Kencur – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI KENCUR

DAUN
Tanaman kencur memiliki daun dengan bentuk bulat lebar, tumbuh mendatar diatas permukaan tanah dengan jumlah daun tiga sampai empat helai. Permukaan daun sebelah atas berwarna hijau sedangkan sebelahRimpang atau Rizoma terdapat didalam tanah, tumbuh bergerombol dan bercabang cabang dengan induk rimpang ditengah.
Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah.
BUNGA
Bunga kencur berwarna putih berbau harum terdiri dari empat helai daun mahkota. Tangkai bunga berdaun kecil sepanjang 2 – 3 cm, tidak bercabang, dapat tumbuh lebih dari satiu tangkai, panjang tangkai 5 – 7 cm berbentuk bulat dan beruas ruas. Putik menonjol keatas berukuran 1 – 1,5 cm, tangkai sari berbentuk corong pendek.
Bunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah, bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.
BUAH dan BIJI
Rimpang atau Rizoma terdapat didalam tanah, tumbuh bergerombol dan bercabang cabang dengan induk rimpang ditengah. Kulit ari berwarna coklat dan bagian dalam putih berair dengan aroma yang tajam. Rimpang yang masih muda berwarna putih kekuningan dengan kandungan air yang lebih banyak dan rimpang yang lebih tua ditumbuhi akar pada ruas ruas rimpang berwarna putih kekuningan.

gambar kencur

Photo : Rimpang Kencur

gambar daun kencur

Photo : Daun Kencur

gambar tanaman kencur

Photo : Bunga Kencur

TENTANG TANAMAN KENCUR
Nama kencur berasal dari bahasa Sanskerta, kachora, कचोर, yang berarti temu putih (Curcuma zedoaria), Kencur (Kaempferia galanga L.) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae).

Kencur kemungkinan berasal dari india, kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air, tumbuhan ini tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Berbagai masakan tradisional Indonesia dan jamu menggunakan kencur sebagai bagian resepnya. Kencur dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak. Jamu beras kencur sangat populer sebagai minuman penyegar pula. Di Bali, urap dibuat dengan menggunakan daun kencur. ada juga ungkapan “masih bau kencur” yang berarti “masih belum berpengalaman”.

B. KANDUNGAN ZAT KENCUR

Komposisi kimia rimpang kencur antara lain:
– Pati (4,14 %),
– mineral (13,73 %),
– minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa
– sineol,
– asam metil kanil dan penta dekaan,
– asam sinamat,
– etil ester,
– borneol,
– kamphene,
– paraeumarin,
– asam anisat,
– alkaloid dan gom.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KENCUR

Kencur merupakan tanaman yang telah dikenal Sebagai bumbu dapur dalam khasanah masakan teradisional masyarakat indonesia. Sementara sebagai tanaman obat, kencur juga dikenal sebagai obat radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, batuk, diare, menghilangkan darah kotor, mempelancar haid, mata pegal, keseleo, dan menghilangan lelah.

Manfaat Kencur untuk Batuk
Ambil beberapa buah kencur, kupas kulitnya, dan parut. peras, ambil sarinya dan saring. tambahkan sedikit madu dan bubuhkan beberapa tetes air jeruk nipis. Minum 3 kali sehari sampai batuk menghilang. Resep ini lebih diutamakan jika diminum saat penyakit belum parah.

Khasiat kencur untuk obati kencing batu
Siapkan dua rimpang kencur, cuci sampai bersih, Dihaluskan dengan cara diparut, Campur dengan 1 gelas air hangat, Aduk-aduk sampai rata, kemudian saring ambil airnya, Tambahkan sedikit garam dapur, Minum ramuan tersebut sampai habis, Lakukan perawatan tersebut satu kali sehari.

Khasiat kencur untuk mengobati perut mulas
Ambil satu rimpang kencur, Cuci sampai bersih, Parut kencur yang sudah kita bersihkan tersebut,Tambahkan dua sendok makan air masak dan sedikit garam, Saring ambil airnya, Minum air ramuan tersebut, Lakukan perawatan tersebut 2-3 kali sehari.

Khasiat kencur untuk obati keseleo
Siapkan satu rimpang kencur, Bersihkan, Campur rimpang kencur tersebut kesegenggam beras yang sudah direndam air, Tumbuk sampai halus kedua ramuan tersebut, Balurkan atau oleskan pada bagian tubuh yang keseleo.

Khasiat kencur untuk obati penyakit diare
Siapkan dua rimpang kencur, Dua siung bawang merah, Tumbuk sampai halus kedua ramuan tersebut, Bungkus kedua ramuan yang sudah kita tumbuk tersebut dengan daun pisang, Bakar beberapa saat (jangan sampai gosong, hanya hangat), Balurkan atau oleskan ramuan tersebut kebagian perut.

Khasiat kencur untuk obati radang lambung
2 rimpang kencur sebesar ibu jari dikuliti sampai bersih dan dikunyah. Di telan airnya, ampasnya di buang, kemudian minum 1 gelas air putih dan diulangi sampai sembuh.

Khasiat kencur untuk mengobati penyakit influenza
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus, ditumbuk halus kemudian ditambah beberapa sendok air hangat, lalu dioleskan seputar hidung.

Khasiat kencur untuk masuk angin
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dikulit bersih, lalu di makan dengan garam secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih. Dapat di lakukan 2 kali sehari.

Khasiat kencur untuk obati sakit kepala
2-4 lembar daun kencur di tumbuk halus, lalu dioleskan ( dikompres/pilis ) pada dahi.

Jamu Beras Kencur Sebagai Obat
Jamu beras kencur memiliki kemampuan untuk menambah tenaga karena memiliki sifat stimultan dan penambah nafsu makan, selain itu jamu ini bisa menghilangkan beberapa penyakit, seperti batuk, radang lambung, sariawan, keracunan makanan, atau perut kembung. Nah, berikut ada tips cara mudah membuat jamu beras kencur.
Bahan-bahan:
– 100gram beras
– 3jari kencur
– 1potong jahe besar
– 125gram gula jawa
– 1potong kunyit kecil
– 1buah jeruk nipis
– 1sendok makan asam jawa
– 1lembar daun pandan.
– Garam secukupnya
Cara Membuat Minuman Jamu Beras Kencur:

  • Pertama-tama, beras direndam dalam air bersih hingga kurang lebih 3jam
  • Rebus gula jawa, jahe, kunyit, daun pandan, dan asam bersama 3gelas air, lalu saring.
  • Setelah direbus, ambil jahe, kunyit, dan kencur. Lalu giling bersama beras hingga halus.
  • Tuang air rebusan tadi kedalam gilingan kencur dan beras sedikit demi sedikit, lalu saring.
  • Tambahkan dengan perasan jeruk nipis dan garam.
  • Apabila kurang terasa manis, bisa ditambahkan sedikit gula pasir.
  • Minuman jamu beras kencur siap untuk di minum sebagai obat.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KENCUR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi KENCUR

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo (Bangsa): Zingiberales
Familia (Suku): Zingiberaceae (suku jahe-jahean)
Genus (Marga): Kaempferia
Species (Jenis): Kaempferia galanga L.

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN KENCUR
Nama Latin (Ilmiah) Kencur : Kaempferia galanga L.
Kencur (nama bahasa Jawa dan bahasa Indonesia) dikenal di berbagai tempat dengan nama yang berbeda-beda: ceuku (Aceh), tekur (Gayo), kaciwer (Karo), cakue (Minangkabau), Cokur (lampung), kencur (jawa), cikur (Sunda), kencor (Madura), batako (Manado), watan (Minahsa), (Gorontalo), cakuru (Makasar), ceku (Bugis), cekuh (Bali), cekur (Sasak), sokus (Roti), Sukung (Timor), suha (Seram), assuli (Ambon), onegai (Buru), ukap (Irian).
Pilipina: Dusol
Cina: shan nai

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KENCUR yang meliputi Ciri-ciri KENCUR, Klasifikasi KENCUR, kandungan zat atau nutrisi KENCUR serta khasiat dan manfaat KENCUR sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri kencur | gambar kencur | tanaman kencur | nama latin kencur | pohon kencur | bentuk kencur | nama lain kencur | ciri kencur | ciri ciri tanaman kencur | nama ilmiah kencur |
Kencur – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 07 Des 2014. Kencur – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI KENCUR DAUN Tanaman kencur memiliki daun dengan bentuk bulat lebar, tumbuh mendatar diatas permukaan tanah dengan jumlah daun tiga sampai empat helai. Permukaan daun sebelah atas berwarna hijau sedangkan sebelahRimpang atau Rizoma terdapat didalam tanah, tumbuh bergerombol dan bercabang cabang dengan induk rimpang ditengah. Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...