai tinggi 2-4 meter serta mempunyai banyak cabang. Kayunya berwarna putih dan padat DAUN Daunnya merupakan daun majemuk yang mempunyai bentuk meyirip genap serta ganda dua dengan 4-12 pasang anak daun yang bentuknya bulat […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...