Kenanga – Ciri-Ciri Bunga Kenanga Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Bab kali ini akan membahas tentang ciri-ciri bunga kenanga, deskripsi bunga kenanga, kandungan kimia bunga kenanga, khasiat dan manfaat bunga kenanga dan klasifikasi ilmiah bunga kenanga :

gambar bunga kenanga

Photo : Bunga Kenanga Mekar

A. CIRI-CIRI KENANGA

BATANG
Tanaman bunga kenanga memiliki batang yang cukup besar, berdiameter 0,1-0,7 meter dan tingginya mencapai 5-20 meter.
Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara (akustik)
DAUN
Daunnya panjang, halus dan berkilau.
BUNGA
Bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu, tetapi jarang), menggelung seperti bentuk bintang laut, dan mengandung minyak biang, cananga oil yang wangi.
Sekuntum bunga kenanga umumnya mempunyai enam buah lembar daun dan satu buah mahkota berwarna kuning.

gambar bunga kenanga dan kuncup bunga

Photo : Bunga Kenanga

DESKRIPSI TANAMAN KENANGA
Tumbuhan kenangan merupakan tanaman yang menghasilkan bunga yang harum dan wangi, biasa disebut juga dengan pohon parfum, pohon ini merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh subur pada daerah yang ketinggiannya mencapai 1200 meter dari permukaan laut, tanaman bunga ini diduga berasal dari asia tenggara termasuk di Indonesia.
Bunga kenanga ini sering dimanfaatkan untuk bunga tabur dan pohonnya sebagai peneduh dihalaman rumah maupun di tepi-tepi jalan.

gambar pohon kenanga

Photo : Pohon Kenanga

Orang jawa sering menyebut tanaman ini dengan nama kenongo, sebagian masyarakat dipulau Jawa sering menggunakan Bunga ini untuk ritual, dicampur dengan bunga melati, bunga mawar dan bunga-bunga lainnya, direndam dalam air yang bersumber dari 7 sumur, Air rendaman tersebut dinamakan ‘Air Bunga Setaman’ yang biasanya dipakai untuk mandi bagi pengantin baru saat upacara siraman, dipakai juga saat upacara-upacara lain, pada keluarga bangsawan(keluarga keraton) bunga tersebut digunakan untuk bahan ‘ngadi salira’ (perawatan tubuh).
Untuk mendapatkan bunga kenanga yang baik dan tepat untuk dipanen adalah bunga yang telah berwarna kuning, Pemanenan diusahakan pagi-pagi sekali, yaitu sebelum matahari terbit, hal ini untuk menghindari penguapan dari senyawa minyak atsiri, Kandungan minyaknya cukup tinggi tetapi sangat mudah sekali menguap.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN KENANGA

Bunga kenangan mengandung beberapa zat kimia yang digunakan dalam mengobati beberapa penyakit, sejumlah kandungan zat penting tersebuat antara lain : flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri.
Minyak atsirinya yang mempunyai bau yang sangat khas ini mengandung beberapa komponen penting yang dapat digunakan juga sebagai insektisida alami, beberapa komponen tersebut antara lain eugenol, farnesol, asam bensoat, geraniol, safrol, eugenol, kadinen, bensin asetat, linalool, dan pinen.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KENANGA

Orang indonesia sering menggunakan untuk kesehatan tubuh, manfaat bunga kenanga tersebut antara lain, mengobati pusing, demam, mual-mual, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan obat nyeri haid. B
Biasanya pemanfaatan bunga kenanga dilakukan langsung dalam bentuk segar atau baru selesai dipetik, kemudian diseduh dengan air hangat. Selanjutnya, air seduhan tersebut diminum.
berikut ini adalah beberapa resep tradisional ramuan obat menggunakan bunga kenanga:

  1. Jamu Setelah Melahirkan
    Zaman dahulu kala dokter dan bidan masih jarang, untuk memulihkan kembali kondisi seorang ibu yang habis melahirkan, maka dibuatlah jamu dengan ramuan bunga kenanga,caranya adalah sebagai berikut :
    Bunga kenanga yang masih muda, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, kunyit, jongrahab, jalawe, dan jakeling. Semua bahan tersebut ditumbuk halus (dipipis), kemudian diseduh dengan air panas. Kemudian airnya disaring dan diminum.
  2. Bunga Kenangan untuk Mengobati Bronkhitis
    Ambil 2 kuntum bunga kenanga yang sudah kering, lalu direbus dengan satu gelas air panas sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya diminum secara rutin setiap sore dan pagi
  3. Bunga Kenangan untuk Obat Sesak Napas
    Bunga kenanga yang sudah kering sebanyak 3 kuntum, cuci sampai bersih lalu seduh dengan 1 gelas air panas dan tutup dengan rapat saat menyeduhnya, dan selanjutnya saring ambil airnya minum secara rutin tiap sore dan pagi.
  4. Mengobati Malaria
    Untuk mengobati malaria, ambil 3 kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan. Kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, lalu ditutup rapat. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum secara teratur.
  5. Ramuan Kenanga untuk atasi rematik encok
    10-15 gram bunga kenanga yang belum mekar, 30 gram daun srikaya, 20 gram daun ketapang, 20 gram jahe, 10 butir merica, dicuci lalu ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya, kapur sirih secukupnya, kemudian diaduk rata lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.
  6. Ramuan Kenanga untuk atasi demam nipas
    5 kuntum bunga kenanga, 5 kuntum bunga turi merah, 10 gram kencur, 10 gram kunyit, 10 gram temu hitam, 25 gram asam. Semua bahan diatas ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan air matang secukupnya, kemudian digosokkan pada bagian punggung atau sebagai tapal pada perut. Lakukan 2 kali sehari.
  7. Ramuan Kenanga untuk atasi kudis
    50 gram kenanga dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus, tambahkan 20 cc minyak kelapa dipanaskan sebentar, setelah dingin oleskan pada bagian kulit yang sakit 2 kali sehari.
  8. Ramuan Kenanga untuk atasi gigitan serangga
    2-5 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, 10 kuntum bunga melati dihaluskan tambahkan 1 sendok minyak kelapa kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.
  9. Ramuan Kenanga untuk atasi keputihan
    30 gram kenanga, 30 gram kulit delima kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring dan diminum bila airnya sudah dingin. Lakukan secara teratur 2 kali sehari masing-masing 150 cc.
  10. Ramuan Kenanga untuk atasi bau badan
    15 gram bunga kenanga, gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur hingga bau badan hilang.
  11. Ramuan Kenanga untuk mengobati radang saluran kencing
    10-20 gram bunga kenanga, 30 gram daun kumis kucing segar, 30 gram sambiloto segar, 30 gram daun sendok segar, dicuci bersih dan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 500 cc lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur 2 kali sehari masing-masing 250 cc.(prof. hembing)
  12. Ramuan Kenanga untuk atasi sakit kepala
    15 gram bunga kenanga, 15 gram jahe diiris-iris kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat.

Manfaat yang paling spesial dari bunga kenanga adalah sebagai semprotan obat anti nyamuk. Hal ini merujuk dari hasil penelitian dengan mengoleskan ekstrak bunga kenanga pada tubuh marmut. Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam ekstrak bunga kenanga tersebut lalu meresap ke pori-pori marmut.
Selanjutnya, adanya campuran antara keringat dan minyak atsiri ini akan menguap ke udara dan menimbulkan bau. Bau tersebut akan terdeteksi oleh reseptor kimia yang terdapat pada tubuh nyamuk dan diteruskan ke pusat impuls saraf. Hal inilah yang kemudian direspon otak nyamuk agar menghindari tubuh marmut.
Walaupun sampai sekarang harga obat antinyamuk ekstrak bunga kenanga masih mahal, namun tidak menimbulkan efek samping seperti kebanyakan obat antinyamuk yang di jual di pasaran.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KENANGA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi KENANGA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Magnoliidae
Ordo (Bangsa): Magnoliales
Familia (Suku): Annonaceae
Genus (Marga): Cananga
Species (Jenis): Cananga odorata (Lamk.) Hook.

NAMA-NAMA LAIN BUNGA KENANGAN
Nama Latin Bunga Kenanga : Cananga Odorata
Indonesia: Kenongo, Kenanga, jelaprang
Inggris: Ylang-ylang
Thailand: Kradanga
Pilipina: Ilang Ilang

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KENANGA yang meliputi Ciri-ciri KENANGA, Klasifikasi KENANGA, kandungan zat atau nutrisi KENANGA serta khasiat dan manfaat KENANGA sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

bunga kenanga | bunga kenanga putih | Gambar bunga kenanga | pohon kenanga | ciri ciri bunga kenanga | kenanga putih | bunga kenanga merah | kembang kenanga putih | deskripsi bunga kenanga | kayu kenanga |
Kenanga – Ciri-Ciri Bunga Kenanga Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 05 Des 2014. Kenanga – Ciri-Ciri Bunga Kenanga Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Bab kali ini akan membahas tentang ciri-ciri bunga kenanga, deskripsi bunga kenanga, kandungan kimia bunga kenanga, khasiat dan manfaat bunga kenanga dan klasifikasi ilmiah bunga kenanga : A. CIRI-CIRI KENANGA BATANG Tanaman bunga kenanga memiliki batang yang cukup besar, berdiameter 0,1-0,7 meter dan tingginya mencapai 5-20 meter. Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras […]

4.9 Ahli Pengobatan
8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...