Kemukus – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN KEMUKUS

BATANG
Tidak berkayu, lunak, beruas, percabangan simpodial, permukaan licin, diameter 5-15 mm, mempunyai akar pelekat, hijau.
DAUN
Daun kemukus mempunyai ciri antara lain Tunggal, bulat telur, pangkal bentuk jantung ujung meruncing, tepi rata, berseling atau tersebar, bekas dudukan daun nampak jelas, panjang 8,5-15,5 cm, lebar 3-9,5 cm, hijau.
BUNGA
Ciri bunga kemukus antar lain Majemuk, bentuk bulir, panjang 3-10 cm, tangkai 6-20 mm, hijau, daun pelindung elips, melekat pada tangkai bulir, benang sari tiga, putik tiga sampai lima, putih, kuning kehijauan.
Bulir jantan mempunyai ciri daun pelindung bulat memanjang – bulat telur terbalik, 1,5 – 2 cm x 0,75 – 1 cm, benang sari.
Bulir betina mempunuai ciri agak melengkung, daun pelindung bulat memanjang, 4 – 5 mm x 8 mm, aksis dari bulir gundul, kepala putik 3 – 5 .
BUAH dan BIJI
Bulat, berkerut pangkal membulat, bertangkai, diameter 6-8 mm, tangkai panjang 2-5 mm, coklat kehitaman.
Biji berbentuk bulat bola Kecil, putih kecoklatan.
AKAR
Serabut, kuning kecoklatan.

gambar tanaman kemukus

Photo : Tanaman kemukus muda

gambar biji kemukus

Photo : Biji Kemukus

DESKRIPSI TANAMAN KEMUKUS
Kemukus adalah tanaman yang tergolong dalam genus Piper, yang ditanam untuk diambil buah dan minyak atsirinya. Tanaman ini berasal dan banyak ditanam di Jawa dan Sumatera, sehingga disebut juga sebagai lada jawa atau cabe jawa (“Java pepper”), meskipun cabe jawa adalah nama bagi rempah lain (P. retrofractum dan P. longum) yang masih serupa.

Buah kemukus umumnya dipanen sebelum masak kemudian dikeringkan. Kemukus sering dijual dalam bentuk buah kering yang masih memiliki tangkai, sehingga sering disebut sebagai merica berekor (tailed pepper). Biji kemukus berwarna putih, keras dan berminyak.

Buah kemukus kering digunakan sebagai bumbu rempah dalam masakan, terutama masakan Indonesia. Kegunaan lain adalah sebagai penguat rasa pada gin dan rokok. Namun kegunaan penting kemukus adalah sebagai bahan farmakope dan sumber minyak atsiri (oleum cubebae).

BUDIDAYA TANAMAN KEMUKUS
Tanaman kemukus dapat tahan hidup hingga 15 tahun lebih, ditanam melalui stek berukuran 7 ruas (tanpa daun) atau menggunakan stek satu ruas (berdaun satu) dari batang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, sementara pohon pnjatan yang baik adalah pohon turi (Sesbania grandiflora) atau tanaman gamal (Glyricidia sp.). Media stek yang dipakai adalah tanah yang gembur dan miskin pasir, lingkungan stek harus lembab, namun tidak becek, pembuangan kelebihan air perlu diperhatikan. Stek daun tidak tahan terhadap sengatan panas matahari, maka perlu naungan atap atau sejenisnya. Penyakit yang sering dijumpai ialah Cephaleuros virescens, suatu ganggang yang dapat menimbulkan bercak-bercak pada daun dan ranting dan dapat menggugurkannya. Penyakit lain dapat menyerang pada akar dan pangkal batang

B. KOMPOSISI/KANDUNGAN ZAT TANAMAN KEMUKUS

Kemukus mempunyai kandungan kimia Minyak atsiri 10-20% terdiri atas kadinen, sineol, karen, sabinen, pinen, kamfor, azulen, teerpineol. Asam Kubebat lebih kurang 1%, damar 3,5%, zat pahit (kubebin 0,3-3%), piperin 0,1-0,4%, gom, pati dan minyak lemak.

Buah kemukus mengandung senyawa lignan yang terdiri dari kubebin, hinokinin, klusin, dihidrokubebin, dihidro-klusin, kubebinin yatein, kubebino-lida, kordigerin, isoyatein (2R,3R)-2-(3″,4″-metilen-dioksi-benzil)-3-(3′,4′-dimetoksi-benzil) butirolakton. Minyak atsiri 10-15% dan oleoresin 3% yang terdiri dari kubebin 2% asam kebebat 1%

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN KEMUKUS

Secara tradisional buah kemukus digunakan untuk peluruh air seni, asma, peluruh air liur, pencegah mual dan peluruh kentut.
Fructus cubebae memberikan efek stimulasi selaput lendir, sehingga dapat digunakan untuk pengobatan bronkitis, bahan ini digunakan dalam bentuk serbuk (jarang dalam bentuk ekstrak atau minyak menguapnya), sebagai campuran rokok untuk asma. Minyaknya digunakan dalam pengobatan kencing nanah.

RESEP RAMUAN OBAT MENGGUNAKAN KEMUKUS

  • Khasiat kemukusSesak Nafas dan Asma
    Bahan : ± 15 gram serbuk biji kemukus, diseduh dengan 1 gelas air matang panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan ditambah 1 sendok makan madu, diaduk sampai rata, kemudian diminum sekaligus.
    Bahan : 2 sendok makan kemukus ditambah dengan 2 gelas air kemudian didihkan sampai volumenya 1 gelas. Selain itu dapat juga dicampur sama banyak dengan temulawak (ukuran 2 jari). Diminum hangat-hangat kalau merasa sesak napas dapat dicampur dengan gula batu atau gula
  • Kemukus untuk Flu dan Pilek pada Bayi
    Bahan : 10 biji kemukus dan sepotong kencur kira-kira sebesar ibu jari telunjuk. Lalu tumbuklah kedua bahan ini sampai halus, kemudian berilah sedikit air, dan aduk hingga merata. Cara pakai oleskan pada badan bayi.
  • Kemukus untuk mengatasi keputihan.
    Bahan: Biji kemukus 12 butir ditumbuk halus bersama 5 butir cengkeh, 2 rimpang kunci kuning,, 2 potong kayu kembang lawang dan 2 potong kayu mesoyi sepanjang 2,5 cm selebar 2 cm. Semuanya dicampur dengan keadaan kering dan ditumbuk, sampai halus. Jumlah yang diperoleh cukup untuk pemakaian 3 kali.
    Sebelum dimakan, serbuk hasil tumbukan itu terlebih dahulu dicampur dengan air perasan daun tapak gajah 3 batang berikut akarnya, sari 2 buah jeruk nipis dan I gelas air. Semuanya diseduh dalam keadaan segar. Jamu mentah ini lebih berkhasiat daripada yang sudah direbus.Peradangan sampai keputihan itu akan cepat sembuh, kalau pende­ritanya betul-betul mau beristirahat di tempat tidur selam 2-3 hari
  • Kemukus untuk mengobati Lemah sahwat
    Sediakan 5 biji kemukus, ½ jari rimpang jahe, 1 jari batang serai, 5 butir cengkeh, ½ butir buah pala, ½ jari kayu manis, 4 lembar daun jeruk purut, gula enau secukupnya. Semua bahan dipotong-potong dan drebus dengan 5 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal airnya 3 gelas. Setelah disaring, airnya diminum selagi hangat. lakukan secara teratur 3 kali sehari.
  • Kemukus untuk mengatasi gangguan kemandulan pada pria
    Daun kemumuks 10 gram, daun empedu tanah 10 gram, daun pegagan 10 gram, batang akar ali-ali 1 jari. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah suam-suam kuku disaring dan diminum tiap pagi.
  • Kemukus untuk Radang Selaput Lendir
    Untuk radang selaput lendir digunakan 2 gram (0,6-4 gram) serbuk biji yang telah dikeringkan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KEMUKUS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Kemukus

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Magnoliidae
Ordo (Bangsa): Piperales
Familia (Suku): Piperaceae (suku sirih-sirihan)
Genus (Marga): Piper
Species (Jenis): Piper cubeba L.F

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN KEMUKUS
Sinonim: Cubila Officinalis Miq.
Nama Latin ilmiah Kemukus: Piper cubeba L.F
Inggris: Cubeb pepper
NAMA LOKAL INDONESIA
Simalur: Kemekuh
Melayu: Kemukus
Sunda: Rinu
Jawa Tengah: Kemukus
Madura: Kamokos
Makasar: Pamukusu

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Kemukus yang meliputi Ciri-ciri Kemukus, Klasifikasi Kemukus, kandungan zat atau nutrisi Kemukus serta khasiat dan manfaat Kemukus sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

daun kemukus | buah kemukus | tanaman kemukus | biji kemukus | pohon kemukus | budidaya kemukus | cubebae fructus | kemukus adalah | manfaat kemukus | zat zat yang terkandung dalam buah kemukus |
Kemukus – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 04 Des 2014. Kemukus – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN KEMUKUS BATANG Tidak berkayu, lunak, beruas, percabangan simpodial, permukaan licin, diameter 5-15 mm, mempunyai akar pelekat, hijau. DAUN Daun kemukus mempunyai ciri antara lain Tunggal, bulat telur, pangkal bentuk jantung ujung meruncing, tepi rata, berseling atau tersebar, bekas dudukan daun nampak jelas, panjang 8,5-15,5 cm, lebar 3-9,5 cm, hijau. BUNGA Ciri […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...