Ketepeng Cina – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Ketepeng cina atau cukup disebut juga dengan ketepeng saja adalah sejenis tanaman polong-polongan, selengkapnya baca dibawah ini !

gambar daun ketepeng cina

Photo : Daun Ketepeng Cina

A. CIRI-CIRI KETEPENG CINA

BATANG
Batang tanaman ketepeng cina berkayu, berbentuk bulat, simpodial, berwarna cokelat kotor, dengan tinggi mencapai 5 meter.

DAUN
Daun ketepeng cina merupakan daun majemuk, menyirip genap, anak daun berjumlah antara 8 hingga 24 pasang. Bentuk daun bulat panjang dengan ujung tumpul. Tepi daun rata, dan pangkal daun membulat. Panjang daun antara 3,5-15 cm, dan lebar 2,5-9 cm. Pertulangan daun menyirip, tangkai pendek dan warna daun hijau.
Ketepeng cina memiliki daun dengan ukuran yang besar-besar yang mempunyai bentuk bulat telur yang letaknya berhadap-hadapan satu sama lain dan terurai lewat ranting daun dan bersirip genap.

BUNGA
Bunga ketepeng cina mempunyai mahkota yang pada bagian bawahnya berwarna kuning dan ujung kuncup pada tandan berwarna coklat muda.

BUAH dan BIJI
Buahnya berupa buah polong yang bersayap dan pipih berwarna hitam.
Biji Ketepeng cina merupakan segi tiga lancip, dan pipih. Pada saat masih muda, biji ketapang cina ini berwrna hijau , dan setelah tua mejadi hitam.

AKAR
Akar ketepeng cina merupakan akar tunggang, bercabang , berbentuk bulat dan berwarna kehitaman.

gambar tanaman ketepeng cina

Photo: Pohon Ketepeng Cina

DESKRIPSI TANAMAN KETEPENG CINA
Ketepeng Cina tumbuh subur pada dataran rendah sampai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut.
Ketepeng Cina merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang berasal dari daratan Amerika tropik.
Ketepeng cina merupakan jenis perdu yang besar dan banyak tumbuh secara liar di tempat-tempat yang lembab, kini tumbuhan ini sering dipelihara sebagai perindang halaman rumah/ gedung.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN KETEPENG CINA

Komposisi zat yang dikandung ketepeng cina cukup banyak. Di antaranya terdapat zat rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, rein, aloe emodina, asam krisofanat, (dihidroksimetilanthraquinone), dan tannin.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis
Pedas, hangat, insecticidal, menghilangkan gatal-gatal, pencahar, obat cacing, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KETEPENG CINA

Ketepeng cina dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, khususnya adalah daunnya, berikut adalah ramuan obat tradisional mengggunakan daun ketepeng :

1. Ramuan untuk mengobati Cacing Keremi pada anak-anak
Bahan : Ambil bahan sebanyak 7 lembar daun ketepeng cina segar, asam secukupnya untuk menghilangkan bau, 2 sendok teh bubuk akar kelembak.
Cara membuatnya : Semua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai menjadi 1 gelas, disaring.
Cara menggunakan: Sesudah hangat diminum

download lagu dangdut

2. Ramuan untuk mengobati panu, kurap
Bahan :Ambil bahan sebanyak 1 genggam daun ketepeng cina segar, sedikit tawas ( atau 1se ndok makan kapur sirih)
Cara membuatnya : semua bahan direbus, dilumatkan sampai menjadi bubur
Cara menggunakan: digosokkan kuat-kuat pada kulit yang sakit, 2x per hari

3. Ramuan untuk mengobati Sembelit ( susah buang air besar)
Bahan :Ambil Bahan sebanyak 7 lembar daun muda ketepeng cina segar,
Cara membuatnya: Bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai menjadi 1 gelas
Cara menggunakan: Setelah dingin diminum sekaligus

4. Ramuan untuk mengobati Sariawan
Bahan : Ambil Bahan sebanyak 4 lembar daun ketepeng cina segar, garam secukupnya.
Cara menggunakan: Bahan dicuci bersih, dikunyah dengan garam secukupnya ( seperti mengunyah sirih) selama beberapa menit, kemudian airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KETEPENG CINA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi KETEPENG CINA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Fabales
Familia (Suku): Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus (Marga): Cassia
Species (Jenis): Cassia alata L.

NAMA-NAMA LAIN KETEPENG CINA
Nama Latin Ketepeng Cina : Cassia alata L.
Sinonim : Smilax macrocarpa Bl.
Seven golden candlestik (Inggris), Akapulko (Pilipina), Ketepeng kebo (Jawa), Ketepeng cina (Indonesia), Ketepeng badak (Sunda), Acon-aconan (Madura), Sajamera (Halmahera); Kupang-kupang (Ternate), Tabankun (Tidore), Daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru’kap (Sumatera), Acon-aconan ( Madura)

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KETEPENG CINA yang meliputi Ciri-ciri KETEPENG CINA, Klasifikasi KETEPENG CINA, kandungan zat atau nutrisi KETEPENG CINA serta khasiat dan manfaat KETEPENG CINA sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

pohon ketepeng | daun ketepeng | ciri ciri daun ketapang | daun gelinggang | ketepeng cina | ciri-ciri pohon ketapang | gambar pohon ketepeng | bentuk daun ketepeng | ketepeng | ##################### |
Ketepeng Cina – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 07 Feb 2015. Ketepeng Cina – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Ketepeng cina atau cukup disebut juga dengan ketepeng saja adalah sejenis tanaman polong-polongan, selengkapnya baca dibawah ini ! A. CIRI-CIRI KETEPENG CINA BATANG Batang tanaman ketepeng cina berkayu, berbentuk bulat, simpodial, berwarna cokelat kotor, dengan tinggi mencapai 5 meter. DAUN Daun ketepeng cina merupakan daun majemuk, menyirip genap, anak daun berjumlah antara 8 hingga […]

4.9 Ahli Pengobatan
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...