KERSEN – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI KERSEN

BATANG
Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya, membentuk naungan yang rindang.
Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar.
Kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat berguna sebagai kayu bakar, Kulit kayunya yang mudah dikupas digunakan sebagai bahan tali dan kain pembalut.
DAUN
Daun tanaman ini memiliki sistem pertulangan yang menyirip, daun tidak simetris dan tepinya bergerigi sedangkan bunganya berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun.
BUNGA
Bunga dalam berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun, bertangkai panjang, berkelamin dua dan berbilangan 5, kelopak berbagi dalam, taju meruncing bentuk benang, berambut halus, mahkota bertepi rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 cm.
Benang sari berjumlah banyak, 10 sampai lebih dari 100 helai.
Bunga yang mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggantung ke bawah, tersembunyi di bawah helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yang menjadi buah dalam tiap berkasnya.
BUAH dan BIJI
Buah buni bertangkai panjang, bulat hampir sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan akhirnya merah apabila masak, bermahkota sisa tangkai putik yang tidak rontok serupa bintang hitam bersudut lima. Berisi beberapa ribu biji yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan, terbenam dalam daging dan sari buah yang manis sekali.

gambar buah kersen

Buah Kersen / Keres / Talok

DESKRIPSI TANAMAN KERES
Tanaman ini ada yang menyebutnya keres, dan talok, tanaman ini adalah sejenis pohon yang menghasilkan buah dengan ukuran kecil,
pohon ini bisa mencapai tinggi sampai 12 m, meski umumnya hanya sekitar 3-6 m saja.
Tanaman ini Hijau abadi dan terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun.

gambar tumbuhan kersen

Tumbuhan Kersen

Pohon kersen khususnya berguna sebagai pohon peneduh di pinggir jalan. Pohon kecil ini awalnya sering tumbuh sebagai semai liar di tepi jalan, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan akhirnya tumbuh dengan cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sebagai pohon naungan. Sebab itulah pohon kersen acapkali ditemukan di wilayah perkotaan yang ramai dan padat, di tepi trotoar dan lahan parkir, di tepi sungai yang tidak terurus atau di tempat-tempat yang biasa kering berkepanjangan.

gambar pohon keres

Pohon Kersen

Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan codot. Anak-anak sekolah sering memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yang berpatahan dan kulit batang yang terkelupas. Buah ini juga dapat dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar.Pohon kersen di Indonesia mudah dijumpai. Biasanya pohon ini dijadikan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN KERSEN

Kandungan buah kersen setiap 100 gram adalah sebagai berikut:
Energi : 380KJ/100 gram
kandungan Vitamin C (80,5 mg)
Air (77,8 gram),
Protein (0,384 gram),
Lemak (1,56 Gram),
Karbohidrat (17,9 gram),
Serat (4,6 gram),
Abu (1,14 gram),
Kalsium (124,6 mg),
Fosfor (84mg),
Besi (1,18 mg),
Karoten (0,019g),
Tianin (0,065g),
Ribofalin (0,037g),
Niacin (0,554 g).

Buah kersen memiliki kandungan yang lebih jika dibandingkan dengan berbagai larutan isotonik yang kini banyak beredar di pasaran. Ditinjau dari segi kandungan gizinya buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KERSEN

Mau tahu apa saja menfaat tanaman kersen ? berikut ini adalah beberapa manfaat buah dan daun kersen

  • Buah kersen berguna mengobati Asam Urat
    Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.
  • Sebagai Antiseptik
    Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.
  • Sebagai Antiinflamasi
    Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.
  • Sebagai Antitumor
    Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan buah kersen sebagai sirup yang segar dan sehat

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KERSEN

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Kersen

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo (Bangsa): Malvales
Familia (Suku): Elaeocarpaceae
Genus (Marga): Muntingia
Species (Jenis): Muntingia calabura L.

NAMA-NAMA LAIN KERSEN
Indonesia: Kersen, Keres, talok (Jawa), Baleci (Madura), Ceri (Sunda)
Filipina: datiles, aratiles, manzanitas
Vietnam : mât sâm
Laos : khoom sômz, takhôb
Thailand: takhop farang
Kamboja: krâkhôb barang
Malaysia: kerukup siam
Spanyol: capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito.
Inggris: Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry.
Belanda :Japanse kers / ceri jepang

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KERSEN yang meliputi Ciri-ciri KERSEN, Klasifikasi KERSEN, kandungan zat atau nutrisi KERSEN serta khasiat dan manfaat KERSEN sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

pohon ceri | ciri ciri pohon ceri | tumbuhan kersen | Bentuk daun kersen | pohon kersen | ciri ciri kersen | ciri ciri pohon kersen | kandungan gizi buah kersen | klasifikasi pohon kersen | pengertian daun kersen |
KERSEN – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 21 Des 2014. KERSEN – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI KERSEN BATANG Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya, membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar. Kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat berguna sebagai kayu bakar, Kulit kayunya yang mudah dikupas digunakan sebagai bahan tali dan kain pembalut. DAUN Daun tanaman ini memiliki sistem pertulangan yang menyirip, daun tidak […]

4.9 Ahli Pengobatan
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...